Mathieu II dari Lorraine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mathieu II dari Lorraine

Mathieu II, lahir skt. 1193, meninggal 1251, merupakan adipati Lorraine dari 1220 hingga 1251. Dia adalah putra adipati Ferry II dari Lorraine dan Agnès dari Bar. Dia menggantikan saudaranya Thiébaut I pada 1220, dan harus segera menyerahkan mahar dengan kota Nancy, untuk saudara iparnya Gertrude dari Dabo, yang menikah lagi dengan comte Champagne Thibaut IV. Dia juga harus mengakui dirinya sebagai vasal comte Champagne untuk kota Neufchâteau. Thibaut IV berharap dengan pernikahannya bisa mendapat wilayah Metz, tetapi gagal dan tidak lama kemudian menolak Gertrude. Dia tidak memiliki keturunan dari pernikahan ketiga, dan Nancy kembali ke kadipaten setelah kematiannya pada 1225.

Mathieu tetap sangat dekat dengan Kaisar Friedrich II dari Hohenstaufen dalam konflik antara dia dan putranya Heinrich VII, Raja Romawi; dia bekerja sama dengannya dan menemaninya selama Perang Salib Keenam, kemudian di Italia pada 1235. Tetapi pada 31 Mei 1247, dia terlibat dengan Gereja untuk berperang melawan Friedrich, Konrad dan pendukung mereka; dia kemudian dibebaskan dari sumpahnya untuk berpartisipasi dalam Perang Salib Ketujuh oleh saudaranya Jacques, uskup Metz.

Di bawah panji Mathieu, Comte Thibaud IV dari Champagne, Ferrand comte Flandria, Konrad, Thierry comte Montbéliard dan Jean comte Chalon, bertarung dalam perang yang terjadi di Champagne dan Bourgogne pada 1229; mereka bersekutu dengan Thibaud IV, dalam konflik dengan koalisi baron yang mengkritiknya karena telah mendukung Blanca dari Kastila pada Januari 1229 ketika dia merebut istana Bellême (istana ini milik Pierre Mauclerc). Para baron bersekutu dengan Henri II dari Bar, Hugues adipati Bourgogne, Guignes comte Forez dan Nevers ; pemimpin koalisi ini adalah Philippe Hurepel, comte Boulogne dan putra Philippe-Auguste. Mathieu dan sekutunya segera bergabung dengan comte Grandpré, comte Rethel dan uskup Metz.

Pada Januari 1230, Henri II dari Bar, membantu Hugues II dari Vaudémont dan Ferry comte Toul, memasuki Lorraine, menjarah tujuh puluh desa dan merebut istana Pierrepont. Mathieu menghancurkan jembatan Mousson dan bentengnya, menghancurkan sebagian wilayah Vaudémont dan mengalahkan comte Toul dan Fougerolles. Perang ini terganggu oleh beberapa gencatan senjata atas permintaan Louis IX. Pertempuran berhenti pada awal September 1230 dan perjanjian damai ditandatangani antara Henri dan Mathieu, di hadapan raja pada 12 Desember 1230 (Perjanjian Melun).

Selama konflik ini, Mathieu harus menghadapi agitasi penguasa Lorraine tertentu, seperti comte Lunéville, yang diam-diam didukung oleh comte Bar. Sebuah kemenangan diikuti dengan pertukaran wilayah,[1] memungkinkan Lunéville disatukan dengan kadipaten.

Bersekutu dengan penduduk Metz dan comte Henri II dari Bar, ia menentang Jean d'Apremont selama Pertempuran Sahabat dari 1231 hingga 1234.

Seperti para pendahulunya, adipati Mathieu memiliki masalah dengan lembaga keagamaan. Kanon Saint-Dié mencelanya karena merebut warisan ulama dari wilayah mereka; konflik ini berlangsung dari 1228 hingga 1232, dan berkelanjutan sampai setelah pertukaran wilayah dengan comte Lunéville, pada Juni 1234. Dari 1229 hingga 1232 karena perang Champagne, Mathieu mengumpulkan pasukan di wilayah para biarawati Remiremont; dia juga telah memungut pajak tambahan atas wilayah yang dia miliki bersama dengan kepala biarawati yang sama. Konflik ini diselesaikan melalui saudaranya uskup Metz, dengan kompensasi keuangan yang besar.

Comte Henri II dari Bar meninggal pada 1240, Mathieu mencoba untuk mengambil alih puri yang hilang dari putranya yang masih bocah, Thiébaut II dari Bar, tetapi perdamaian ditandantangani pada 1245, dan berlangsung beberapa dekade. Pada tahun yang sama, Kaisar Friedrich II dikucilkan, dan Mathieu mulai menjauhkan diri, sebelum bergabung dengan Paus Inosentius IV pada 1247.

Sakit pada Januari 1251 (akta resmi terakhirnya tertanggal 19 Januari 1251), ia diduga meninggal pada 9 Februari 1251 menurut berita kematian biara Beaupré, setelah merundingkan pernikahan putranya dengan putri Comte Champagne.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Mathieu II dan istrinya Catherine dari Limbourg abad ke-XVII

Pada 1225 dia menikahi Catherine dari Limbourg († 1255), putri Waléran III dari Limbourg, adipati Limbourg dan comte Luksemburg, dan Ermesinde, comtesse Luksemburg, mereka memiliki keturunan sebagai berikut :

Segel Laure dari Lorraine

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pada Juni 1234, ia menukar pengakuan Étival, Moyenmoutier, Saint-Dié, dan istana Spitzemberg dengan istana dan wilayah Lunéville, Gerbéviller dan Valfroicourt.
  2. ^ tidak ada sumber utama yang dikenal mengenai orang tua dan pernikahannya lihat

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]