Marie-Charles David de Mayréna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Marie I
King of Sedang
Sedang-marie-01.jpg
Raja Sedang
Berkuasa3 Juni 1888 - 11 November 1890
PenerusJules Georges Piquet
sebagai Gubernur-Jenderal Indochina Prancis
Lahir(1842-01-31)31 Januari 1842
Toulon, Prancis
Wafat11 November 1890(1890-11-11) (umur 48)
Pulau Tioman, Malaya Britania

Marie-Charles David de Mayréna (juga dikenal sebagai Charles-Marie David de Mayréna dan Marie I, Raja Sedang; lahir di Toulon, Prancis, 31 Januari 1842 – meninggal di Pulau Tioman, Malaya Britania, 11 November 1890 pada umur 48 tahun) adalah seorang petualang eksentrik asal Prancis yang mendeklarasikan diri menjadi raja Sedang di utara Dataran Tinggi Tengah di wilayah yang sekarang menjadi bagian dari selatan Vietnam.

De Mayréna lahir Toulon. Ia pergi dari Paris ke Jawa pada Juni 1883. Pada tahun berikutnya, ia diusir dari Hindia Belanda. Ia kembali ke Paris dan ikut kapal persenjataan menuju Aceh. Saat kembali ke Hindia Belanda, ia berhenti di Vietnam dan memulai sebuah penanaman. Pada 1888, Raja Siam mulai mengklaim barat teritori Prancis. Gubernur-Jenderal Indochina Prancis menyepakati proporsal dari Mayréna untuk memimpin ekspedisi menuju wilayah pedalaman dalam rangka menegosiasikan perjanjian dengan suku lokal.

Namun saat sampai, ia membujuk beberapa kepala suku untuk membentuk Kerajaan Sedang dengan dirinya sendiri sebagai raja. Mayréna, para pendukungnya dan beberapa anggota suku mengklaim bahwa suku-suku tersebut bukanlah vassal dari kaisar Annam (Vietnam) dan sehingga dapat membentuk kerajaan mereka sendiri. Kerajaan Sedang didirikan saat Mayréna dipilih menjadi Raja oleh para kepala suku Bahnar, Rengao, dan Sedang di desa Kon Gung pada 3 Juni 1888. Ia kemudian memegang sebutan dan gelar Marie Pertama, Raja Sedang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]