Mate (minuman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mate
Mate en calabaza.jpg
Mate di dalam wadah labu tradisional
JenisInfusion, hot

Mate (bahasa Spanyol: [ˈmate], Portugis: [ˈmatʃi]; kadang dieja maté dalam bahasa Inggris meskipun tidak dalam bahasa Spanyol atau Portugis ),[1] juga dikenal dengan nama chimarrão (Portugis: [ʃimɐˈʁɐ̃w̃]) atau cimarrón (bahasa Spanyol: [simaˈron]), adalah minuman infus tradisional yang kaya kafein asal Amerika Selatan, yang pertama kali dikonsumsi oleh suku Guaraní dan juga disebarkan oleh orang-orang Tupí. Dalam beberapa abad terakhir, minuman ini menjadi sangat populer di Argentina,[2] Uruguay, Paraguay, wilayah Chaco di Bolivia, Chili Selatan, dan Brasil Selatan. Minuman mate juga dikonsumsi di Suriah, yang merupakan importir mate terbesar di dunia, dan di Lebanon. [3] [4]

Minuman ini disiapkan dengan seduhan daun kering yerba mate (Ilex paraguariensis, yang dikenal dalam bahasa Portugis dengan nama erva-mate) di dalam air panas dan disajikan dengan sedotan logam dan wadah berupa labu-labu berongga. Sedotan itu disebut bombilla dalam bahasa Spanyol, bomba dalam bahasa Portugis, dan bombija atau masassa dalam bahasa Arab. Sedotan ini secara tradisional terbuat dari perak. Sedotan modern yang tersedia secara komersial biasanya terbuat dari perak nikel (disebut alpaca ), baja tahan karat, atau batang berlubang. Wadah labunya dikenal dengan sebutan mate atau guampa; sementara di Brasil, wadah ini memiliki nama spesifik cuia, atau juga cabaça. Bahkan jika air diambil dari termos modern, minuman ini secara tradisional diminum dari wadah mate atau cuias .

Daun mate dikeringkan, dirajang, dan ditumbuk menjadi campuran bubuk yang disebut yerba ("erva" dalam bahasa Portugis) yang berarti "herba". Bombilla berfungsi sebagai sedotan dan saringan. Ujung sedotan yang terendam dipanaskan, dengan lubang kecil yang memungkinkan cairan diseduh masuk dan menghalangi ampas. Rancangan bombilla modern menggunakan tabung lurus dengan lubang. [5]

Daun-daun mate yang berbentuk "kantong teh" (Spanyol: mate cocido, Portugis: chá mate) telah beredar di banyak negara Amerika Selatan selama bertahun-tahun dengan merek dagang "Taragüi" di Argentina, "Pajarito" dan "Kurupí "di Paraguay, serta Matte Leão dan Mate Real di Brasil.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mate - beverage". Encyclopædia Britannica. Diakses tanggal 8 October 2015. 
  2. ^ "Ley 26.871 - Declárase al Mate como infusión nacional". InfoLEG (dalam bahasa Spanish). Ministry of Economy and Public Finance. Diakses tanggal 7 October 2010. 
  3. ^ Barceloux, Donald. Medical Toxicology of Drug Abuse: Synthesized Chemicals and Psychoactive Plants. John Wiley & Sons. ISBN 1-11810-605-9. 
  4. ^ "South American 'mate' tea a long-time Lebanese hit". Middle East Online. Diakses tanggal 11 March 2014. 
  5. ^ Goodfriend, Anne (2 March 2006). "Yerba maté: The accent is on popular health drink". USA Today. hlm. 1. Diakses tanggal 29 May 2011.