Lompat ke isi

Masjid Eski Edirne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Eski Edirne
Eski Edirne Camii
Agama
AfiliasiIslamSunni
ProvinsiEdirne
Lokasi
LokasiEdirne
Negara Turki
Arsitektur
ArsitekHacı Alâeddin dan Ömer bin Ibrahim
TipeMasjid
Gaya arsitekturTurki dengan sedikit sentuhan arsitektur Utsmaniyah
Didirikan1402
Spesifikasi
Kubah9
Menara2

Masjid Eski Edirne (bahasa Turki: Eski Edirne Camii) (bahasa Indonesia: Masjid Lama Edirne), secara resmi bernama Masjid Raya Edirne (bahasa Turki: Edirne Ulucamii)[1] adalah sebuah masjid bersejarah peninggalan Kesultanan Utsmaniyah pada abad ke-15 yang berada di kota Edirne, Provinsi Edirne, Turki. Masjid ini awalnya dibangun atas perintah Sultan Bayezid I, dan diselesaikan di bawah pemerintahan saudaranya, Sultan Mehmed I.

Masjid ini terletak di pusat sejarah kota, dekat pasar dan dekat dengan masjid bersejarah terkemuka lainnya, Masjid Selim dan Masjid Sherefeli. Kemudian bangunan masjid ini ditutupi oleh 9 kubah yang ditopang pada empat kolom. Masjid ini awalnya hanya memiliki satu minaret, sebelum dibangun minaret kedua yang lebih tinggi pada masa pemerintahan Sultan Murad II. Masjid tanpa pelataran ini dapat dimasuki melalui tiga pintu. Di dalam masjid ini juga terdapat karya kaligrafi besar yang dapat dilihat.[1]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b Akcil, Nesrin Gul (2012). "Edirne Grand Mosque". Islam Ansiklopedisi (dalam bahasa Turki). 42. Istanbul: Turkish Diyanet Foundation. hlm. 97–98. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]