Mateen Bolkiah dari Brunei

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Abdul Mateen
عبد المتين (Jawi)
Pangeran Brunei
Kelahiran10 Agustus 1991 (umur 32)
Raja Isteri Pengiran Anak Saleha Hospital, Bandar Seri Begawan, Brunei
AyahHassanal Bolkiah
IbuPuan Mariam binti Abdul Aziz
PasanganAnisha Rosnah (m. 2024)
AgamaIslam Sunni
PekerjaanTentara & Pemain Polo
Karier olahraga
NegaraBrunei
OlahragaPolo

Pangeran Mayor 'Abdul Mateen (gelar: Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda 'Abdul Mateen ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah, D.K.M.B., D.P.K.T., P.H.B.S.; lahir 10 Agustus 1991) adalah anak kesepuluh dan putra keempat Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei oleh mantan istri keduanya, Puan Mariam binti Abdul Aziz, yang setengah keturunan Brunei, seperempat keturunan Jepang dan seperempat keturunan Inggris.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dinas militer
Pengabdian Brunei
Dinas/cabang Tentara Udara Diraja Brunei
Lama dinas2010 - sekarang
Pangkat Mayor
PenghargaanRAF Wing Badge (2018)

Pangeran 'Abdul Mateen mengenyam sekolah dasar di St. Sekolah Andrew. Ia melanjutkan pendidikan menengahnya di Paduka Seri Begawan Sultan Science College dan Sekolah Internasional Jerudong, keduanya adalah sekolah terbaik di Brunei.

Pada Mei 2010, Pangeran 'Abdul Mateen diterima di Kursus Kedinasan (Commissioning Course) untuk perwira militer reguler bersama dengan 200 siswa lainya di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, Inggris. Pada April 2011, Pangeran 'Abdul Mateen lulus dari kursus kedinasan tersebut sebagai perwira kadet Akademi Militer Kerajaan Sandhurst dan mendapat pangkat Letnan Dua.

Pada Juli 2014, Pangeran 'Abdul Mateen memperoleh gelar sarjana Bachelor of Arts (B.A.) di King's College London dengan jurusan Politik Internasional di Barbican Centre, London.

Pada Juli 2016, Pangeran 'Abdul Mateen memperoleh gelar magister Master of Arts (M.A.) di School of Oriental and African Studies, Universitas London dengan jurusan Kajian Internasional dan Diplomasi.

Pada bulan Maret 2018, Pangeran 'Abdul Mateen memenuhi syarat dan lulus sebagai pilot helikopter di Sekolah Terbang Helikopter Pertahanan di RAF Shawbury, dan pada saat kelulusan dianugerahkan brevet penerbang langsung oleh bapaknya, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah.[2] Pada 20 Mei 2021, Pangeran 'Abdul Mateen naik pangkat menjadi Mayor.

Pada tanggal 21 September 2021, Pangeran 'Abdul Mateen menjalani Kursus All Arms Commando (AACC) di Pusat Pelatihan Komando Marinir Kerajaan (CTCRM), Lympstone, Devon, Britania Raya.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Pangeran 'Abdul Mateen telah mewakili negaranya dalam polo di Pesta Olahraga Asia Tenggara 2017 dan 2019.[3]

Nama dan Gelar[sunting | sunting sumber]

Gelar bangsawan untuk
Pangeran Brunei
Gaya referensiYang mulia
Gaya penyebutanYang mulia
Gaya alternatifDuli Yang Teramat Mulia

Dalam bahasa Melayu, gelar lengkapnya adalah Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda 'Abdul Mateen ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah.

Dalam bahasa Inggris, terjemahan judul lengkapnya adalah Yang Mulia Pangeran Abdul Mateen 'putra' 'Yang Mulia Sultan' Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin'.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Dia telah dianugerahi:[4]

Penghargaan Nasional[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ “ Sultan of Brunei's ex-wife and the £2m con” The Telegraph [12-07-2007]
  2. ^ "Prince Mateen cleared for takeoff". The Scoop. Diakses tanggal 3 April 2018. 
  3. ^ "Brunei royals flattered as fans travel to Batangas to watch them play polo". GMA News. 25 November 2019. Diakses tanggal 25 November 2019. 
  4. ^ Royal Ark, Brunei genealogy details p.13
  5. ^ Family photo

Pranala luar[sunting | sunting sumber]