Masjid Oman Aceh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Mesjid Al Makmur atau dikenal dengan Masjid Oman merupakan salah satu masjid di Lampriet, Kota Banda Aceh. Masjid itu dibangun pada tahun 1979. Pembangunannya dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat dengan pelan-pelan; dan peletakan batu pertama masjid ini dilakukan oleh Prof. A. Madjid Ibrahim. Pada awalnya, masjid ini diberi nama Masjid Baitul Makmur oleh Tgk. H. Abdullah Ujong Rimba, yang saat itu adalah imam besar masjid tersebut.[1] Ia juga menjabat sebagai Ketua MUI pada masa itu.[1] Namun, pada tahun 2004 ketika gempa dan tsunami melanda Aceh menyebabkan masjid tersebut rusak parah dan harus diperbaiki.[2]

Perbaikan masjid ini pun dilakukan oleh Pemerintah Oman melalui Sultan Kubus, karena lokasi di Lampriet dianggap strategis. Pembangunan mesjid pun dimulai pada tahun 2006 dan selesai tahun 2008.

Masjid ini sekarang menjadi salah satu bangunan masjid yang megah di Banda Aceh dengan corak arsitektur Timur Tengah.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Sistem Informasi Masjid Seluruh Indonesia | PROFIL MASJID/MUSHALLA". simas.kemenag.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-07. 
  2. ^ a b "Masjid Agung Oman Lampriet Banda Aceh". Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh (dalam bahasa Inggris). 2015-03-12. Diakses tanggal 2018-09-07.