Sōshin Shōjo Matoi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Matoi the Sacred Slayer)
Sōshin Shōjo Matoi
Visual utama
装神少女まとい
(Sōshin Shōjo Matoi)
GenreMahō shōjo[1]
Seri anime
SutradaraMasayuki Sakoi
Produser
  • Ryōsuke Nakaji
  • Terunari Yoshie
  • Tomoko Takahashi
  • Kimuniwa Kozue
  • Toru Komagine
  • Takeshi Ishigaki
  • Noriyuki Nagatani
  • Toshiyasu Hayashi
  • Takeshi Iwasa
SkenarioYōsuke Kuroda
MusikTatsuya Kato
StudioWhite Fox
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, Sun TV, KBS Kyoto, BS11
Saluran bahasa Inggris
Tayang 4 Oktober 2016 29 Desember 2016
Episode12 + Spesial + OVA
 Portal anime dan manga

Sōshin Shōjo Matoi (Jepang: 装神少女まとい), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Matoi the Sacred Slayer, adalah seri televisi anime mahō shōjo Jepang yang diproduksi oleh White Fox. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 4 Oktober hingga tanggal 29 Desember 2016 dan diumumkan pada bulan Juli 2016 sebagai seri televisi anime orisinal pertama White Fox.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Matoi Sumeragi, seorang siswi SMP kelas dua, bekerja paruh waktu sebagai gadis kuil di kuil Tenman di kota Kamaya. Sahabat dekatnya, Yuma Kusanagi, adalah bagian dari keluarga kepala kuil dan merupakan calon penerus gadis kuil. Suatu hari, Matoi dan Yuma berjalan dari sekolah ke kuil seperti biasa, tetapi ketika mereka tiba, mereka disambut oleh halaman kuil yang sekarang rusak dan kedua orang tua Yuma pingsan karena terluka. Ayah Matoi, Shingo, seorang detektif kepolisian, melakukan penyelidikan dan ia menemukan seorang pria yang tampaknya tidak sepenuhnya waras sebagai satu-satunya saksi. Ketika ia menahan pria itu, Yuma memulai ritual "Divine Possession". Sesuatu yang aneh kemudian terjadi, bukan dengan Yuma, tetapi dengan Matoi. Matoi Sumeragi, yang hanya menginginkan kehidupan yang normal dan damai, mengambil peran sebagai dewa dan mendapatkan kekuatan untuk mengusir roh jahat.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Matoi Sumeragi (皇まとい, Sumeragi Matoi)
Pengisi suara: Ayaka Suwa
Siswi SMP kelas dua berusia 14 tahun yang bekerja paruh waktu di kuil Tenman sebagai gadis kuil. Ibu Matoi hilang dan ia tinggal bersama kakek dan neneknya. Ia saat ini tinggal bersama ayahnya, Shingo.
Yuma Kusanagi (草薙ゆま, Kusanagi Yuma)
Pengisi suara: Naomi Ōzora
Siswi SMP berusia 13 tahun dan calon penerus gadis kuil Tenman selanjutnya. Ia adalah gadis yang polos dan energik.
Clarus Tonitrus (クラルス・トニトルス, Kurarusu Tonitorusu)
Pengisi suara: Haruka Tomatsu
Anggota Fatima yang berusia 15 tahun di mana Fatima adalah organisasi rahasia Anti-Creed Vatikan.
Shingo Sumeragi (皇伸吾, Sumeragi Shingo)
Pengisi suara: Hiroki Tōchi
Ayah Matoi dan seorang detektif kepolisian. Matoi memanggilnya dengan nama depannya karena mereka baru saja mengenal satu sama lain.
Shiori Sumeragi (皇 しおり, Sumeragi Shiori)
Pengisi suara: Yuki Kaida
Ibu Matoi yang hilang beberapa tahun yang lalu.
