Mean Creek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mean Creek
Poster resmi
SutradaraJacob Aaron Estes
ProduserRick Rosenthal
Susan Johnson
Hagai Shaham
Ditulis olehJacob Aaron Estes
PemeranRory Culkin
Ryan Kelley
Scott Mechlowicz
Trevor Morgan
Josh Peck
Carly Schroeder
Penata musikTomandandy
SinematograferSharone Meir
PenyuntingMadeleine Gavin
Perusahaan
produksi
Whitewater Films
DistributorParamount Classics (Amerika Utara)
Focus Features (Internasional)[1]
Tanggal rilis
  • 15 Januari 2004 (2004-01-15) (Sundance)
  • 20 Agustus 2004 (2004-08-20) (Amerika Serikat)
Durasi89 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$500,000
Pendapatan
kotor
$802,948[3]

Mean Creek adalah sebuah film drama psikologis Amerika Serikat tahun 2004 yang ditulis dan disutradarai oleh Jacob Aaron Estes dan dibintangi oleh Rory Culkin, Ryan Kelley, Scott Mechlowicz, Trevor Morgan, Josh Peck dan Carly Schroeder. Film ini diproduseri oleh Susan Johnson, Rick Rosenthal dan Hagai Shaham.[4]

Film ini bercerita tentang sekelompok remaja yang menyusun rencana untuk membalas dendam pada pengganggu dan melakukannya pada perjalanan berperahu. Ketika rencana mereka terlalu jauh, mereka harus menghadapi konsekuensi tak terduga dari tindakan mereka. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Sundance pada 15 Januari 2004, dan kemudian diputar di Festival Film Cannes pada 14 Mei 2004. Film ini kemudian dirilis secara terbatas di kota-kota besar Amerika Serikat pada 20 Agustus 2004, sebagian besar diputar di rumah seni teater.

Plot[sunting | sunting sumber]

Sam yang kecil dan pendiam mengaku kepada kakak laki-lakinya, Rocky bahwa pengganggunya di sekolah, George, telah menyakitinya karena dia memindahkan kamera video George saat George merekam dirinya sendiri bermain bola basket. Rocky memberi tahu teman-temannya, Clyde dan Marty, dan mereka menyusun rencana untuk balas dendam. Bagian dari lelucon itu melibatkan George untuk melakukan perjalanan berperahu untuk merayakan ulang tahun fiksi Sam. Kemudian, mereka akan menelanjangi George sebagai permainan kebenaran atau tantangan.

Sam mengajak pacar barunya, Millie dan mereka berlima dibawa ke sungai oleh Marty. Saat di perjalanan, George mengungkapkan sisi yang berbeda; hingga lainnya mengetahui bahwa George menderita disleksia. Namun, Sam tidak memberi tahu Millie rencana sebenarnya sampai mereka tiba di dekat sungai. Millie menolak untuk melanjutkan perjalanan sampai Sam berjanji untuk membatalkan rencananya. Sam memberi tahu Rocky, yang kemudian memberi tahu Clyde dan Marty. Sepanjang perjalanan, George dengan kikuk berusaha menyesuaikan diri dengan grup. Meskipun demikian, dia juga bersikap konfrontatif ketika ditanyai tentang kekurangannya. Kelompok tersebut segera menyadari bahwa meskipun George menyebalkan, dia sangat kesepian dan hanya ingin diterima secara sosial.

Di atas perahu, Marty mulai menyimpang dari rencana dan memulai permainan kebenaran atau tantangan. Setelah George menyiram Marty dengan pistol air untuk bersenang-senang, dia membuat lelucon lucu tentang ayah Marty, tidak mengingat bahwa itu adalah topik yang menyakitkan karena ayah Marty bunuh diri bertahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut memicu Marty, yang mengungkap seluruh rencana dan mulai mengejek George. Marah dan terhina, George melancarkan omelan vulgar terhadap orang lain, diakhiri dengan mengejek kasar mendiang ayah Marty. Saat Rocky mencoba menghentikan pertarungan, dia secara tidak sengaja mendorong George dari perahu.

Tidak bisa berenang, George berjuang untuk tetap bertahan di air dan secara tidak sengaja membenturkan kepalanya dengan kamera videonya dan tidak muncul ke permukaan. Rocky menyelam ke dalam air dan menemukan George, yang tertelungkup di perairan dangkal dekat pantai. Millie mencoba memberikan CPR kepada George, tetapi terlambat karena George sudah meninggal. Mereka trauma dan takut dipenjara. Mereka menggali lubang dan mengubur tubuh George.

Rencana Clyde adalah untuk menjelaskan bahwa hal itu adalah kecelakaan tetapi Marty mengancamnya, mengingatkan Clyde bahwa kamera George (yang sekarang hilang di air) berisi rekaman pengakuan Marty tentang rencana awal dan pihak berwenang akan mengetahui jika kamera tersebut ditemukan. Karena mereka telah menipu George agar tidak memberi tahu siapapun termasuk ibunya ke mana dia pergi, orang-orang tidak akan tahu keterlibatan mereka. Mereka kemudian berkumpul di rumah Sam dan Rocky. Sam, Rocky, Clyde dan Millie bersedia menerima konsekuensi atas tindakan mereka. Marty menolak menyerahkan diri dan merasa dikhianati.

Marty kabur dan meyakinkan saudaranya untuk memberinya senjata dan mobilnya. Dia merampok pom bensin dan pergi, menjadi buronan. Sementara itu, yang lain pergi ke rumah George dan mengaku kepada ibu George. Sam kemudian terlihat di ruang interogasi, menceritakan kisah tersebut kepada polisi, yang kemudian menemukan dan melihat rekaman dari kamera video George. Dalam adegan terakhir, audio George yang menjelaskan mimpinya menjadi pembuat film dan mendokumentasikan hidupnya dengan harapan mereka yang melihatnya akhirnya akan memahaminya. Kepolisian, Sam dan ibu George menemukan lokasi mayat George. Saat sheriff menggali tubuh George, Sam menyaksikan dengan penyesalan dan ibu George menangis sedih.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Rory Culkin sebagai Sam Merric
  • Ryan Kelley sebagai Clyde
  • Scott Mechlowicz sebagai Martini "Marty" Blank
  • Trevor Morgan sebagai Rocky Merric
  • Josh Peck sebagai George Tooney
  • Carly Schroeder sebagai Millie
  • Branden Williams sebagai Kile Blank
  • Raissa Fleming sebagai Maggie Tooney
  • Heath Lourwood sebagai Jasper
  • Michael Fisher-Welsh sebagai Mr. Levinworth
  • James W. Crawford sebagai Tom Blank
  • Shelly Lipkin sebagai Mr. Merrick
  • Kaz Garas sebagai Detective Wright

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, Mean Creek memiliki peringkat persetujuan 89% berdasarkan 124 ulasan dengan peringkat rata-rata 7,3/10. Konsensus kritis situs tersebut berbunyi "Mean Creek adalah pandangan sekilas yang tidak menyenangkan tentang kekejaman kasual kaum muda."[5] Selain itu, film ini juga mendapat skor 74/100 dari Metacritic berdasarkan 31 ulasan, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya disukai".[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rooney, David (27 April 2004). "Focus dives into 'Creek'". Variety. Diakses tanggal 17 November 2021. 
  2. ^ "MEAN CREEK (15)". British Board of Film Classification. December 3, 2004. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  3. ^ "Mean Creek (2004)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  4. ^ "Mean Creek". Turner Classic Movies. Diakses tanggal July 10, 2017. 
  5. ^ "Mean Creek (2004)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  6. ^ "Mean Creek Reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 8, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]