Medellín

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Medellín
Panorama kota
Panorama kota
Bendera Medellín
Lambang resmi Medellín
Julukan: 
"Kota Pegunungan", "Kota Bunga", "Kota Anggrek", "Desa yang Indah", "Gelas Perak Mungil", "Medallo"
Motto: 
La ciudad de la eterna primavera
Medellin, Kota dengan musim semi abadi
Lokasi kota (dot berwarna merah) dan area (warna abu-abu) dari Medellín di provinsi Antioquia.
Lokasi kota (dot berwarna merah) dan area (warna abu-abu) dari Medellín di provinsi Antioquia.
DepartemenDepartemen Antioquia
Sub-RegionValle de Aburrá
Tanggal peresmian2 Maret 1616
Pemerintahan
 • WalikotaDaniel Quintero Calle
Luas
 • Kota382 km2 (147 sq mi)
 • Luas metropolitan
1.152 km2 (445 sq mi)
Ketinggian
1.495 m (4,905 ft)
Populasi
 (2020)
 • Kota2,569,007
 • Kepadatan5.320,75/km2 (1,378,070/sq mi)
Zona waktuUTC-5
Situs webSitus Resmi Pemerintah Medellín

Medellín (dilafalkan IPA: [medeliyn], Spanyol: [með̞eˈʝin] atau [með̞eˈʎin]) adalah kota terbesar kedua di Kolombia, setelah Bogotá, dan ibukota departemen Antioquia. Terletak di Lembah Aburrá, wilayah tengah Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Menurut Departemen Statistik Administrasi Nasional, kota ini diperkirakan memiliki populasi 2,569,007 menurut sensus 2020.[1]Dengan daerah sekitarnya yang mencakup sembilan kota lain, wilayah metropolitan Medellín adalah aglomerasi perkotaan terbesar kedua di Kolombia dalam hal populasi dan ekonomi, dengan lebih dari 3,7 juta orang.

Pada 1616 penjelajah Spanyol Francisco Herrera Campuzano mendirikan sebuah desa kecil adat ("poblado") yang dikenal sebagai "Saint Lawrence of Aburrá" (San Lorenzo de Aburrá). Pada tahun 1826, kota ini dinamai ibu kota Departemen Antioquia oleh Kongres Nasional Republik Gran Kolombia yang baru lahir, yang terdiri dari Kolombia, Venezuela, Ekuador, dan Panama saat ini. Setelah Kolombia memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol, Medellín menjadi ibu kota Negara Federal Antioquia hingga 1888, dengan proklamasi Konstitusi Kolombia tahun 1886. Selama abad ke-19, Medellín adalah pusat komersial yang dinamis, pertama mengekspor emas, kemudian memproduksi dan mengekspor kopi.

Menjelang akhir abad ke-20, ke awal abad ke-21 kota ini mendapatkan kembali dinamisme industri, dengan pembangunan kereta komuter Metro Medellín, kebijakan pembangunan yang diliberalisasi, peningkatan keamanan dan peningkatan pendidikan. Para peneliti di Overseas Development Institute memuji kota itu sebagai pelopor model pembangunan ekonomi "negara pembangunan lokal" pasca-Washington.[2] Kota ini dipromosikan secara internasional sebagai tujuan wisata dan dianggap sebagai tipe kota global "Gamma +" oleh Globalisasi dan Jaringan Penelitian Kota Dunia.[3] Wilayah Metropolitan Medellín menghasilkan 67% dari PDB Departemen Antioquia dan 11% dari ekonomi Kolombia. Medellín penting bagi kawasan ini untuk universitas, akademi, perdagangan, industri, ilmu pengetahuan, layanan kesehatan, penanaman bunga, dan festival.

Pada bulan Februari 2013, Urban Land Institute memilih Medellín sebagai kota paling inovatif di dunia karena kemajuannya baru-baru ini dalam bidang politik, pendidikan dan pembangunan sosial.[4] Pada tahun yang sama, Medellín memenangkan Verónica Rudge Urbanism Award yang diberikan oleh Universitas Harvard kepada Urban Development Enterprise, terutama karena Proyek Pengembangan Integral Barat Laut di kota.[5] Pada bulan September 2013, PBB meratifikasi petisi Kolombia untuk menjadi tuan rumah Forum Urban Dunia ke-7 UN-Habitat di Medellín, mulai 5-11 April 2014.[6] Pada 2016, Medellín memenangkan Hadiah Kota Dunia Lee Kuan Yew. Penghargaan ini berupaya mengenali dan merayakan upaya dalam memajukan inovasi dalam solusi perkotaan dan pembangunan perkotaan berkelanjutan.[7][8]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta Medellín tahun 1791.