Haruka Luciela (春夏・ルシエラ, Haruka Rushiera)
Pengisi suara: Ayako Kawasumi
Agen khusus IATO yang menyelidiki setan berjenis "Night".
Cariot (カリオテ, Kariote)
Pengisi suara: Nobuyuki Hiyama
Anggota Fatima dan sering terlihat bersama Clarus.
Hideo Tezuka (手塚秀夫, Tezuka Hideo)
Pengisi suara: Atsushi Abe
Rekan kerja Shingo yang sering dipanggil "Pochi".
Flors Oriens (フロース・オリエンス, Furōsu Oriensu)
Pengisi suara: Satomi Satō
Rekan kerja Clarus sebelumnya. Ia lumpuh oleh Night yang mengerikan yang disebut "Creed Killer".

Anime[sunting | sunting sumber]

Seri ini diproduksi oleh White Fox, disutradarai oleh Masayuki Sakoi dan ditulis oleh Yōsuke Kuroda, yang menampilkan desain karakter oleh Mai Toda dan musik oleh Tatsuya Kato. Lagu tema pembukanya adalah "Chōmusubi Amulet" (蝶結びアミュレット, Chōmusubi amyuretto, "Butterfly Knot Amulet") oleh Mia REGINA, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "My Only Place" oleh unit pengisi suara Sphere, yang beranggotakan Minako Kotobuki, Ayahi Takagaki, Haruka Tomatsu dan Aki Toyosaki.[2][3] Seri ini memiliki acara panggung di Kyoto International Manga and Anime Fair 2016 pada tanggal 17 September 2016.[2] Sentai Filmworks telah mendapatkan lisensi seri ini di Amerika Utara[4] dan disiarkan di Hulu dan Anime Network.[5] Madman Entertainment telah menyiarkan seri ini di AnimeLab.[6] MVM Films merilis seri ini di Britania Raya.[7]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli
1"I'm Possessed!"
Transkripsi: "Watashi, Kami-gakattemasu" (私、神懸かってます)
4 Oktober 2016 (2016-10-04)
Matoi Sumeragi bekerja paruh waktu di kuil Tenman sebagai gadis kuil di kota Kamaya bersama sahabatnya, Yuma Kusanagi, sekaligus calon penerus gadis kuil Tenman selanjutnya. Matoi tertarik mengetahui bahwa kuil Tenman dulunya adalah tempat iblis yang membayar iblis. Segera setelah itu, kuil Tenman diserang dan Yuma memulai ritual "Divine Possession" untuk menghentikan kekacauan. Sesuatu yang aneh kemudian terjadi, bukan dengan Yuma, tetapi dengan Matoi. Meskipun ia bingung, Matoi, yang hanya menginginkan kehidupan yang normal dan damai, mengambil peran sebagai dewa dan mendapatkan kekuatan untuk mengusir roh jahat.
2"I Clad Myself In A God"
Transkripsi: "Kamisama, Matoimashita" (神様、纏いました)
11 Oktober 2016 (2016-10-11)
Matoi berada dalam keadaan dirasuki dewa seperti dewa pelindung setelah menjalani ritual. Yuma mengetahuinya dan kemudian memiliki ide untuk melakukan aktivitas pengusiran setan dengan membuat akun media sosial bernama "Demon Girl". Sebagai bagian dari pengusiran setan, Matoi dan Yuma segera menuju ke tempat kejadian. Namun, kekuatan roh jahat di tempat itu muncul di luar dugaannya. Meskipun Matoi berada dalam situasi yang sulit, ia berlatih "Akumaharai" hingga seseorang yang bernama Clarus Tonitrus menyelamatkan hidup Matoi.
