Mary Parker Follet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mary Parker Follet

Mary Parker Follett (3 September 1868 – 18 Desember 1933) adalah seorang pekerja sosial untuk Amerika Serikat; konsultan dan pengarang berbagi buku dalam bidang demokrasi, hubungan antar manusia, dan manajemen. Follet bekerja sebagai seorang ahli teori manajemen dan politik, yang kemudian dikenal karena memperkenalkan berbagai istilah seperti "pemecahan konflik," "authority and power," dan "tanggung jawab kepemimpinan."

Follett lahir dan besar dalam sebuah keluarga Quaker di Massachusetts. Pada tahun 1898, Follet lulus dari Radcliffe College. Selama tiga puluh tahun berikutnya, ia menerbitkan berbagai buku, beberapa diantaranya:

  1. The Speaker of the House of Representatives (1896);
  2. The New State (1918);
  3. Creative Experience (1924); dan
  4. Dynamic Administration (1941) (berisi koleksi pidato dan artikel).

Ia mengemukakan 3 pendapat utama yang amat penting dalam bidang pengurusan pada masa dulu hingga sekarang. Yakni:

  1. Sebuah organisasi seharusnya dijalankan sebagai komuniti, khususnya di antara pihak pengurus dan pihak bawahan agar berkerjasama di antara satu sama lain untuk mewujudkan keadaan yang harmoni dalam sebuah organisasi.
  2. Masalah sepatutnya diselasikan di antara pihak pengurus dan pihak pekerja agar suatu penyelasaian dapat dicapai sehingga akan memuaskan kedua belah pihak.
  3. Pengurus sepatutnya bertindak sebagai pembimbing dalam sesebuah organisasi dan perjalanan dalam pekerjaan sepatutnya di bawah kawalan pekerja.

Follett berpendapat bahwa fungsi organisasi dalam masalah kekuasaan adalah "dengan" dan bukan "atas." Ia menyadari sepenuhnya kondisi holistik komunitas ide yang maju atas "hubungan timbal balik" dalam suatu pemahaman atas berbagai aspek dinamis dari suatu individu dalam hubungannya dengan orang lain. Follett membela pendapat yang mengandung prisip integrasi 'pembagian kekuasaan. Berbagai pendapatnya atas negosiasi, kekuasaan, dan partisipasi karyawan sangat berpengaruh dalam perkembangan pembelajaran organisasional.

Ia adalah perintis Community Center.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Witzel, Morgen (2010). "Management History". doi:10.4324/9780203866863.