Hidangan Maghreb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masakan Maghreb)
Brik Tunisia dengan telur, tuna, bawang bombay dan peterseli
Méchoui adalah sebuah hidangan Afrika Utara yang terdiri dari daging domba dan lembu yang dibakar di atas barbekyu
Shakshouka Telur Tunisia

Maghreb, bagian paling Utara Benua Afrika di sepanjang Laut Mediterania[1] terdiri dari negara Aljazair, Libya, Maroko, dan Tunisia. Kawasan tersebut memiliki tingkat keragaman geografi, politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan yang tinggi yang mempengaruhi masakan dan gaya kuliner di kawasan tersebut.

Makanan dan hidangan umum[sunting | sunting sumber]

Dalam masakan Afrika Utara, makanan pokok yang umum adalah gandum, ikan, makanan laut, kambing,[2] daging domba,[2] daging sapi,[2] kurma, almond, zaitun dan berbagai sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena kawasan tersebut didominasi Muslim, daging halal yang biasanya disantap. Sebagian besar hidangan diberi rempah-rempah,[3] khususnya dengan jintan putih,[4] jahe, paprika, kayu manis[4] dan saffron. Peppermint, peterseli, atau ketumbar juga sangat umum. Rempah-rempah campur-nya seperti ras el hanout, baharat, dan pasta cabai seperti harissa (khususnya di Tunisia) juga digunakan. Penggunaan Legumes, kacang, buah dan rempah-rempah sangat berpengaruh.[2]

Menurut negara[sunting | sunting sumber]

Untuk gaya yang lebih spesifik, merujuk kepada artikel-artikel tentang masakan setiap negara atau kawasan:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Archived from the original on 2011-06-14. Diakses tanggal 2016-06-26.  Foodspring.com. Diakses pada Juni 2011.
  2. ^ a b c d "North African Cuisine." Diarsipkan 2016-04-03 di Wayback Machine. Jamaica Observer. Accessed June 2011.
  3. ^ Mourad, Mazouz. "The Momo Cookbook." Diarsipkan 2011-09-19 di Wayback Machine. The Globalist. Diakses pada Juni 2011.
  4. ^ a b "Organic Cooking: North African Cuisine." Diarsipkan 2018-02-03 di Wayback Machine. Organicauthority.com Diarsipkan 2018-02-03 di Wayback Machine.. Diakses pada Juni 2011.

Templat:Masakan