Masjid Lawang Kidul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Masjid Lawang Kidul termasuk salah satu masjid tertua di Kota Palembang Sumatera Selatan. Masjid ini berdiri pada tahun 1890 dan memegang peran penting baik sebagai pusat penyebaran Islam maupun dijadiakan markas para pejuang setempat pada masanya. Material Masjid ini terbuat dari campuran batu kapur dengan putih telur dan pasir, sehingga membuat masjid ini dapat bertahan dengan lama. Menurut informasi dari situs Antara Sumsel bangunan induk masjid ini sebagian besar tetap terjaga keasliannya dan hampir 99 persen masih merupakan bangunan asli dan belum ada yang diganti.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut KH Mansyur, Lawang Kidul adalah nama yang sudah sangat melekat dan dikenal oleh masyarakat sekitar, penamaan Masjid ini sendiri dinamakan oleh seorang Kiai karena kebetulan daerah ini menjadi pintu selatan berkembangnya islam pada masa Kesultanan Palembang Darussalam.

Wisatawan[sunting | sunting sumber]

Berlokasi di alan Selamet Riyadi, Lorong Masjid Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur II, kota Palembang Sumatera Selatan Masjid ini menjadi salah satu destinasi regili yang banyak dikunjungi oleh sebagian besar turis-turis dari negara islam didunia setiap tahunnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ervani, Evan (17 Juni 2016). "Masjid Lawang Kidul saksi sejarah syiar Islam di Palembang". Antara Sumsel. Diakses tanggal 5 September 2018.