3"God's Playing Dumb"
Transkripsi: "Kamisama wa Shiranpuri" (神様は知らんぷり)
18 Oktober 2016 (2016-10-18)
Video internet "Demon Girl" yang muncul di lokasi kejadian telah ditonton lebih dari 50 juta kali sehingga Matoi ketakutan karena takut tertangkap. Pengepungan untuk mencari identitas Matoi yang sebenarnya telah meluas hingga seorang agen khusus IATO bernama Haruka Luciela mendekati Matoi dan Yuma dan menawarkan dirinya sebagai tutor. Matoi bingung dengan penawaran Haruka Luciela, lalu muncul iblis berjenis Night yang lebih kuat dari sebelumnya. Clarus dan iblis itu bertarung hingga ia terluka parah, Matoi yang tidak tega melihat Clarus terluka datang membantunya.
4"Her Resolution and My Reason"
Transkripsi: "Kanojo no Kakugo to Watashi no Riyū" (彼女の覚悟と私の理由)
25 Oktober 2016 (2016-10-25)
Musuh Clarus adalah Phegor, yang disebut "Creed Killer", yang membuat mantan rekan Clarus, Flors Oriens, lumpuh. Karena kontak dengan Phegor, orang-orang di sekitarnya pindah ke ruang dimensi yang lebih tinggi melebihi tiga dimensi dan terlibat dalam pertempuran yang sangat sengit. Kemudian, saat Clarus memberitahunya tentang hubungannya dengan Phegor, Matoi bertekad untuk melindungi Clarus. Kemudian, Matoi mengatakan bahwa dewa melakukan segala sesuatu saat terdiam, yang memunculkan kekuatan "dewa tak terhitung".
5"A Special Kind of Ordinary"
Transkripsi: "Tokubetsu na Futsū" (特別な普通)
1 November 2016 (2016-11-01)
Clarus, yang mencoba mencari tahu tujuan Night mengejarnya, terlihat saat ia menunjukkan kekuatan luar biasa melawan Phegor. Matoi bingung dengan kehidupan Clarus yang ketat, sayangnya Clarus tidak tahu kehidupan "normal". Matoi mengajak Clarus dan Yuma berbelanja di Harajuku. Yuma kemudian bertanya pada Clarus mengapa ia tidak bisa melakukan ritual yang tertuju untuk dirinya sendiri. Ketika Clarus menggunakan kekuatan dewa untuk menyelidiki Yuma, penghalang yang membentang di sekitar tubuh Yuma rusak hingga rakun dan rubah kecil muncul.
6"I'm Sorry"
Transkripsi: "Gomen nasai" (ごめんなさい)
8 November 2016 (2016-11-08)
Yuma, yang mengetahui bahwa dewa penjaganya adalah rakun dan rubah kecil, segera merilis situs web "Yuma Asami", tetapi semua permintaan yang muncul bertolak belakang dari pembasmian roh jahat. Sementara itu, terjadi kerasukan maskot Kamakichi di distrik perbelanjaan Kamaya setempat. Yuma menemukan maskot Kamakichi yang kerasukan dan membujuk dewa rakun yang ketakutan dan mencoba melarikan diri hingga Yuma akhirnya berhasil berubah seperti Matoi dan bersama Clarus, mereka berdua mengalahkan Night.
7"The Sea, Hot Springs, and Sometimes Evil Spirits"
Transkripsi: "Umi to Onsen, Tokidoki Akuryō" (海と温泉、ときどき悪霊)
15 November 2016 (2016-11-15)
Matoi, teman-temannya serta Shingo dan Pochi datang ke kuil Tenkai untuk berlibur setelah memasuki liburan musim panas. Di sana, Matoi bertemu Yayoi, seorang gadis kuil di kuil Tenkai, dan bertanya tentang masa lalu ibu Matoi, Shiori, kepada Yayoi. Sementara itu, Night baru muncul di depan mereka, tetapi Matoi tidak mau mengkhawatirkan Shingo. Hanya Yuma dan Clarus yang bertarung melawan Night, tetapi bukan mereka berdua ataupun Matoi yang menghentikan Night yang melarikan diri, tetapi Yayoi yang mengalahkan Night dengan menciptakan dewa naga air.
