Marienplatz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marianplatz (Indonesia: Lapangan Maria) adalah alun-alun yang terletak di pusat kota München. Alun-alun ini sudah ada sejak tahun 1158.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pada Abad Pertengahan pasar dan turnamen diadakan di alun-alun kota ini. Marienplatz sebelumnya bernama Mariensaule. Marian monument yang berada ditengah-tengah alun-alun didirikan pada tahun 1638 untuk merayakan akhir dari pendudukan Swedia. Saat ini Marienplatz didominasi oleh gedung Balai Kota Baru (Neues Rathaus) berada di sebelah utara. Glockenspiel merupakan turnamen yang diadakan di menara balai kota baru sangat menarik perhatian jutaan wisatawan setiap tahunnya. Adapun di sebelah timur terdapat Balai Kota Lama Munich (Altes Rathaus). Di dalam gedung ini terdapat aula gothic, ballroom dan menara, yang telah direkonstruksi.

Zona pejalan kaki antara Karlsplatz dan Marienplatz adalah daerah yang ramai dengan berbagai toko dan restoran. Stasiun sentral Marienplatz S-Bahn dan U-Bahn yang terletak di bawah alun-alun merupakan sarana transportasi yang sangat penting di daerah ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]