Marjinalia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bagian dari Wahrheit und Dichtung karya Melchior Kirchhofer, memiliki catatan pensil yang mungkin ditulis oleh Josef Eiselein.
Glosas Emilianenses adalah glosses yang ditambahkan pada kodeks Latin. Dianggap frasa tertua yang terlestarikan dalam bahasa Kastilia.
Halaman berhiasan pada naskah Armenia dengan marjinalia yang dicat

Marjinalia (marginalia atau apostils) adalah tanda-tanda yang dibuat pada marjin sebuah buku atau dokumen lainnya. Tanda-tanda ini mungkin berupa coretan, komentar, glosses (anotasi), kritik, corat-coret, atau iluminasi/hiasan.

Naskah Alkitab[sunting | sunting sumber]

Naskah-naskah Alkitab memiliki catatan liturgi pada bagian marjin, untuk penggunaan liturgis.Nomor-nomor pembagian teks ditulis pada marjin (κεφάλαια, Pembagian Ammon, Eusebian Kanon). Ada beberapa scholia, koreksi dan catatan lain yang biasanya dibuat oleh juru tulis terkemudian pada marjin. Marjinalia juga dapat menjadi relevan karena banyak penulis marginalia kuno atau dari abad pertengahan ini yang mungkin memiliki akses ke teks-teks lain yang relevan, meskipun mungkin telah disalin secara luas pada saat itu, sejak itu telah hilang karena perang, penganiayaan, atau sensor. Dengan demikian, catatan itu bisa memberikan petunjuk mengenai konteks yang lebih awal, lebih dikenal secara luas dari bentuk yang mendasari teks yang ada saat ini. Untuk alasan ini, para sarjana teks kuno biasanya mencoba untuk menemukan banyak naskah teks-teks dari masih ada untuk diteliti, karena catatan yang tertulis di marjin mungkin berisi tambahan petunjuk untuk interpretasi dari teks-teks tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Scholia pada naskah-naskah klasik merupakan bentuk marjinalia paling awal. Teorema terakhir Fermat adalah catatan marjin atau catatan pinggir matematika yang paling terkenal.[1] Penggunaan kata marginalia (marjinalia) pertama tercatat pada tahun 1819 di Majalah Blackwood.[2] Dari tahun 1845 hingga 1849 Edgar Allan Poe memberi judul beberapa refleksi dan bahan fragmentari dengan nama "Marginalia."[3][4] Lima volume marjinalia Samuel T. Coleridge telah diterbitkan. Beberapa marjinalia yang terkenal berupa karya serius, atau draft karya itu, ditulis di marjin karena kelangkaan kertas. Voltaire menyusun tulisan pada marjin buku selama di penjara, dan Sir Walter Raleigh menulis suatu pernyataan pribadi pada margin sebelum dieksekusi. Pada awal tahun 1990-an, upaya telah dilakukan untuk merancang dan memasarkan perangkat e-book yang memungkinkan penampilan bentuk terbatas dari marjinalia.

Studi terbaru dari marjinalia[sunting | sunting sumber]

Marjinalia dapat menambah atau mengurangi nilai dari sebuah asosiasi copy dari buku, tergantung pada penulis marjinalia dan pada buku itu sendiri.

Catherine C. Marshall melakukan penelitian desain antarmuka pengguna masa depan dan telah mempelajari fenomena anotasi pengguna pada suatu teks. Dia menemukan bahwa di beberapa jurusan universitas, para mahasiswa akan menjelajahi tumpukan buku-buku pelajaran pada dealer buku bekas untuk salinan anotasi yang konsisten. Para mahasiswa sangat menghargai distilasi pengetahuan para pendahulu mereka.[5][6][7] Dalam beberapa tahun terakhir, marjinalia ditinggalkan oleh mahasiswa karena mereka terlibat dengan buku-buku pelajaran di perpustakaan yang juga telah menjadi topik yang menarik untuk sosiolog guna mencari pemahaman pengalaman hidup seseorang yang menjadi seorang mahasiswa.[8][9]

Penyair Amerika, Billy Collins telah mengeksplorasi fenomena anotasi dalam puisinya yang berjudul 'Marginalia'.[10]

Penulis yang dikenal karena marjinalia mereka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Singh, Simon (1997). Fermat's Enigma: The Epic Quest to Solve the World's Greatest Mathematical Problem. Fourth Estate Ltd. ISBN 0-385-49362-2. 
  2. ^ "marginalia". Oxford English Dictionary. Oxford University Press. 2nd ed. 1989.
  3. ^ "Edgar Allan Poe Society of Baltimore - Works - Misc - Marginalia". Diakses tanggal 2009-11-22. 
  4. ^ Poe, Edgar Allan. "Marginalia", The Democratic Review, July, 1846, Vol. XIX, No. 97, Thomas Prentice Kettell, New York, page, 30.
  5. ^ "Seeing the picture - Crowdsourcing annotations for books (and eBooks)". Blog. University of Iowa Libraries. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  6. ^ Cathy Marshall. "From Personal to Shared Annotations" (PDF). Texas A&M University. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  7. ^ "Social Annotations in Digital Library Collections". D-Lib Magazine. 1998-03-24. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  8. ^ Attenborough, F. (2011) 'I don't f***ing care': marginalia and the (textual) negotiation of an academic identity by university students, Discourse & Communication, 5(2): 99-121
  9. ^ Attenborough, F., Stokoe, E. (2012) Student life; student identity; student experience: ethnomethodological methods for pedagogical matters, Psychology, Learning & Teaching, 11(1): 6-21.
  10. ^ https://www.poetryfoundation.org/poetrymagazine/browse?volume=167&issue=5&page=5
  11. ^ Jackson, H. J. "John Adams's Marginalia, Then and Now" (PDF). 
  12. ^ "A Book I Value: Selected Marginalia — Samuel Taylor Coleridge". Princeton University. 2011-06-29. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  13. ^ "Reading Markson Reading". tumblr.com. 2010-07-26. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  14. ^ "Melville Marginalia Online". MelvillesMarginalia.org. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  15. ^ Park Bucker (2003-12-11). "Princess Daisy: A Description of Sylvia Plath's Copy of The Great Gatsby". University of South Carolina. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  16. ^ The Mark Twain House and Museum (2010-01-08). "Mark Twain's Marginalia". blogspot.com. Diakses tanggal 2011-07-03. 
  17. ^ "Harry Ransom Center". University of Texas. Diakses tanggal 2011-07-03. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Alston, R. C. buku-Buku dengan Naskah: judul singkat katalog Buku dengan Catatan di Perpustakaan Inggris. London: British Library, 1994.
  • Coleridge, S. T. Marginalia, Ed. George Walley dan H. J. Jackson. Kumpulan karya Samuel Taylor Coleridge 12. Bolligen Seri 75. 5 jilid. Princeton University Press, 1980-.
  • Jackson, H. J. Marginalia: Pembaca menulis di Buku, New Haven: Yale University Press, 2001. ISBN 0-300-08816-7 N. B: salah satu buku pertama tentang hal ini

Pranala luar[sunting | sunting sumber]