May Day

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


May Day
Maypole Dancing at Bishopstone Church, Sussex - geograph.org.uk - 727031.jpg
Maypole Menari di Bishopstone Church, England, UK.
PerayaanMay Day
Tanggal1 Mei

May Day adalah hari libur nasional yang biasanya dirayakan pada 1 Mei di lima negara, antara lain: Norwegia, Swedia, United Kingdom, Romania dan India. May Day merupakan perayaan musim semi kuno yang berasal dari belahan bumi utara dan termasuk budaya tradisional. Pada festival tersebut terdapat tari tarian, nyanyian dan kue. Diakhir abad ke-19, May Day telah ditetapkan sebagai hari buruh internasional oleh organisasi " The Second International Comunist and Socialists". Hal ini dalam memperingati hari kematian para tenaga kerja demonstrasi karena pengeboman di Haymarket Square Chicago. Dan ini merupakan perayaan yang berbeda dari festival budaya tradisional sebelumnya.

Awal munculnya perayaan May Day yaitu pada festival flora dalam rangka praktik keagamaan Romawi Kuno untuk menghormati Dewi Flora ( Dewi Bunga Romawi) dan dengan adanya perayaan Walpurgis Night di negara Jerman pada tanggal 27 April selama era republik Romawi, ini juga dikaitkan dengan Gaelic Beltane yang memiliki makna awal musim panas. Biasanya dirayakan pada tanggal 30 April dan 1 Mei. Karena pada hari tersebut merupakan awal liburan budaya dipedesaan Eropa. Selain itu perayaan May Day merupakan berakhirnya musim semi dan berganti ke musim panas.

Perayaan May Day di Jerman merupakan perayaan yang penting, karena merupakan bagian dari St Walburga (masuknya agama kristen ke Jerman). Perayaan May Day di Eropa dan Amerika Utara terkenal dengan tradisi tariannya yaitu dengan memutari Maypole ( Tiang yang terbuat dari Bambu ) dan mahkota dari Queen of May. Tarian Maypole tidak sepenuhnya diatur untuk tarian dan irama tetapi lebih kepada keseluruhan harmonisasi musik. Banyak yang percaya bahwa tarian tersebut dari Paganisme Jerman. Lalu pada Akhir abad ke-20 pemberian keranjang kecil yang berisi permen dan bunga mulai memudar.