Manunggal Jaya, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Manunggal Jaya
Kantor kepala desa Manunggal Jaya
Kantor desa Manunggal Jaya
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Timur
KabupatenKutai Kartanegara
KecamatanTenggarong Seberang
Kode pos
75572
Kode Kemendagri64.02.16.2001 Edit nilai pada Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Manunggal Jaya adalah salah satu desa di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Dari cerita-cerita lisan itu diyakini bahwa Desa Manunggal Jaya termasuk salah satu desa yang keberadaanya sudah cukup tua. Desa Manunggal Jaya diperkirakan sudah ada sejak tahun1980.

Desa yang maju serta penduduk yang makmur merupakan cita-cita masyarakat secara umum. Dalam mewujudkan hal tersebut, maka perlu diketahui potensi-potensi desa yang dapat digali serta dikembangkan. Perkembangan kependudukan merupakan salah satu contoh potensi desa yang berkaitan erat dengan perubahan keadaan penduduk baik kuantitas maupun kualitas. Dengan mengetahui keadaan kuantitas maupun kualitas penduduk, maka akan lebih mudah dalam menentukan langkah menuju keberhasilan membangun masyarakat yang lebih maju. Masyarakat yang maju diharapkan dapat mendukung terwujudnya kesejahteraan bersama. Perkembangan kependudukan dapat berhasil jika pengelolaan dan penyajian data kependudukan data kependudukan berskala nasional atau daerah berjalan dengan baik.

Desa Manunggal Jaya merupakan desa eks. transmigrasi pada tahun 1980 yang mayoritas penduduknya berasal dari pulau Jawa dan sebagian dari Lombok (NTB). Desa Manunggal Jaya merupakan ibukota Kecamatan Tenggarong Seberang dan merupakan daerah strategis yaitu didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup memadai. Mayoritas masyarakat Desa Manunggal Jaya adalah petani yang mana mereka mendapat bagian tanah sejumlah dua hektar yaitu : seperempat pekarangan, tiga perempat lahan kedua dan satu hektar lahan kesatu. Pertanian adalah andalan utama warga desa, namun pada saat ini dengan adanya tambang batu bara sedikit demi sedikit lahan tersebut beralih fungsi menjadi lokasi pertambangan karena belum adanya tata ruang yang mengatur tentang daerah pertanian.

Data kependudukan yang diolah dengan baik dan sistematis akan menjadi informasi bagi pembangunan kependudukan. Selain data kependudukan, perlu diketahui potensi-potensi lain misalnya potensi budaya, kekayaan alam, sosial, agama, dan sebagainya yang menjadi ciri khas khusus suatu desa. Data yang digunakan dalam penulisan profil desa ini bersumber dari data registrasi Desa Manunggal Jaya semester I ( Januari – Juni 2020 ). Dalam Rangka Penyajian data dan pemberian informasi terkait potensi desa dan data kependudukan, Pemerintah Desa Manunggal Jaya bersama segenap perangkat Desa tahun 2020 menyusun buku profil Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2020. Buku ini disusun sebagai tindak lanjut atas perintah dari Kepala Desa Manunggal Jaya yang berdasarkan keputusan Kepala Desa Manunggal Jaya Nomor 29.1 Tahun 2019 tentang Kelompok Kerja Pendataan dan Penyusunan Profil Desa Tahun 2019.