Mars, Incorporated

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mars Incorporated
Perusahaan keluarga
Industrigula-gula
Didirikan1911 di Tacoma, Washington, Amerika Serikat
Kantor
pusat
McLean, Virginia, Amerika Serikat
Tokoh
kunci
Frank C. Mars (pendiri)
John Mars (ketua dewan)
keluarga Mars (pemilik)
ProdukMars · M&M's · Bounty · Snickers · Twix · Whiskas · Pedigree · Uncle Ben's · Skittles
PendapatanAS$21 miliar (2006)[1]
Karyawan
40,000 (2006)[1]
Situs webmars.com

Mars, Incorporated adalah perusahaan Amerika Serikat pembuat gula-gula dan berbagai produk makanan, termasuk makanan hewan. Perusahaan ini bermarkas besar di McLean, Virginia, AS. Saham perusahaan ini sepenuhnya dimiliki keluarga Mars, dan sekaligus menjadikan Mars Incorporated sebagai salah satu perusahaan keluarga yang terbesar di Amerika Serikat. Mars juga berkantor di Hackettstown, New Jersey.

Divisi Eropa yang berkantor pusat di Brussel, Belgia beroperasi dengan nama Masterfoods Europe. Sebelum diambil alih Mars pada tahun 1967, Masterfoods adalah perusahaan makanan yang didirikan keluarga Lewis di Australia pada tahun 1949.

Akhir tahun 2007, Mars mengumumkan bahwa semua unit bisnisnya akan menggunakan nama Mars. Selain sebagai merek produk makanan di Australia, merek Masterfoods tidak dipakai lagi.

Mars dikenal dengan cokelat batang Mars Bar dan berbagai merek gula-gula, seperti: Milky Way, M&M's, Twix, Skittles, dan Snickers. Mars juga memproduksi produk makanan ringan nonpermen (termasuk Combos), nasi instan Uncle Ben's, dan merek saus pasta dari Eropa (Dolmio). Di antara makanan hewan produksi Mars terdapat merek-merek seperti Whiskas, Chappy dan Pedigree. Mars makin memperkuat bidang produksi makanan hewan peliharaan setelah mengambil alih Petcare Company pada bulan Juni 2006.

Tanggal 28 April 2008, Mars, Incorporated bersama Berkshire Hathaway Incorporated mengumumkan pengambilalihan saham perusahaan pembuat permen karet terbesar di dunia, Wm. Wrigley Jr. Company. Persetujuan bernilai AS$23 miliar ini semuanya dibayar dengan uang tunai. Total penjualan Mars dan Wrigley diharapkan bisa mencapai lebih dari AS$27 miliar sehingga bisa mengambil alih kedudukan Cadbury Schweppes sebagai perusahaan gula-gula terbesar di dunia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mars didirikan tahun 1911 di Tacoma, Washington oleh Frank Clarence Mars dan istrinya, Ethel. Keduanya memproduksi dan menjual permen. Pada tahun 1920, Frank Mars mendapat inspirasi dari susu kocok rasa malt yang sedang populer saat itu.[2] Hasilnya adalah cokelat Milky Way yang pertama kali dibuat tahun 1923.[3]

Mars hingga kini tetap bertahan sebagai bisnis keluarga yang semua sahamnya dimiliki keluarga Mars. Perusahaan ini dikenal penuh kerahasiaan. Pada tahun 1992, seorang penulis dari The Washington Post mendapat akses terbatas untuk mengetahui seluk-beluk perusahaan. Artikelnya berisi berbagai kejadian memalukan dan peristiwa penting yang terlupakan dalam sejarah perusahaan. Pada tahun 1999 misalnya, pihak perusahaan menolak untuk mengkonfirmasi soal kematian Forrest Mars, Sr. dan riwayat kariernya di perusahaan Mars.[4]

Walaupun dipenuhi kerahasiaan, Mars Incorporated dikenal sebagai ajang latihan yang prima bagi manajer. Sejumlah CEO perusahaan besar di Inggris misalnya, mendalami manajemen sewaktu menjalani pendidikan di Mars.[5]

Sekarang Mars dijalankan oleh keluarga Mars generasi ke-4. Walaupun seluruh saham masih dimiliki keluarga Mars, kepemimpinan sudah berada di tangan manajer yang bukan keluarga. CEO global Mars, Inc. bernama Paul Michaels yang bukan berasal dari pihak keluarga. Michaels berasal dari kelompok manajer yang berasal dari pihak luar yang mengambil alih kepemimpinan setelah John dan Forrest Mars, Jr. pensiun. Walaupun demikian, bisnis masih sepenuhnya dikendalikan para anggota dewan direktur yang berasal dari keluarga.

Di Amerika Serikat, Mars memiliki pabrik di 14 lokasi yang tersebar di 11 negara bagian: Hackettstown, New Jersey, Albany, Georgia, Burr Ridge, Chicago, Mattoon, Illinois, Cleveland, Tennessee, Columbia, South Carolina, Columbus, Ohio, Elizabethtown, Pennsylvania, Greenville, Mississippi, Greenville, Waco, Texas, Henderson, Reno, Nevada, dan Vernon, California.

Produk[sunting | sunting sumber]

Merek gula-gula yang sudah tidak diproduksi:

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]