Mehal Sefari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mehal Sefari
Aktif1850 - 1936
Negara Ethiopia
CabangPengawal Pemerintahan Ethiopia
Tipe unitInfantri, Kavaleri, Penembak jitu, Penyebar cepat
PeranPeran rangkap, pengawal pribadi pemerintahan, kader untuk pengawal kekaisaran yang lebih besar
Jumlah personel5 Tempur unit kira-kira suukuran Brigade
Bagian dariKekaisaran Fitawrari(komandan di lapangan)
MarkasAnkober, Addis Ababa
JulukanMehal Sefari
PelindungPangeran Ethiopia
PertempuranPerang Italia-Ethiopia Pertama
Tokoh
Tokoh berjasaDedj Chacha, Dedj Beshah Aboye

Mehal Sefari (Amhar: መሃል ሠፋሪ) adalah sebutan Ethiopia untuk unit khusus pengawal istana pada masa pemerintahan HIM Menelik II. Unit ini berawal dari pengawal pribadi Menelik, meskipun sejarah lisan menghubungkannya dengan unit tempur elit Atse Tewodros II di bawah komando Fitawrari Gebrye. Meskipun unit militer Gebrye adalah salah satu pasukan terakhir yang tetap setia kepada Tewodros ketika sebagian besar pasukannya meninggalkannya, asumsi ini tidak akan masuk akal jika tidak konklusif. Nama "Mehal Sefari" namun tidak digunakan oleh salah satu unit Tewodros ', atau oleh unit militer lain sebelumnya. Judul harfiah berarti (pusat berkemah) dan menyinggung lokasi unit berkemah di perkemahan ekspedisi Menelik. Beberapa juga menyarankan bahwa unit ini digunakan untuk datang antara (mehal) berjuang itu tentara kaum bangsawan. Namun ada sedikit dengan cara bukti untuk menunjukkan ini sebagai bangsawan jarang berjuang tanpa izin dari Kaisar. Peran sebelumnya Sefari Mehal itu yang menyediakan keamanan untuk Menelik Pangeran muda di bawah pimpinan Germame Dejazmach nanti. Setelah kematian Tewodros Atse, 3 laki-laki - Wagshum Gobeze dari welo, Kassa Mircha dari Tigre dan Menelik dari Shoa - dinyatakan Atse. Kassa berbaris pada welo, dikalahkan dan dipenjarakan Gobeze, ia berjalan ke selatan ke Shewa menghadapi Menelik yang telah mengumpulkan pasukannya dan menantinya. Kedua penguasa sombong, Yohannes berdasarkan lengan kiri untuknya oleh Inggris dan Menelik oleh darah mencari rekonsiliasi, Menelik setuju untuk menerima Yohannes sebagai daerah kekuasaan nya, banyak relief yang terakhir yang kecil, meskipun baik-angkatan bersenjata yang tidak cocok untuk Tentara Shewan. Tentara Menelik, meskipun dengan artileri sedikit, memiliki keunggulan pada pria, peralatan dan dipasang kavaleri. Hal ini juga akan telah berjuang di kandang sendiri. Spy Yohannes 'dikirim untuk mengamati Shoans dikatakan telah datang kembali untuk memberitahu Kaisar "Saya pikir awan telah turun di tanah, tapi itu Shoans dan orang banyak mereka di tenda-tenda mereka."

Atse Menelik mengambil kesempatan ini untuk terus mempersenjatai dan melatih anak buahnya, pengiriman manusia ke Selatan dan Barat di pose memberikan keamanan bagi Kaisar Ethiopia dan divisi infanteri elit. Itu adalah bagian dari struktur organisasi tentara reguler Ethiopia sebagai salah satu dari 4 divisi yang terdiri tentara reguler. Host Imperial Ethiopia termasuk 40.000 pria dan wanita dari Angkatan Darat Reguler dan sekitar 100.000 pria dan wanita dari Guard / Biherawi Nasional Tor /. Divisi 1 atau Kebur Zabagna (seperti yang kemudian dilarutkan dalam Atse Haile Selassie I) didasarkan pada Addis Ababa. Itu dibagi menjadi 4 batalyon dengan batalion 2 diisi dengan primer tasking perlindungan, dari orang Kaisar. Batalyon 2 memiliki infanteri dan resimen kavaleri berbasis di Menelik dan Istana Jubilee serta stadion sepak bola di wilayah Lagare. 3 lainnya batalyon dimasukkan marching band, sebuah resimen udara elit Berari Neber atau terbang harimau, korps medis dan staf rumah sakit sendiri dan markas korps. Ini kira-kira berjumlah sekitar 10.000 pada masa pemerintahan Haile Selassie I. Setelah Boduguard Imperial berusaha untuk menggulingkan Kaisar pada tahun 1962 elemen yang paling mematikan, Neber Berari yang pasukan payung baru saja menyelesaikan pelatihan dan menerima sayap mereka dari Kaisar 2 telanjang bulan sebelumnya dipisahkan dan melekat pada tentara reguler. Program anti-pembajakan dimulai dengan laki-laki susah payah memilih keluar dari Berari-Nebir. Program Anti-Pembajakan interdicted sekitar 4 membajak upaya. Dalam salah satu yang paling terkenal ini adalah pada tahun 1972 ketika Wallelign Mekonnen dengan ELF (Front Pembebasan Eritrea) koperasi terlatih memimpin man 3 2 wanita cell dalam upaya yang gagal untuk membajak sebuah maskapai penerbangan Ethiopia Boeing 707. Mereka dilaporkan diselundupkan 1 granat dan 1 pistol di pesawat di celana perempuan. Ethiopia anti-membajak komando menembak dan menewaskan dua pembajak dan sisanya tewas akibat ledakan bom mereka berangkat.

