Maraton Kota New York

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maraton Kota New York
The ING New York City Marathon Logo
TanggalNovember
LetakNew York City
Jenis acaraJalanan
JarakMaraton
Dibentuk1970
Situs resmiwww.nycmarathon.org
Ribuan pelari di Jembatan Verrazano-Narrows.

New York City Marathon (ING New York City Marathon untuk keperluan sponsor) adalah sebuah maraton besar tahunan sejauh (42.195 km (26.219 mi)*) yang melintasi lima borough New York City. NYC Marathon adalah salah satu maraton terbesar di dunia dengan 45.103 peserta mencapai garis akhir pada tahun 2010.[1] Bersama Boston Marathon dan Chicago Marathon, maraton ini merupakan di antara acara lari jarak jauh tahunan utama di Amerika Serikat dan bagian dari World Marathon Majors.

Lomba ini diadakan oleh New York Road Runners (NYRR) dan diselenggarakan setiap tahun sejak 1970. Maraton selanjutnya akan diadakan pada 6 November 2011.[2] Dalam beberapa tahun terakhir, maraton ini disponsori oleh grup finansial ING. Maraton ini diadakan pada Minggu pertama November dan menarik peserta profesional dan amatir dari seluruh dunia. Karena popularitas lomba ini, partisipan dipilih melalui sistem lotere. Pelari yang merupakan anggota NYRR dapat mendaftar kembali dengan memenuhi persyaratan masuk atau melalui nominasi dari klub lari resmi. Klub lari yang diakui secara resmi diberikan dua slot untuk peserta yang tidak lewat lotere.[butuh rujukan]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ING New York City Marathon 2010, Finisher Demographics, November 7, 2010". New York Road Runners. Diakses tanggal 2011-04-17. 
  2. ^ [1] Entry Instructions for 2010, retrieved November 2, 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]