Margaret Todd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dr. Margaret Todd

Margaret Todd (1859 – 1918) adalah seorang penulis dan dokter Skotlandia yang pada tahun 1913 mengusulkan istilah isotop kepada kimiawan Frederick Soddy.

Kehidupan dan karya[sunting | sunting sumber]

Margaret Todd adalah seorang guru dari Glasgow. Pada tahun 1886, ia menjadi salah seorang siswa pertama di Sekolah Kedokteran Edinburgh Untuk Wanita, setelah mendengar bahwa Sekolah Tinggi Kerajaan Kedokteran Dan Ahli Bedah Skotlandia telah membuka ujian penerimaan mereka untuk perempuan. Ia membutuhkan delapan tahun untuk menyelesaikan program empat tahunnya, karena dengan menggunakan nama samaran Graham Travers selama masa kuliah dan menulis sebuah novel, berjudul Mona Maclean, Medical Student. Oleh majalah Punch, novel ini disebut sebagai "sebuah novel dengan tujuan - tidak direkomendasian untuk sebuah novel, lebih-lebih karena tujuan yang ditetapkan adalah bahwa untuk menunjukkan tidak tergantikannya keberadaan dokter-dokter perempuan."

  1. ALIH Templat:Butuh rujukan Setelah lulus pada tahun 1894, ia melanjutkan pendidikan MD di Brussels dan diangkat sebagai Pegawai Asisten Medis di Rumah Sakit Dan Klinik Edinburgh Untuk Wanita Dan Anak, tapi berhenti bekerja setelah lima tahun.

Buku pertamanya diterima dengan sangat baik dan dicetak untuk edisi-edisi selanjutnya. Ia kemudian menerbitkan Fellow Travellers dan The Kirsty O 'Mill Toun pada tahun 1896, diikuti oleh Windyhaugh tahun 1898, dengan selalu menggunakan nama samaran laki-lakinya, meskipun tahun 1896 para peresensi buku telah memanggilnya "Miss Travers" dan bahkan ketika tahun 1913 penerbitnya telah menambahkan "Margaret Todd MD" dalam tanda kurung setelah nama samarannya. Selain enam novel, ia juga menulis cerita pendek untuk majalah. Novel-novelnya saat ini masih tersedia, meskipun dengan harga yang tinggi.

Meskipun berbeda usia sebanyak sembilan belas tahun, Dr Todd adalah pasangan romantis Dr Sophia Jex-Blake, pendiri universitas dan tempat kerja Dr Todd. Setelah Dr Jex-Blake pensiun pada tahun 1899, mereka pindah ke Windydene, Mark Cross, di mana Dr Todd menulis The Way of Escape pada tahun 1902 dan Growth pada tahun 1906. Setelah Dr Jex-Blake meninggal, ia menulis di bawah namanya sendiri, The Life of Dr Sophia Jex-Blake, buku digambarkan sebagai "hampir-hampir terlalu mendetil untuk para pembaca umum". Margaret Todd meninggal pada usia lima puluh delapan tahun, hanya tiga bulan setelah buku ini diterbitkan pada 1918. Menurut satu sumber, ia bunuh diri; namun obituarinya pada majalah Times menyebutkan bahwa ia meninggal di sebuah panti perawatan di London. Setelah kematiannya, sebuah beasiswa diciptakan atas namanya di LSMW.

  1. ALIH Templat:Butuh rujukan

Pada tahun 1913, ia menyarankan kata "isotop" kepada saudara jauhnya Frederick Soddy. Istilah tersebut berasal dari bahasa Yunani, yang berarti "di tempat yang sama". Itu adalah nama yang sangat sesuai dan dengan menggunakannya Freddrick Soddy di kemudian hari memenangkan Hadiah Nobel Kimia pada tahun 1921.

Karya tulis (seleksi)[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Nagel, Miriam C. (1982). "Frederick Soddy: From Alchemy to Isotopes". Journal of Chemical Education 59: 739 – 740. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]