Matthew Smith (pelukis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sir Matthew Smith, CBE (22 Oktober 1879 – 29 September 1959) adalah seorang pelukis yang menggambar berbagai tema telanjang, benda mati dan lanskap. Ia belajar desain di Manchester School of Art dan seni di Slade School of Art. Smith belajar di bawah Henri Matisse di Paris dan tertarik pada Fauvisme. Selama Perang Dunia I, dia terluka di Pertempuran Passchendaele. Pada tahun 1949, Smith diangkat sebagai Commander of the Order of the British Empire (CBE). Dia adalah knighted pada tahun 1954[1].

Dia menikah dengan Gwen Salmond dan hubungan mereka putus ketika dia berselingkuh dengan Vera Cuningham. Smith tinggal, bekerja, dan berpameran di Inggris dan Prancis.

Biografie[sunting | sunting sumber]

Matthew Arnold Bracy Smith lahir pada 22 Oktober 1879 di Halifax, West Yorkshire dari pasangan Frederic dan Frances Smith.[2] Ayahnya adalah seorang pembuat kawat dan musisi yang mengundang musisi yang berkunjung ke rumahnya. Matthew bersekolah di Giggleswick School. Pada usia tujuh belas dia pergi ke pabrik wol Bradford dan setahun kemudian bekerja di keluarga, di mana dia bekerja selama empat tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 288 paintings by or after Matthew Smith, Art UK. Retrieved 20 August 2014.
  2. ^ Matthew Smith Landscapes. Crane Kalman Gallery. p. 45. Retrieved 20 August 2014.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]