Marsose Kerajaan Belanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Marsose Kerajaan Belanda dewasa ini

Marsose Kerajaan Belanda, dalam bahasa Belanda: Koninklijke Marechaussee (KMar) merupakan unit pasukan kepolisian, yang berakar pada masa penjajahan Prancis di Belanda. Berdasarkan dekret Republik Batavia yang didirikan oleh Prancis, pada 4 Februari 1803 dibentuk unit kepolisian yang dinamakan Marechaussee, tetapi tidak langsung dilaksanakan.

Pada 1805 dibentuk satu unit gendarmerie (semacam polisi militer), dan baru pada 26 Oktober 1814, setelah Republik Batavia diganti dengan Kerajaan Belanda, berdasarkan dekret no. 498 yang dikeluarkan oleh Raja Belanda, Willem I, secara definitif dibentuk Koninklijke Maréchaussée.

Kata marsose, atau marechaussee sendiri mempunyai akar yang sangat panjang, yaitu sejak masa pengadilan kuno di Paris, Prancis, tahun 1370 yang dinamakan "Tribunal des Connétables et Maréchaux de France". Connétables dan maréchaux ini kemudian menjadi anggota Gendarmerie, yang merupakan kekuatan kepolisian untuk Prancis, kemudian Belanda dan Belgia.

Marsose berkembang menjadi kekuatan tempur untuk mengamankan wilayah dan jalanan di Kerajaan Belanda. Seain tugas-tugas kepolisian, Marsose juga ditugaskan untuk membantu angkatan perang, terutama di waktu Perang Dunia I, tahun 1914 - 1918.