Markgräfliches Opernhaus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Markgräfliches Opernhaus (secara harfiah berarti "Gedung Opera Markgraf") adalah sebuah gedung pertunjukan opera yang terletak di Kota Bayreuth, Negara Bagian Bayern, Jerman. Tepatnya, gedung opera ini berada di Jalan Opern (bahasa Jerman: Opernstraße) Nomor 14. Terletak di pusat Kota Bayreuth, gedung opera ini berjarak 10[1] menit berjalan kaki dari Stasiun Kereta Api Pusat Bayreuth (bahasa Inggris: Bayreuth Central Station; bahasa Jerman: Hauptbahnhof Bayreuth). Disebabkan oleh letak yang strategis dan memiliki arsitektur bangunan yang unik, gedung opera ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kota Bayreuth.[2]

Gedung Opera Margravial dibangun pada abad ke-18 Masehi atas keinginan dari Margravine Wilhelmina, istri Frederick Margrave of Brandenburg-Bayreuth. Frederick Margrave of Brandenbburg-Bayreuth adalah seorang bangsawan darah biru dari dinasti keluarga Hohenzollern yang menguasai daerah Brandenburg-Prussia dari tahun 1451 M-1918 M.[3]Interior gedung ini dirancang oleh arsitek bernama Giuseppe Galli Bibiena[4] dan anaknya yang bernama Carlo[5]. Sedangkan, untuk bagian fasad dan eksterior bangunan dirancang oleh Joseph Saint-Pierre.[5]Gluseppe merancang desain bergaya baroque yang sangat megah untuk bagian dalam ruangan pertunjukan. Ornamen dalam ruangan tersebut begitu raya dan otentik, berbeda dengan desain bangunan lain di Kota Bayreuth yang pada waktu itu masih didominasi oleh gaya arsitektur rococo khas Bayreuth. Berbeda dengan Giuseppe, Joseph merancang fasad gedung opera dengan gaya neo-klasik (bahasa Inggris: neoclassical façade) yang merepresentasikan kuil-kuil kuno ditandai dengan pilar-pilar jenis korintian (bahasa Inggris: corinthian) di bagian pintu masuk .[4]

Pintu masuk utama opera house ini berada di sisi barat.Gedung ini menghadap ke ruang terbuka yang berfungsi untuk menciptakan titik vokal urban terhadap bangunan-bangunan lain yang berada di sekitar gedung opera. Dengan luas bangunan 0.19 hektar, gedung ini memiliki panjang 71.5 meter, lebar 26.2 meter, dan tinggi 26.2 meter. Ruangan pertunjukan (auditorium) di dalam gedung ini berbentuk menyerupai lonceng (bahasa Inggris: bell-shaped auditorium) dengan jarak antara bibir panggung dengan kursi penonton paling belakang tidak begitu jauh yaitu 22 meter. Pada bagian samping kanan dan kiri terdapat Court Loge (Box) tiga lantai merupakan area pribadi bagi penonton yang kaya raya seperti keluarga bangsawan. Ruangan auditorium ini dapat menampung 500 penonton dalam sekali pertunjukan.[4]

Pada tahun 2012, organisasi UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) menetapkan Gedung Opera Margravial sebagai Situs Warisan Dunia Ref.1379.[6] Proses penetapan dilakukan dalam acara tahunan Komisi Warisan Dunia (bahasa Inggris: World Heritage Committee) sesi ke-36 di Kota Saint Petersburg, Rusia. Selain Gedung Opera Margravial, tambahan informasi dalam acara yang sama UNESCO juga menetapkan Situs Warisan Dunia Lanskap Budaya Propinsi Bali: Sistem Pertanian Subak sebagai manifestasi filosofi Tri Hita Karana.[7]

Perkembangan Gedung pada Abad 20-21[sunting | sunting sumber]

1935[sunting | sunting sumber]

Departemen Istana Bavaria (bahasa Inggris: the Bavarian Departement of Palace) melaksanakan program untuk mengembalikan gedung ke kondisi seperti pada abad ke-18 Masehi. Meskipun demikian, mereka menginstalasi sistem pemanas elekrik untuk mengakomodasi kebutuhan pertunjukan pada zaman modern. Sistem pemanas tersebut menyebabkan hiasan dekorasi menjadi rusak. Beberapa peralatan panggung yang berasal dari abad ke-18 M digantikan dengan peralatan modern. Selain itu, pada tahun yang sama kemungkinan lantai asli yang terbuat dari kayu diganti dengan lantai parket baru.

1970-an[sunting | sunting sumber]

Pemasangan sistem pendingin ruangan (bahasa inggris: air conditioning system) menggantikan sistem pemanas elektrik. Bagian fasad gedung dibersihkan, struktur tangga menuju Court Loge diperkuat dengan tetap mempertahankan bentuk asli sesuai dengan prinsip konservasi. Pada tahun 1977, dilaksanakan proses restorasi lukisan dekoratif di dinding-dinding auditorium dan ruangan lainnya.

2017[sunting | sunting sumber]

Gedung Opera Margravial ditutup untuk publik sampai bulan April 2018 karena Departemen Istana Bavaria sedang melaksanakan restorasi secara komprehensif.[8]Usaha restorasi ini merupakan kegiatan lima tahunan Departemen yang dimulai sejak tahun 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Information for visitors". Bayerische Verwaltung der staatlichen Schlosser, Garten, und Seen. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  2. ^ "Makgrafliches Opera House". Tripadvisor. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  3. ^ "Hohenzollern Dynasty". Encyclopedia Britannica. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  4. ^ a b c "Margravial Opera House Bayreuth (Germany)" (PDF). Diakses tanggal 5 November 2017. 
  5. ^ a b "Margravial Opera House". Bayerische Verwaltung der staatlichen Schlosser, Garten, und Seen. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  6. ^ "Margravial Opera House Bayreuth". UNESCO. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  7. ^ "Twenty-six new sites inscribed on UNESCO World Heritage List this year". UNESCO. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  8. ^ "Margravial Opera House". Bayerische Verwaltung der staatlichen Schlosser, Garten und Seen. Diakses tanggal 5 November 2017.