Maria Komnena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Maria Komnene (atau Komnena) (bahasa Yunani: Μαρία Κομνηνή, Maria Komnēnē; Konstantinopel Maret 1152 – Juli 1182) merupakan putri sulung Kaisar Manouel I Komnenos dan istri pertamanya, Bertha dari Sulzbach. Ia dikenal sebagai Porphyrogennete (Πορφυρογέννητη) atau Porphyrogenita karena ia "dilahirkan di Kamar Ungu", yaitu yang lahir di Istana Konstantinopel oleh permaisuri dari Kaisar yang memerintah.

Maria diduga lahir pada bulan Maret 1152. Pada tahun 1163 ia bertunangan dengan calon Raja Béla III dari Hongaria; Manouel, tidak lagi mengharapkan untuk menjadi ayahanda seorang anak yang sah, pada saat itu siap untuk menunjuk Béla (yang telah diberi gelar istana yang baru despot dan telah berganti nama menjadi "Alexius") sebagai penggantinya. Keterlibatan ini dipecahkan pada tahun 1169, segera setelah putra Manouel Alexius lahir. Maria kemudian bertunangan dengan Raja Gugghiermu II dari Sisilia, namun perjodohan ini juga diputuskan oleh ayahandanya. Akhirnya, pada tahun 1179, Maria menikah dengan Ranieri dari Montferrat, yang berganti nama menjadi "Ioannes" dan diberi gelar Caesar.

Setelah kematian Kaisar Manouel pada tahun 1180, Maria dan Ranieri terlibat dalam intrik melawan bunda tiri Maria, Permaisuri Maria, yang memerintah sebagai pemangku takhta untuk putranya, sekarang Kaisar Alexius II. Sebuah kerusuhan meletus melawan permaisuri, didorong oleh Maria dan Ranieri, namun usaha mereka untuk merebut kekuasaan gagal. Keduanya meninggal tak lama setelah itu, rupanya karena racun, segera setelah perampasan di daerah oleh Andronikos I Komnenos, sepupu pertama Manouel dari pihak ayahandanya.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Choniates, Niketas, Historia, ed. J.-L. Van Dieten, 2 vols., Berlin and New York, 1975; trans. as O City of Byzantium, Annals of Niketas Choniates, by H.J. Magoulias, Detroit; Wayne State University Press, 1984.
  • Garland, Lynda, & Stone, Andrew, "Maria Porphyrogenita, daughter of Manuel I Comnenus" De Imperatoribus Romanis (external link)