Marmot tanah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Marmut tanah)
Marmot tanah
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
M. monax
Nama binomial
Marmota monax
Subspesies
  • M. m. monax Linnaeus, 1758
  • M. m. canadensis Erxleben, 1777
  • M. m. ignava Bangs, 1899
  • M. m. rufescens A. H. Howell, 1914
Peta persebaran
Sinonim

Mus monax Linnaeus, 1758
Arctomys monax (Linnaeus, 1758)

Marmot tanah (Marmota monax) ialah sejenis marmot yang banyak ditemukan di Amerika Utara. Dalam bahasa Inggris hewan ini disebut sebagai groundhog (harfiah, babi tanah). Istilah lain dalam bahasa Inggris adalah Woodchuck. Hewan ini hidup di dataran rendah.

Hewan ini tersebar di Amerika Serikat, terutama di Maine, Wisconsin, dan di Mississippi hingga Alabama di selatan. Hewan ini juga ada di Kanada, terutama di Nova Scotia di pesisir Samudra Atlantik, hingga ke Alaska.

Marmut tanah amerika biasa diperingati dalam Hari Marmot Tanah (groundhog day) yang jatuh pada tanggal 2 Februari, begitu pun film yang namanya sama, Groundhog Day. Marmot tanah, sebagai hewan dataran rendah, merupakan hewan yang luar biasa di antara marmot. Marmot lainnya, seperti marmot perut kuning, hidup di daerah berbatu dan pegunungan. Marmot tanah memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tanah di hutan dan dataran . Marmot tanah dianggap sebagai insinyur habitat yang penting . Marmot dianggap sebagai spesies marmut yang paling soliter. Mereka hidup berkelompok, dan organisasi sosial mereka juga bervariasi antar populasi . Marmot tanah tidak membentuk ikatan pasangan yang stabil dan berjangka panjang, dan selama musim kawin , interaksi jantan-betina terbatas pada persetubuhan . Di Ohio , jantan dan betina marmot tanah dewasa bergaul satu sama lain sepanjang tahun dan sering kali dari tahun ke tahun. Marmot tanah adalah hewan yang sangat cerdas , membentuk jaringan sosial yang kompleks , mampu memahami perilaku sosial , menjalin hubungan kekerabatan dengan anak-anaknya, memahami dan mengomunikasikan ancaman melalui siulan , dan bekerja sama untuk menyelesaikan tugas seperti menggali .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Marmot sejauh ini merupakan sciurid (keluarga bajing) terbesar di wilayah geografisnya, kecuali British Columbia yang wilayah jelajahnya mungkin berbatasan dengan sepupunya yang lebih besar, marmut tua . Marmot tanah dewasa mungkin berukuran 41,8 hingga 68,5 cm ( 16+7 / 16 hingga 26+15 ⁄ 16 in) panjang totalnya, termasuk ekor9,5 hingga 18,7 cm ( 3+3 ⁄ 4 sampai 7+3 ⁄ 8 inci). [16] [19] [20] Berat babi tanah dewasa biasanya berkisar antara 2 dan 6,3 kg (4 lb 7 oz dan 13 lb 14 oz).

Marmot tanah jantan rata-rata sedikit lebih besar daripada betina dan, seperti semua marmut, mereka jauh lebih berat selama musim gugur (saat melakukan hiperfagia musim gugur ) dibandingkan saat keluar dari hibernasi di musim semi. Laki-laki dewasa memiliki berat rata-rata sepanjang tahun 3,83 kg (8 lb 7 oz), dengan berat rata-rata musim semi hingga musim gugur 3,1 hingga 5,07 kg (6 lb 13 oz hingga 11 lb 3 oz) sedangkan betina rata-rata 3,53 kg (7 lb 13 oz), dengan rata-rata musim semi hingga musim gugur 3,08 hingga 4,8 kg (6 lb 13 oz hingga 10 lb 9 oz). [16] [23] Perubahan berat musiman menunjukkan pengendapan dan penggunaan lemak setiap tahunnya. Marmot tanah mencapai bobot yang semakin tinggi setiap tahun selama dua atau tiga tahun pertama, setelah itu bobotnya stabil.

Marmot tanah memiliki empat gigi seri, yang tumbuh 1,5 milimeter ( 1 ⁄ 16 in) per minggu. Penggunaan yang terus-menerus akan melemahkannya lagi sebanyak itu setiap minggunya. Berbeda dengan gigi seri banyak hewan pengerat lainnya, gigi seri babi tanah berwarna putih hingga putih gading. Marmot tanah beradaptasi dengan baik untuk menggali, dengan kaki yang kuat dan pendek serta cakar yang lebar dan panjang. Ekor marmot tanah lebih pendek dibandingkan sciurids lainnya—hanya sekitar seperempat panjang tubuhnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Cassola, F. (2016). "Marmota monax": e.T42458A115189992. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T42458A22257685.en.