Martha Marcy May Marlene

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Martha Marcy May Marlene
Poster film Martha Marcy May Marlene
SutradaraSean Durkin
ProduserAntônio Campos
Patrick S. Cunningham
Josh Mond
Ditulis olehSean Durkin
PemeranElizabeth Olsen
John Hawkes
Sarah Paulson
Hugh Dancy
Penata musikDaniel Bensi
Saunder Jurriaans
SinematograferJody Lee Lipes
PenyuntingZachary Stuart-Pontier
Perusahaan
produksi
This Is That
Borderline Films
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi102 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$600 ribu[2]
Pendapatan
kotor
$5.438.911[3]

Martha Marcy May Marlene adalah film drama misteri thriller Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh Sean Durkin dan diproduseri oleh Antônio Campos, Patrick S. Cunningham dan Josh Mond. Naskah film ini ditulis oleh Sean Durkin. Film ini dibintangi oleh Elizabeth Olsen, John Hawkes, Sarah Paulson dan Hugh Dancy.

Film Martha Marcy May Marlene ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 21 Januari 2011[4][5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 21 Oktober 2011. Film ini mendapatkan ulasan positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang gadis berusia 22 tahun bernama Martha (Elizabeth Olsen) menjadi anggota sekte di Pegunungan Catskill selama beberapa waktu. Pemimpin sekte yang karismatik, Patrick (John Hawkes), memberikan nama "Marcy May" untuk Martha saat ia diinisiasi. Namun, Martha memutuskan untuk melarikan diri ke hutan dan tiba di kota terdekat. Di sebuah kedai, Martha berseteru dengan Watts (Brady Corbet), seorang anggota sekte, yang mencoba membujuknya untuk kembali, tetapi Martha menolaknya. Martha menelepon kakaknya, Lucy (Sarah Paulson), lalu Lucy menjemputnya dan membawanya ke rumah danau liburan di Connecticut di mana rumah tersebut milik Lucy dan suaminya, seorang arsitek yang sukses dan kaya bernama Ted (Hugh Dancy).

Ketika ia tinggal bersama Lucy dan Ted di rumah danau, Martha mulai menunjukkan perilaku aneh: berenang di danau, tidur sepanjang waktu, tidak makan serta berdebat dengan kakak dan kakak iparnya tentang cara bertahan hidup. Lucy memberitahu bahwa ia meninggalkan Martha dan sekarang, ia berusaha mengembalikan Martha ke kehidupan awalnya, sementara Lucy dan Ted juga berusaha memiliki anak mereka sendiri. Suatu malam, Martha naik ke tempat tidur Ted dan Lucy ketika mereka berhubungan intim, membuat Ted marah. Martha kemudian mencoba menelepon sekte itu, tetapi ia menutup telepon ketika salah satu anggota sekte wanita menjawab menggunakan nama kode "Marlene Lewis".

Dalam kilas balik, Martha mengingat kembali serangkaian peristiwa yang mengganggu hingga membuatnya melarikan diri dari sekte. Ketika ia menjadi anggota sekte, ia dibius dan diperkosa oleh Patrick dalam ritual inisiasi, di mana Martha menyediakan fasilitas bagi anggota wanita pendatang baru di sekte itu. Patrick kemudian mendesak Martha untuk membunuh kucing, tetapi ia menolaknya. Martha kemudian mulai terlibat dalam pencurian dengan sekte lain, puncaknya ketika salah satu anggota sekte berseteru dengan seorang pemilik rumah, di mana pemilik rumah secara brutal ditikam hingga mati. Setelah menyaksikan pembunuhan itu, Martha mengalami gangguan mental sebelum Patrick menghina dan menjatuhkannya karena gagal mengikuti visi dan misi sekte.

Lucy dan Ted mengadakan pesta di rumah mereka dan mengundang beberapa teman dari kota. Martha tampak gugup dalam pertemuan itu, lalu ia mengenali salah satu bartender sebagai anggota sekte dan harus dibius. Ted berusaha meyakinkan Lucy untuk mengirim Martha ke rumah sakit jiwa, tetapi Lucy menolak ide tersebut.

Malamnya, Martha bermimpi buruk dan serangan panik. Ted mencoba membantu Martha, tetapi Martha menendangnya menuruni tangga. Lucy mengancam akan mengirim Martha ke rumah sakit jiwa di mana Martha dengan marah menanggapi bahwa Lucy akan menjadi ibu yang mengerikan. Keesokan harinya, Lucy dan Martha agak berbaikan dan Martha pergi berenang. Martha melihat seorang anggota sekte pria mengawasinya di seberang pantai dan meninggalkannya. Ketika Martha meninggalkan rumah bersama Lucy dan Ted, Martha melihat ke belakang dari kursi belakang mobil ketika sebuah mobil mengikuti mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Martha Marcy May Marlene mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 90%, berdasarkan 204 ulasan, dengan rating rata-rata 7,8/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 75 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Martha Marcy May Marlene mendapatkan $2.981.038 di Amerika Utara dan $2.457.873 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $5.438.911, melebihi anggaran produksi film $600 ribu.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $137.651, menempati posisi ke-32 di box office.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Martha Marcy May Marlene (15)". British Board of Film Classification. June 22, 2011. Diakses tanggal July 12, 2013. 
  2. ^ "The Qanda Podcast (interview with screenwriter-director Sean Durkin and producers Josh Mond & Antonio Campos)". Diakses tanggal April 1, 2018. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ a b "Martha Marcy May Marlene". The Numbers. Diakses tanggal January 15, 2014. 
  4. ^ "2011 Sundance Film Festival Announces Films in Competition". Sundance.org. December 1, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2011. Diakses tanggal January 21, 2011. 
  5. ^ Guerrasio, Jason (May 15, 2011). "Sean Durkin". Screen Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2011. 
  6. ^ "Martha Marcy May Marlene (2011)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 25, 2019. 
  7. ^ "Martha Marcy May Marlene reviews". Metacritic. Diakses tanggal August 25, 2019. 
  8. ^ "Martha Marcy May Marlene (2011)". Box Office Mojo. October 24, 2011. Diakses tanggal August 25, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]