Lembah Aburrá ditemukan oleh penjelajah Spanyol Jeronimo Luis Tejelo tahun 1541 akan tetapi pendudukan Medellín ditemukan kemudian, tahun 2 Maret, 1616 oleh penjelajah Spanyol Francisco Herrera y Campuzano dibawah nama "San Lorenzo de Aburra". Tahun 1675 namanya berganti menjadi "Villa de Nuestra Señora de la Candelaria de Medellín". Sampai 1813 desa ini akhirnya dinominasikan menjadi kota. Tiga belas tahun kemudian di proklamirkan menjadi ibu kota provinsi Antioquia, setelah pindahnya kantor pemerintahan dari Santa Fe de Antioquia.

Sepanjah sejarah Medellín memiliki berbagai nama: Aburrá de los Yamesíes, San Lorenzo de Aburrá, San Lorenzo de Aná, Valle de San Bartolomé, Villa de la Candelaria de Medellín dan Medellín. Nama Medellín aslinya berasal dari kata"Metellinum", nama Latin untuk kota saat ini Medellín, Extremadura di provinsi Badajoz,Spanyol. "Metellinum", sebaliknya, berasal dari penemu Romawi yang menemukan kota ini pada abad 75 SM, jendral Romawi Quintus Caecilius Metellus Pius, menemukannya sebagai pusat militer untuk operasinya di barat Iberia. Kota dari Antioquia dinamai setelah kota Spanyol untuk penghormatan pada pendiri kota, Pedro Portocarrero,presiden daerah jajan Consejo de Indias milik Spanyol pada masa itu.

Kriminalitas[sunting | sunting sumber]

Taman Jurnalis di pusat kota Medellín dengan monumen yang memperingati korban Villatina Massacre

Medellín pernah dikenal sebagai kota paling berbahaya di dunia,[9] akibat perang perkotaan yang dipicu oleh kartel narkoba pada akhir 1980-an. Sebagai rumah Kartel Medellín yang didanai oleh Pablo Escobar, kota ini menjadi korban teror yang disebabkan oleh perang antara organisasi yang dipimpin oleh Escobar, dan organisasi yang bersaing seperti "El Cartel del Valle". Namun, setelah kematian Escobar, tingkat kejahatan di kota telah menurun secara dramatis.

Sepanjang sisa tahun 1990-an tingkat kejahatan tetap relatif tinggi, meskipun secara bertahap menurun dari tahun-tahun terburuk. Pada Oktober 2002, Presiden Álvaro Uribe memerintahkan militer untuk melakukan "Operasi Orion", tujuannya adalah untuk membubarkan milisi perkotaan FARC dan AUC.[10] Antara 2003 dan 2006 demobilisasi milisi perkotaan AUC yang tersisa selesai, dengan lebih dari 3.000 pria bersenjata menyerahkan senjata mereka.

Meskipun demikian, setelah pembubaran kelompok paramiliter utama, banyak anggota organisasi tersebut diketahui telah ditata ulang menjadi kelompok kriminal yang dikenal sebagai Aguilas Negras ("Elang Hitam"). Kelompok-kelompok ini telah mendapatkan ketenaran di Medellín karena menyerukan jam malam bagi populasi di bawah umur, dan telah dikenal untuk mendistribusikan selebaran yang mengumumkan pembersihan sosial pelacur, pecandu narkoba, dan pecandu alkohol. Ekstradisi pemimpin paramiliter Don Berna tampaknya telah memicu gelombang kejahatan dengan peningkatan tajam dalam pembunuhan.

