Martin Johnson Heade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Martin Johnson Heade
Lahir(1819-08-11)11 Agustus 1819
Lumberville, Pennsylvania
Meninggal4 September 1904(1904-09-04) (umur 85)
St. Augustine, Florida
KebangsaanAmerika Serikat
Dikenal atasLukisan, Landscape art, Still life
Karya terkenalCattleya Orchid and Three Hummingbirds;
Sunlight and Shadow: The Newbury Marshes;
Giant Magnolias on a Blue Velvet Cloth
Gerakan politikHudson River School (occasionally disputed);
Luminism
Patron(s)Henry Morrison Flagler

Martin Johnson Heade (11 Agustus 1819 – 4 September 1904) adalah pelukis Amerika yang dikenal karena rawa asin lanskap, pemandangan laut, dan penggambaran burung tropis (seperti burung kolibri),[1] serta bunga teratai dan still life lainnya. Gaya lukisan dan materi pelajarannya, meskipun berasal dari romantisisme waktu itu, dianggap oleh sejarawan seni sebagai penyimpangan yang signifikan dari rekan-rekannya.

Heade lahir di Lumberville, Pennsylvania, putra seorang penjaga toko. Dia belajar dengan Edward Hicks, dan mungkin dengan Thomas Hicks. Karya-karyanya yang paling awal diproduksi selama tahun 1840-an dan sebagian besar adalah potret. Dia melakukan perjalanan ke Eropa beberapa kali sebagai seorang pemuda, menjadi seniman keliling di pantai Amerika, dan dipamerkan di Philadelphia pada tahun 1841 dan New York pada tahun 1843. Persahabatan dengan seniman dari Hudson River School menyebabkan minat pada seni lanskap. Pada tahun 1863, ia berencana untuk menerbitkan volume burung kolibri Brasil dan bunga tropis, tetapi proyek itu akhirnya ditinggalkan. Dia melakukan perjalanan ke daerah tropis beberapa kali setelahnya, dan terus melukis burung dan bunga. Heade menikah pada tahun 1883 dan pindah ke St. Agustinus, Florida. Karya utamanya dari periode ini adalah lanskap dan bunga Florida, terutama magnolia yang diletakkan di atas kain beludru. Dia meninggal pada tahun 1904. Karyanya yang paling terkenal adalah penggambaran cahaya dan bayangan di rawa-rawa garam New England.

Heade bukanlah seniman yang dikenal luas selama masa hidupnya, tetapi karyanya menarik perhatian para sarjana, sejarawan seni, dan kolektor selama tahun 1940-an. Dia dengan cepat menjadi dikenal sebagai seniman besar Amerika. Meskipun sering dianggap sebagai seniman Hudson River School, beberapa kritikus dan cendekiawan mengecualikan kategorisasi ini. Karya Heade sekarang ada di museum dan koleksi besar. Lukisannya kadang-kadang ditemukan di tempat-tempat yang tidak biasa seperti penjualan garasi dan pasar loak.

Lukisan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elizabeth Leto Fulton; et al. (2002), The Methods and Materials of Martin Johnson Heade, The Journal of the American Institute for Conservation .

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Martin Johnson Heade di Wikimedia Commons