Margit dari Hongaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Santa Margit dari Hongaria
Arpadhazi szent margit.jpg
Suster dan Perawan
Lahir 27 Januari 1242
Benteng Klis, Klis,
Kerajaan Kroasia
Wafat 18 Januari 1271(1271-01-18) (umur 28)
Nyulak Szigete
Kerajaan Hongaria
Dihormati di Gereja Katolik Roma
(Ordo Dominikan)
Dibeatifikasi 28 Juli 1789 oleh Paus Pius VI
Dikanonisasi 19 November 1943 oleh Paus Pius XII
Pesta 18 Januari
Atribut Setangkai bunga lili dan sebuah buku

Santa Margit, (27 Januari 1242 – 18 Januari 1271) merupakan suster Dominikan dan putri Raja Béla IV dari Hongaria dan Maria Laskarina. Ia adalah adinda Santa Kinga dari Polandia (Kunegunda) dan Yang dibeatifikasi Jolenta Helena dan, melalui ayahandanya, keponakan Santa Erzsébet dari Hongaria yang terkenal.

Pemujaan[sunting | sunting sumber]

Ia dimuliakan sebagai santa segera setelah kematiannya, misalnya sebuah gereja yang dipersembahkan untuknya di Bocfolde, Zala, muncul di dalam dokumen tertanggal 1426. Langkah-langkah diambil untuk mengkanonisasikannya tak lama setelah kematiannya, atas permintaan saudaranya, Raja István V. Penyidikan yang diperlukan dilakukan di antara tahun 1271 dan 1276, namun proses kanonisasi tidak berhasil, walaupun 74 mukjizat terjadi yang dianggap berasal dari perantaraannya, kebanyakan dari mereka merujuk pada penyembuhan penyakit, bahkan seseorang yang hidup kembali dari kematian. Di antara mereka yang memberikan kesaksian adalah 27 orang yang mengalami mukjizat itu. Upaya yang gagal untuk mengkanonisasikannya juga dilakukan pada tahun 1640 dan 1770. Ia akhirnya dikanonisasi oleh Paus Pius XII pada tanggal 19 November 1943, pada saat hari perayaan bibinya, Santa Erzsébet dari Hongaria.

Hari perayaannya diadakan oleh Ordo Dominikan. Dibesarkan oleh Paus Pius VII ke sebuah festum duplex, adalah hari kematiannya pada tanggal 18 Januari.

Biaranya merupakan salah satu biara yang ditindas pada tahun 1782, bagian dari penindasan semua ordo monastik oleh Kaisar Joseph II. Saat itu, jenazahnya diberikan kepada Ordo Santa Klara yang disimpan di Pozsony (sekarang Bratislava) dan Buda. Relikui tersebut sebagian hancur pada tahun 1789 namun beberapa bagian dilestarikan dan sekarang disimpan di Esztergom, Győr, dan Pannonhalma.

Di dalam seni Margit biasanya digambarkan di dalam Pakaian religius suster Dominikan, memegang setangkai bunga lili putih dan sebuah buku.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Attwater, Donald and Catherine Rachel John. The Penguin Dictionary of Saints. 3rd edition. New York: Penguin Books, 1993. ISBN 0-14-051312-4.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]