Sebagai rumah dari Kartel Medellín yang sekarang sudah tidak ada, kota ini dulunya dikenal sebagai kota paling kejam di dunia.[11] Namun, tingkat pembunuhannya telah menurun sebesar 95% dan kemiskinan ekstrem sebesar 66%, sebagian berkat serangkaian walikota inovatif yang menyusun rencana untuk mengintegrasikan lingkungan lereng bukit termiskin dan paling kejam ke pusat kota di lembah di bawah ini. Medellín sekarang dianggap lebih aman daripada kota-kota AS di Baltimore, St. Louis, Detroit dan New Orleans, yang muncul dalam daftar 50 teratas CCSPJP.[12]

Ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat kejahatan oleh lingkungan, dengan hampir tidak ada pembunuhan di El Poblado ke daerah-daerah dengan baku tembak terbuka di pinggiran. Secara umum, tingkat kejahatan meningkat semakin jauh lingkungan dari pusat. Dari 2010 dan 2011, pembunuhan telah menurun seperti halnya kejahatan pada umumnya, tetapi masih ada tingkat kejahatan yang tinggi di masyarakat termiskin.

3,2 persen dari alamat jalan menyumbang 97 persen dari pembunuhan.[13] Lebih dari setengah kematian karena kekerasan disebabkan oleh bentrokan antara geng-geng kriminal di bagian-bagian tertentu kota. Pada tahun 1991 ada 7.273 pembunuhan dengan tingkat 266 per 100.000 orang; pada 2017 menderita 577 pembunuhan dengan tingkat 23 per 100.000 penduduk. Di kota ini ada lebih dari 1.100 kamera keamanan dan lebih dari 7.000 polisi.[14]

Iklim dan geografi[sunting | sunting sumber]

Medellín di malam hari

Medellín memiliki area 382 km². Dengan 16 comunas (districts), 5 corregimientos dan 271 barrios. Area metropolitan Medellín terbentang antara lembah Aburrá pada ketinggian 1,538 meters dan dibelah oleh Sungai Medellín yang mengalir ke utara. Sisi utara lembah adalah kota Bello, Copacabana, Girardota dan Barbosa. Sisi selatan lembah adalah kota Itagüí, Envigado, Sabaneta, La Estrella dan Caldas.

Cuaca di Medellín hangat sepanjang tahun dengan sedikit suhu ekstrem. Sebagai kotamadya, Medellín memiliki luas 382 km2 (147 mil persegi). Medellín menampilkan iklim hutan hujan tropis angin-angin (Af), meskipun versi yang lebih dingin dari iklim ini yang berbatasan erat dengan iklim dataran tinggi subtropis (Cfb) dan juga pada iklim musim hujan tropis (Am). Karena Medellín terletak di 1.500 m (4.900 kaki) di atas permukaan laut, iklimnya tidak sepanas kota-kota lain yang terletak di garis lintang yang sama di dekat khatulistiwa. Karena ketinggiannya di atas permukaan laut dan lokasi istimewa di Andes Range, cuaca Medellín kadang-kadang lebih merupakan karakteristik dari iklim subtropis yang lembab daripada iklim tropis. Suhu tahunan rata-rata kota adalah 22 ° C (72 ° F), dan karena kedekatannya dengan khatulistiwa, suhunya konstan sepanjang tahun, dengan variasi suhu minimal. Suhu berkisar antara 15 hingga 30 ° C (59 hingga 86 ° F). Karena iklim seperti musim semi yang menyenangkan sepanjang tahun, Medellín dikenal sebagai "La Ciudad de la Eterna Primavera" atau "Kota Musim Semi Abadi". Namun, karena kota ini terletak di lembah dan banyak distriknya berada di lereng, suhu bisa sedikit lebih dingin di pegunungan sekitarnya.

Climate data for Medellín (Olaya Herrera Airport) 1981–2010
Month Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec Year
Record high °C (°F) 33.2

(91.8)

35.0

(95.0)

36.0

(96.8)

35.0

(95.0)

36.2

(97.2)

36.5

(97.7)

35.6

(96.1)

36.5

(97.7)

38.0

(100.4)

36.5

(97.7)

37.0

(98.6)

35.0

(95.0)

38.0

(100.4)

Average high °C (°F) 27.8

(82.0)

28.2

(82.8)

28.1

(82.6)

27.6

(81.7)

27.8

(82.0)

28.2

(82.8)

28.4

(83.1)

28.5

(83.3)

28.0

(82.4)

27.2

(81.0)

27.1

(80.8)