Meskipun Richard Pankhurst tanggal penciptaan Bodyguard Imperial (kemudian dikenal sebagai Safari Mahal) ke tahun 1917, ada dokumentasi yang cukup termasuk kesaksian dari muatan Sefari Mehal setelah Gebeyehu (komandan mereka) kematian. The Sefari Mehal juga terlibat dalam melindungi Kaisar Menelik sakit sebagai cucunya, Eyasu, berusaha untuk menghapus kakeknya dari istananya dengan kekerasan. Pankhurst dapat menulis tentang Bupati Ras Tafari (kemudian Kaisar Haile Selassie I) membangun kembali unit di bawah kendali langsung nya dari orang yang telah dilatih dalam tentara Inggris di Kenya, serta beberapa yang pernah bertugas di bawah Italia di Tripoli.[1] Pada tahun 1930, Bupati mengundang misi militer Belgia untuk melatih dan memodernisasi militer Ethiopia, yang termasuk Zabagna Kebur. Unit ini diselenggarakan di tiga batalyon infanteri biasa terlatih bersenjatakan senapan, senapan mesin dan mortir, satu batalyon terdiri dari laki-laki dari Safari Mahal sebelumnya. The Mehal baru Sefari terlibat dalam perebutan kekuasaan antara Ras kemudian Negus Teferi di satu sisi dan bangsawan Menelik terutama Fitawrari Habtegiorgis di sisi lain. Teferi saat itu telah terkooptasi safari Mhal ke titik di mana dari kepedulian untuk Ratu Zewditu Habtegiorgis memerintahkan 18.000 tentara anak buahnya orang beraksi sekitar Sefari mehal dan unit lain yang setia kepada bupati. Masalah ini diletakkan untuk beristirahat ketika Ratu campur dengan Fitwarari Imperial yang pasukannya telah terpojok Negus Teferi dengan beberapa anak buahnya di rumahnya dan bersiap-siap untuk membuat karya pendek dari mereka. The Zabagna Kebur juga memiliki satu senapan mesin berat perusahaan. Itu diperintahkan oleh lulusan Ethiopia dari Saint Cyr, akademi militer Prancis, pada saat invasi Italia Ethiopia.[2] Sebagai sebuah kesatuan unit, pengawal Imperial hanya berpartisipasi dalam Pertempuran Maychew (31 Maret 1936), tapi setelah itu banyak dari anggotanya bergabung dengan berbagai kelompok perlawanan Ethiopia.

Setelah kembalinya Kaisar Haile Selassie ke Ethiopia pada tahun 1941, yang Zabagna Kebur itu dibentuk kembali, dan misi militer Swedia dibantu dalam pelatihannya. Pria untuk Batalyon Kagnew, yang bertempur dalam Perang Korea, yang diambil dari Bodyguard Imperial.[3]

"Ini tetap menjadi kekuatan elite kerajaan," catatan sejarawan Bahru Zewde, "sampai didiskreditkan di bangun dari percobaan kudeta tahun 1960." Itu kudeta yang gagal telah direncanakan oleh komandannya Brigadir Jenderal Mengistu Neway, dan saudaranya Germame Neway.[4] Pada tahun 1961, pasukan itu berjumlah sembilan batalyon. Pada tahun 1969 sekitar 7.000 orang. Pada tahun 1974, komandan mereka adalah mayor jenderal Tafessa Lemma. Zabagna Kebur dibubarkan setelah Derg mengkonsolidasikan posisinya di Ethiopia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard Pankhurst, Economic History of Ethiopia (Addis Ababa: Haile Selassie University Press, 1968), p. 562
  2. ^ Bahru Zewde, A History of Modern Ethiopia, second edition (Oxford: James Currey, 2001), p. 148
  3. ^ Bahru Zewde, A History, p. 186
  4. ^ Paul B. Henze, Layers of Time (New York: Palgrave, 2000), pp. 254f.