8"A Small Wish"
Transkripsi: "Chiisa na Negai" (ちいさな願い)
22 November 2016 (2016-11-22)
Yayoi memanggil dewa naga air yang kuat, tetapi dewa itu sudah penuh dengan luka dan tubuh Yayoi juga terluka. Meskipun Yayoi telah disarankan untuk pensiun oleh Azuma Amami, kepala kuil Tenkai, Yayoi mencoba untuk meyakinkan kemampuan luar biasa dari Matoi. Di sisi lain, Matoi bertanya kepada ayahnya, Shingo, bagaimana ia bertemu dengan ibunya, Shiori. Kepribadian ibunya memperkuat harapan Matoi untuk menjalani kehidupan normal dengan orang tuanya. Dan harapan itu dihadapi saat Matoi melawan Night baru.
9"Thank You"
Transkripsi: "Arigatō" (ありがとう)
29 November 2016 (2016-11-29)
Pada hari ketika Shingo tidak bertugas, Matoi pergi berbelanja dengan Shingo. Sambil merasakan kebaikan Shingo, Matoi masih tidak bisa menghilangkan kecanggungannya. Mereka kemudian di dek observasi Menara Kamatani dan diserang oleh Night bernama Saphirus dalam situasi di mana percakapan tidak berlangsung lama. Saat mereka berdua terjebak di menara, Clarus dan Yuma bergegas ke sana dan berhasil mendobrak pembatas menara. Matoi akhirnya berubah menggunakan kekuatan dewa dan mengalahkan Saphirus.
10"The Open Gate"
Transkripsi: "Hirakareshi Mon" (開かれし門)
6 Desember 2016 (2016-12-06)
Saat Matoi, Yuma dan Clarus bertarung, ada yang tidak beres di Jepang. Pintu ke puncak dimensi tertinggi secara bertahap mulai terbuka. Jika lubang dimensi terus membesar seperti itu, semua hukum alam akan runtuh. Kakek Yuma sekaligus kepala klan Kusanagi, Kiyogen Kusanagi, menceritakan bahwa ketika fenomena yang sama terjadi sepuluh tahun yang lalu, Kiyogen mengirim ibu Matoi menutup lubang itu. Menyadari hal itu, Matoi terbangun dan mengalahkan Night bernama Ludos yang muncul.
11"See You Later!"
Transkripsi: "Ittekimasu" (いってきます)
13 Desember 2016 (2016-12-13)
Shingo mengetahui bahwa penjahat yang mengincar Matoi adalah Pochi yang dirasuki oleh seseorang, lalu Pochi yang dirasuki menasihati Shingo bahwa "satu-satunya hal yang dapat menghentikan kehancuran dunia adalah memakainya." Di saat yang sama, Matoi bertanya-tanya apakah ia akan pergi ke dimensi tertinggi, tetapi ia merasakan keberadaan ibunya di dimensi tertinggi dan berharap untuk mendapatkan kembali kehidupan normalnya sehingga ia memutuskan untuk bersiap dan memberitahu Shingo bahwa ia akan menjemput seseorang yang penting keesokan paginya. Matoi, bersama dengan Yuma dan Clarus, berangkat menuju dimensi tertinggi.
12"Being Ordinary's the Best!"
Transkripsi: "Futsū ga Ichiban" (普通がいちばん)
20 Desember 2016 (2016-12-20)
Dalam perjalanan menuju ke dimensi atas, berbagai Night muncul dan mencoba menghalangi jalan, termasuk Phegor. Namun, dengan dukungan Yuma dan Clarus yang menemaninya, Matoi mampu melalui dimensi demi dimensi. Ketika Matoi akhirnya mencapai dimensi tertinggi, harapannya yang kuat untuk hidup normal membuat kekuatan dewa tak terhitung muncul dan berhasil mengubah struktur dimensi itu sendiri. Perubahan itu mengarah pada ibunya yang telah tergabung dengan dimensi tertinggi sebagai penjaga gerbang, dan dengan harapan itu, ia mendapatkan kembali kehidupan "normal" dengan orang tuanya.