27.2

(81.0)

27.8

(82.0)

Daily mean °C (°F) 22.4

(72.3)

22.7

(72.9)

22.7

(72.9)

22.4

(72.3)

22.6

(72.7)

22.9

(73.2)

23.1

(73.6)

23.1

(73.6)

22.4

(72.3)

21.8

(71.2)

21.8

(71.2)

21.9

(71.4)

22.5

(72.5)

Average low °C (°F) 17.2

(63.0)

17.5

(63.5)

17.7

(63.9)

17.8

(64.0)

17.8

(64.0)

17.4

(63.3)

17.1

(62.8)

17.2

(63.0)

17.0

(62.6)

17.0

(62.6)

17.3

(63.1)

17.2

(63.0)

17.4

(63.3)

Record low °C (°F) 9.5

(49.1)

8.0

(46.4)

9.0

(48.2)

9.5

(49.1)

10.0

(50.0)

10.0

(50.0)

8.9

(48.0)

10.0

(50.0)

9.6

(49.3)

9.0

(48.2)

9.0

(48.2)

8.2

(46.8)

8.0

(46.4)

Average rainfall mm (inches) 63.2

(2.49)

81.4

(3.20)

129.1

(5.08)

170.7

(6.72)

213.5

(8.41)

149.4

(5.88)

133.1

(5.24)

139.7

(5.50)

181.8

(7.16)

226.7

(8.93)

158.9

(6.26)

104.8

(4.13)

1,752.3

(68.99)

Average rainy days 12 13 18 23 23 18 17 19 22 25 21 16 227
Average relative humidity (%) 66 65 67 70 70 66 63 65 67 71 72 70 67
Mean monthly sunshine hours 170.5 152.6 148.8 123.0 139.5 165.0 198.4 186.0 147.0 133.3 135.0 151.9 1,851
Mean daily sunshine hours 5.5 5.4 4.8 4.1 4.5 5.5 6.4 6.0 4.9 4.3 4.5 4.9 5.1
Source: Instituto de Hidrologia Meteorologia y Estudios Ambientales [15][16]

Pembagian administrasi kota[sunting | sunting sumber]

Komunitas di Medellín.
Corregimientos (Area pedesaan) di Medellín.

Medellín adalah kota dengan basis republik yang terpusat di ibu kota dan dinyatakan dengan Konstitusi Kolombia tahun 1991. Pemerintahan di bagi atas Mayor Medellín dan Badan Kota, keduanya dipilih melalui pemilu daerah.

Kota ini dibagi menjadi 6 area dan terbagi menjadi 16 Komuni. Komuni dibagi menjadi Barrio dan area institusi Urban, Medellín memiliki lebih dari 249 barrio dan 5 corregimiento yang merupakan bagian dari Medellín. Medellín dilalui oleh Sungai Medellín dari selatan ke utara.

Area[sunting | sunting sumber]

  • Area Selatan: El Poblado Commune.
  • Area Barat Daya: Guayabal Commune Belén Commune.
  • Area Pusat Barat: Laureles Commune, La América Commune, San Javier Commune.
  • Area Pusat Timur: La Candelaria Commune, Villa Hermosa Commune, Buenos Aires Commune.
  • Area Tenggara: Castilla Commune, Doce de Octubre Commune, Robledo Commune.
  • Area Timur Laut: Aranjuez Commune, Manrique Commune, Popular Commune, Santa Cruz Commune.
  • Corregimiento/Area Pedesaan: Palmitas, San Cristóbal, Altavista, San Antonio de Prado and Santa Elena.

Tata Jalan[sunting | sunting sumber]

Jalanan di Medellin didefinisikan dengan sistem koordinat Kartesius. Beberapa definisi untuk sistem ini adalah:

  • Kalle ("Jalan"): setiap jalan yang mengarah dari timur ke barat dan begitu sebaliknya. Nomor jalanan bertambah dari selatan ke utara kecuali di area "El Poblado" dimana nomor jalanan ini bertambah dari utara ke selatan dengan akhiran "sur". Contohnya: Kalle 10 sur.
  • Karera ("Jalan utama"): jalan dari selatan ke utara dan begitu sebaliknya. Karera 1 dimulai dari timur.
  • Sirkuler ("Jalan putar"): jalanan ini membentuk lingkaran di beberapa area.
  • Transversal
  • Diagonal
  • Jalan Cepat: jalanan yang berukuran besar dan terdapat di area-area yang penting

