Ujung (marga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Marga Ujung)
Ujung
Sekretariat Lembaga Adat Sulang Silima Marga Ujung Kalang Jehe di Kalang Ujung, Sidikalang
Aksara Batakᯥᯐᯮᯰ
Nama margaUjung
Silsilah
Nama lengkap
tokoh
Raja Ujung
Kekerabatan
Induk margaRaja Naga Jambe
Persatuan
marga
Sipitu Marga
(bersama Angkat, Bintang, Capah, Gajah Manik, Kudadiri, dan Sinamo)
Mata ni Ari
Binsar
berru Saraan
Asal
SukuBatak
EtnisBatak Pakpak
(Suak Keppas)
Daerah asalSidikalang

Ujung (Surat Batak: ᯥᯐᯮᯰ ) adalah salah satu marga Batak Pakpak yang awalnya berasal dari Kuta Sicikecike. Karena perkampungan di Kuta Sicikecike berubah menjadi danau, maka marga Ujung bersama dengan marga Angkat dan marga Bintang berpindah sampai ke wilayah baru, yang sekarang merupakan persimpangan jalan antara Pasar Lama dengan Kalang Simbara di Sidikalang.

Dari tempat itu, marga Ujung bergerak lagi membuka perkampungannya sendiri dan menamainya Kalang Batang Beruh, Kalang Jehe, dan Kalang Simbara. Marga Angkat bergerak lagi membuka perkampungannya sendiri dan menamainya Kuta Sidiangkat. Marga Bintang bergerak lagi membuka perkampungannya sendiri dan menamainya Kuta Bintang.

Ketiga marga inilah yang pertama sekali membuka perkampungan di wilayah yang sekarang bernama Sidikalang. Sehingga dahulu, negeri tempat ketiga marga ini bermukim dinamai Sitellu Nempu. Dalam masyarakat Pakpak, Sitellu Nempu termasuk ke dalam wilayah Suak Keppas.

Sebagian keturunan marga Ujung mangakui bahwa marga Ujung dan keenam marga Sipitu Marga lainnya merupakan keturunan dari marga Naibaho melalui anak kedua Raja Naibaho yang bernama Tolpak Lading, namun hal ini masih merupakan polemik baik di internal marga Ujung maupun Sipitu Marga. Bagi marga Ujung yang mendukung pengakuan tersebut lazim turut andil dalam paguyuban marga Naibaho, seperti salah satu tokoh marga Ujung yaitu Bachtiar Ravenala Ujung yang terpilih sebagai ketua umum PPRNB (Punguan Pomparan Raja Naibaho dan Boru), yaitu Payuguban marga Naibaho untuk periode 2018-2023[1]. Delphi Masdiana Ujung juga terlibat dalam paguyuban tersebut dengan jabatan sebagai Dewan Pakar[2].

Turunan[sunting | sunting sumber]

Marga Ujung terbagi atas lima kelompok. Adapun kelima kelompok tersebut, yaitu:

  • Ujung Batang Beruh
  • Ujung Kalang Jehe
  • Ujung Kalang Simbara
  • Ujung Kuta Tengah (Ujungsaribu)
  • Ujung Rimobunga

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Beberapa tokoh yang bermarga Ujung, di antaranya adalah

Referensi[sunting | sunting sumber]