Spesial"Special Program"
Transkripsi: "Yuma, Matomemashita: Nani mo Kite Nakute... Natsu" (ゆまちん、まとめました~何も着てなくて...夏~)
27 Desember 2016 (2016-12-27)
Yuma menceritakan kembali seri ini. Mulai dari latar belakang ibu Matoi yang menghilang demi menyelamatkan bumi beserta keluarganya, awal mula Matoi memiliki kekuatan dewa dari ritual yang dilakukan oleh Yuma di kuil Tenman, awal pertemuan Matoi dan Yuma dengan Clarus Tonitrus, awal pertemuan Yuma dengan dewa rakun dan rubah kecil yang tersegel di tubuhnya hingga Yuma memiliki kekuatan dewa seperti Matoi, liburan musim panas bersama keluarga Matoi ke kuil Tenkai, pertarungan Matoi dengan sejumlah iblis Night bersama Yuma dan Clarus hingga perjalanan mereka bertiga menuju dimensi tertinggi untuk menjemput ibu Matoi, Shiori.
OVA"Nightsbusters Corporation"
Transkripsi: "Kabushikigaisha naite basutāzu" (株式会社ナイツ・バスターズ)
21 April 2017 (2017-04-21)

Yuma mendirikan perusahaan jasa pengusiran setan Nightsbusters Corporation tepat di samping rumah keluarga Sumeragi, membuat Matoi terkejut. Clarus, Cariot, Haruka Luciela serta rekan Haruka, Roy, bergabung dengan perusahaan itu. Matoi akhirnya bergabung atas persetujuan orang tuanya. Bersama Yuma dan Clarus, Matoi melakukan sejumlah kegiatan seperti drama, jumpa pers, foto sampul majalah, rekaman, iklan dan konser. Saat syuting untuk mengungkap cerita rakyat Arashiyama, Yuma tidak sengaja memecahkan guci di dalam gua hingga iblis legendaris yang bernama Shinmari Kerera muncul. Saat mereka bertiga kewalahan mengalahkan iblis itu, ibu Matoi, Shiori, datang membantu mereka. Berkat bantuan Shiori, mereka bertiga mampu mengalahkan Shinmari Kerera.

Catatan: Dalam episode ini, makhluk yang menyerupai Slimer dari film Ghostbusters tahun 1984 dapat dilihat pada 8.57, dan Sonico dari Super Sonico muncul sebagai cameo pada 11.54.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Anime Network.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WHITE FOX's Original Magical Girl TV Anime "Matoi the Sacred Slayer" Slated for October". Crunchyroll. 15 Juli 2016. Diakses tanggal 15 Juli 2016. 
  2. ^ a b c "White Fox Reveals Original TV Anime Series Matoi the Sacred Slayer". Anime News Network. 15 Juli 2016. Diakses tanggal 15 Juli 2016. 
  3. ^ "スフィアの19thシングルが発売決定、アニメ「装神少女まとい」ED". ota-suke (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 15 Agustus 2016. 
  4. ^ "Sentai Filmworks Adds Matoi the Sacred Slayer Anime". Anime News Network. 29 September 2016. Diakses tanggal 29 September 2016. 
  5. ^ "Anime Network Online to Stream Matoi the Sacred Slayer, Flip Flappers, ClassicaLoid, Girlish Number Anime". Anime News Network. 1 Oktober 2016. Diakses tanggal 1 Oktober 2016. 
  6. ^ "AnimeLab". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-06. Diakses tanggal 2017-06-28. 
  7. ^ "MVM Release Announcements". Anime News Network. 27 Mei 2017. Diakses tanggal 27 Mei 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]