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Medellín adalah salah satu pusat ekonomi Kolombia. Ekonominya dipimpin oleh sekelompok orang yang kuat dari sektor swasta yang dikenal sebagai Grupo Empresarial Antioqueño (Antioquian Enterprises Group). Kelompok ini sebelumnya dikenal sebagai Sindicato Antioqueño (Antioquian Union) tetapi setelah dikira di luar negeri sebagai serikat pekerja, yang menghambat pertumbuhan internasionalnya selama bertahun-tahun, nama formal baru dipilih. Ini diwakili oleh David Bojanini, kepala Grupo Suramericana (perbankan, manajemen aset dan konglomerat asuransi); Carlos Ignacio Gallego dari Grupo Nutresa (industri makanan); José Alberto Velez dari Cementos Argos (perusahaan semen multinasional); dan Carlos Raúl Yepes, kepala Bancolombia. Grup ini memiliki kapitalisasi pasar agregat sekitar US $ 17 miliar dan mempekerjakan lebih dari 80.000 warga Kolombia.[17]

Grup ini juga berpartisipasi di sektor lain dari industri kota dan merupakan pedagang aktif di bursa saham Kolombia. Medellín berfungsi sebagai kantor pusat bagi banyak perusahaan nasional dan multinasional.

Produk ekonomi utama Medellín adalah baja, tekstil, permen, makanan dan minuman, pertanian (dari daerah pedesaan), layanan publik, produk kimia, farmasi, minyak olahan, dan bunga. Mode adalah bagian utama dari ekonomi dan budaya kota. Medellín menyelenggarakan peragaan busana terbesar di Amerika Latin, Colombiamoda.

Perkembangan Urban[sunting | sunting sumber]

Ada tanda-tanda perkembangan kota yang berat di kota Medellín, terutama dengan pembangunan gedung pencakar langit baru. Medellín melampaui semua kota besar Kolombia lainnya, termasuk Bogotá, dalam pembangunan dan usulan pengembangan gedung tinggi baru. Pada Oktober 2016, ada 10 gedung pencakar langit, 410 gedung tinggi, 119 bangunan sedang dibangun di Medellín, termasuk 48 yang sedang direncanakan. Proyek lain yang direncanakan kota ini adalah perluasan sistem metro kota ke pinggiran kota terdekat seperti Sabaneta. Dalam pembangunan, proyek baru akan segera dibuka untuk umum.

Medellín dianugerahi 2013 "Kota Inovatif Tahun Ini" oleh Wall Street Journal pada, 1 Maret setelah mengalahkan New York City dan Tel Aviv.[18]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Medellin juga merupakan pusat bagi 30 universitas yang melayani bagian Antioquia, area "Eje Cafetero" (Pusat Petani Kopi Kolombia) dan Pantai Karibia. Di antara universitas yang terpenting adalah universitas negeri Universitas Antioquia, Universitas Nasional dan Politenik Jaime Isaza Cadavid, dan universitas swasta Universitas EAFIT, Universitas Medellín, Universitas Pontificia Bolivariana, Universitas San Buenaventura, Escuela de Ingenieria de Antioquia, Universitas Santo Tomas dan CES. Terdapat beberapa pusat teknologi yang penting seperti Institut Teknologi Metropolitano (ITM).

Terdapat sekolah negeri dan swasta, di antara sekolah swasta yang terkenal adalah: Sekolah Montessori, Deutsche Schule Medellin (Sekolah Jerman), Sekolah Marymount Medellin, Sekolah Vermont, Sekolah Columbus, Sekolah Cumbes, Sekolah Kolombia-Inggris, Sekolah El Corazonista, Sekolah San Jose de Las Vegas, Sekolah Jose Maria Berrio, Sekolah Theodoro Hertzl, Sekolah Gimnasio Los Pinares, Sekolah Fontan, Sekolah San Ignacio de Loyola, Sekolah Los Alcázares, Sekolah San José De La Salle, Sekolah Jorge Robledo.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Medellín dianggap sebagai kota penelitian top dalam bidang kedokteran di Kolombia, menjadi eksponen operasi bedah canggih di negara ini dan Amerika Latin. Klinik kesehatan dan pusat gigi di Medellín telah menjadi pelopor dalam menawarkan layanan berkualitas tinggi di beberapa bidang medis. Rumah Sakit Universitas San Vicente de Paul, Rumah Sakit Pablo Tobon Uribe, dan Klinis Kardiovaskular Santa Maria telah menerima pengakuan nasional dan internasional sebagai pelopor dalam transplantasi organ.

Majalah América Economía memberi peringkat Medellín sebagai memiliki sebelas dari 63 rumah sakit dan klinik terbaik di Amerika Latin. Rumah sakit berperingkat tertinggi adalah Rumah Sakit Pablo Tobon Uribe, yang menempati peringkat delapan tempat pada tahun 2020.[19] Rumah Sakit Pablo Tobon Uribe adalah nirlaba dan pribadi.

Pusat kesehatan khusus seperti rumah sakit Yayasan San Vicente diakui dengan sertifikasi LEED Kategori Perak. Ini adalah satu-satunya rumah sakit di luar Amerika Serikat yang mendapatkan sertifikasi ini.

Di antara universitas yang paling dikenal dengan pekerjaan penelitian terkemuka di bidang kedokteran adalah Universitas Antioquia, Universitas CES, dan Universitas UPB.

Polusi udara menyebabkan lebih dari 7.000 kematian pada tahun 2016 di kota dan merupakan biaya keuangan yang signifikan karena pengobatan penyakit pernapasan.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi Udara[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Internasional José María Córdova

Medellín memiliki dua bandara, Bandara Olaya Herrera (EOH), dan Bandara José María Córdova (MDE), yang terletak di kota Rionegro, 29 kilometer (18 mil) timur kota Medellín. Pada 2019, rute penerbangan domestik tersibuk adalah antara Bandara Jose Maria Cordova dan Bogotá sedangkan rute internasional tersibuk adalah antara Bandara Jose Maria Cordova dan Panama City.

Bandara Jose Maria Cordova menerima penerbangan internasional dari maskapai-maskapai penting seperti Aeromexico, American Airlines, Avianca, Iberia, JetBlue, Air Europa, dan LATAM Airlines dan maskapai kargo seperti Fed Ex Express, yang membuat kota ini dapat diakses dari banyak wilayah Amerika; baik untuk penumpang dan pelanggan kargo. Avianca, pembawa udara bendera Kolombia, juga memiliki aktivitas penting di bandara ini. Bandara ini memiliki penerbangan langsung ke tujuan internasional penting seperti Punta Cana, Santo Domingo, Santiago de Chile, Caracas, Lima, Quito, Mexico City, Madrid, Miami, Cancun, Orlando, Atlanta, Fort Lauderdale, dan New York City.

Transportasi Darat[sunting | sunting sumber]

Metro di Medellín
Trem Medellin
Kereta Gantung Medellin

Medellín memiliki dua terminal transportasi, Terminal Transportasi Utara dan Terminal Transportasi Selatan. Sistem transportasi umum kota ini mencakup bus diesel, taksi, trem, dan kereta kota yang disebut Metro Medellín.

Metro menghubungkan kota dengan sebagian besar wilayah metropolitannya. Ini memiliki lima baris. Jalur A bergerak dari Niquía ke La Estrella (utara ke selatan), sedangkan Jalur B bergerak dari San Antonio ke San Javier (pusat kota ke barat). Selain itu, Jalur K dan Jalur J, sebuah kereta gantung udara, yang secara lokal dikenal sebagai Metrocable, melayani daerah yang tertekan dan secara geografis sulit. Jalur K dimulai di Stasiun Acevedo di Metro Jalur A, dan terus menanjak, berakhir di Santo Domingo Savio. Jalur J dimulai di Stasiun San Javier di Metro Jalur B, dan terus menanjak ke La Aurora. Jalur L tidak melayani area komunal, melainkan merupakan jalur berorientasi wisata yang terhubung ke Taman Arví dan merupakan bagian dari proyek sosial untuk membawa retret dan alam kepada massa. Kolombia telah menjadi pengguna terbesar layanan transportasi pelengkap Amerika Latin di seluruh negeri.

Medellin memiliki 64 bus listrik, menjadi kota Latin ketiga dengan armada terbanyak setelah Bogota dan Santiago

Pada tahun 2006, konstruksi dimulai di Metroplús, layanan angkutan cepat bus dengan jalan khusus, seperti halnya TransMilenio Bogotá, untuk memungkinkan transit yang lebih cepat ke bus layanan. Baris pertama dibuka dua tahun lebih lambat dari yang direncanakan pada 2011 dan yang kedua pada 2013. Leg pertama adalah Troncal Medellín, yang bergerak dari Universidad de Medellín di barat ke Aranjuez di bagian timur laut kota. Metroplus akan membantu mengurangi polusi dan lalu lintas kota, karena banyak bus tua akan tidak beroperasi, sementara bus baru akan bekerja dengan gas alam. Pada bulan September 2019 Medellin memperoleh armada bus listrik dari 64 bus, menjadi kota Amerika Latin ketiga dengan jumlah terbesar dari bus-bus ini, setelah Bogota dan Santiago de Chile[20]

Karena proyeknya pada transportasi berkelanjutan, kota ini memperoleh, bersama dengan San Francisco, Penghargaan Transportasi Berkelanjutan 2012, yang diberikan oleh Institut Kebijakan Transportasi dan Pembangunan. Menurut Direktur EMBARQ Holger Dalkmann, "Medellín memelopori penggunaan kereta gantung sebagai alternatif transit di pemukiman informal berpenghasilan rendah di daerah berbukit, memindahkan 3.000 penumpang per jam per arah; terobosan nyata sekarang direplikasi di Caracas dan Rio de Janeiro, "

Pada bulan Agustus 2019, terowongan kendaraan terpanjang di Amerika Latin diresmikan untuk perpanjangan 23,2 km dan salah satu yang terpanjang di Amerika di jalan raya Medellin-Rionegro.[21] Sampai dikalahkan oleh (Tunel de la Linea) yang terletak di departemen Quindio dan Tolima juga di Kolombia[22]

Etnik[sunting | sunting sumber]

Medellin dan Departemen Antioquia memiliki salah satu populasi orang kulith putih terbesar di Amerika Latin. Sebagian besar penduduk di Medellín memiliki latar belakang Spanyol karena sebagian besar imigran berasal dari Spanyol Utara (Pais Vasco, Asturias, Navarra, La Rioja, Cantabria, Castilla y León dan Galicia) pada abad-abad awal penjajahan Spanyol. Sisanya, mereka adalah imigran yang datang dari Jerman, Prancis, Italia, Portugal, Inggris, Lebanon, Suriah, Yordania,Polandia, Belanda, Belgia, Skotlandia, Irlandia, Hungaria, Rumania, Kroasia, Rusia, Ukraina, Yunani, Lithuania, dan Latvia pada abad ke-19 dan ke-20. Ada komunitas Asia dari Cina, Jepang, Korea Selatan dan dalam beberapa tahun terakhir Filipina, India, Pakistan dan Bangladesh. Ada juga imigran dari Zambo-Kolombia dan Afro-Kolombia dari departemen tetangga Chocó, Córdoba dan Sucre.

Selebriti lahir di Medellin[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Kota ini secara umum dikenal sebagai 'Kota dengan Musim Semi Abadi'

Masyarakat dari Medellín dikenal sesuai dengan nama negara bagiannya: Antioqueños, sebagai kebalikan dari nama turunannya: Medellinenses. Mereka juga dikenal sebagai Paisa, yang mungkin disebut demikian karena berasal dari istilah petani kopi. Istilah Paisa datang dari kata (penduduk desa). Mereka merupakan satu dari lima area dengan budaya yang berbeda di Kolombia, juga dikenal sebagai area Paisa.

Festival dan Program Penting[sunting | sunting sumber]

La Feria de las Flores (Festival Bunga) adalah festival paling penting di Antioquia dan bertempat di Medellín setiap awal Agustus. Acara ini dirayakan setiap tahun sejak 1957. Festival ini memiliki beberapa aktivitas seperti parade mobil antik, Desfíle de Silleteros (parade kendaraan dengan bunga), pawai kuda, eksibisi dari berbagai kota di Antioquia, dll. Festival lain adalah Festival Puisi Internasional (Juni) (yang menerima Right Livelihood Award tahun 2006), Parade Mitos dan Legenda(December) dan ColombiaModa (industri fasion).

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Medellín's best known and most popular sports clubs are Atlético Nacional and Independiente Medellín football (soccer) teams. They play at the Atanasio Girardot Stadium. Medellín is also known for its two main swimming teams which are Calamares Pilsen and Huracanes. Three times Tour de France stage winner Santiago Botero Echeverry was also born in the city. Medellín is also the birthplace of professional golfer and PGA Tour player Camilo Villegas.

Kompleks Olahraga Atanasio Girardot

Nama Kecil[sunting | sunting sumber]

Disamping dikenal sebagai "pusat industri di Kolombia", Medellín juga dikenal sebagai "Ciudad de la Eterna Primavera" (Kota dengan Musim Semi Abadi), "Capital de la Montaña" (Ibu kota Pegunungan), "Ciudad de las Flores" (Kota Bunga), "Capital de las Orquídeas" (Ibu kota Anggrek), "La Bella Villa" (Desa yang Indah), "Tacita de Plata" (Gelas Perak yang Mungil), and "Medallo".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alcaldía Medellin, Alcaldía Medellin (2020). "Perfil Demográfico 2016-2020" (PDF). Plan de Desarrollo: 2–11. 
  2. ^ "A post-Washington consensus approach to local economic development in Latin America? An example from Medellín, Colombia". odi.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-05. 
  3. ^ "GaWC - The World According to GaWC 2020". www.lboro.ac.uk. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  4. ^ "Medellín, capital latinoamericana de la innovación". BBC News Mundo (dalam bahasa Spanyol). 2013-01-23. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  5. ^ "Harvard premia urbanismo en Medellín". www.elcolombiano.com (dalam bahasa Spanyol). 2013-05-28. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  6. ^ "Wayback Machine". web.archive.org. 2013-12-02. Archived from the original on 2013-12-02. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  7. ^ "Prize Laureates". web.archive.org. 2016-12-06. Archived from the original on 2016-12-06. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  8. ^ hermesauto (2016-03-16). "Colombian city awarded LKY city prize". The Straits Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-05. 
  9. ^ Borrell, John (1988-03-21). "Colombia the Most Dangerous City". Time (dalam bahasa Inggris). ISSN 0040-781X. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  10. ^ "Fuego cruzado en Medellín" (dalam bahasa Inggris). 2002-10-17. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  11. ^ Borrell, John (1988-03-21). "Colombia the Most Dangerous City". Time (dalam bahasa Inggris). ISSN 0040-781X. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  12. ^ "Prensa". www.seguridadjusticiaypaz.org.mx (dalam bahasa Spanyol). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-10. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  13. ^ Mejia, Daniel (2014). "Un análisis de la criminalidad urbana en Colombia" (PDF). Universidad de Los Andes: 1–54. 
  14. ^ Tiempo, Casa Editorial El (2017-12-05). "El 58 por ciento de los homicidios en Medellín es por bacrim". El Tiempo (dalam bahasa spanish). Diakses tanggal 2021-08-05. 
  15. ^ "Wayback Machine". web.archive.org. 2016-08-15. Archived from the original on 2016-08-15. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  16. ^ "CLIMA - IDEAM". web.archive.org. 2016-08-15. Archived from the original on 2016-08-15. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  17. ^ "Suleasing Internacional, Un Excelente Aliado para sus Negocios". web.archive.org. 2006-06-23. Archived from the original on 2006-06-23. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  18. ^ Moreno, Carolina (2013-03-02). "And The World's Most 'Innovative City Of The Year' Is..." HuffPost (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-05. 
  19. ^ "Conozca los resultados del Ranking de Clínicas y Hospitales 2020". www.americaeconomia.com (dalam bahasa Spanyol). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-04. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  20. ^ SMM, Web Master. "¡Los 64 buses eléctricos ya están en Medellín!". www.medellin.gov.co. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  21. ^ "Así es el Túnel de Oriente, el más largo de Latinoamérica". El Pilón | Noticias de Valledupar, El Vallenato y el Caribe Colombiano. 2019-08-15. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  22. ^ "Colombia inaugurates the longest tunnel in Latin America". www.mexicanist.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-05.