Manuel Quiroga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Manuel Quiroga
Quiroga
Quiroga
Informasi latar belakang
Nama lahirManuel Quiroga Losada
Lahir(1892-04-15)15 April 1892
Pontevedra, Spanyol
Meninggal19 April 1961(1961-04-19) (umur 69)
Pontevedra, Spanyol
PekerjaanKomposer, biolaist
InstrumenBiola

Manuel Quiroga Losada (15 April 1892 – 19 April 1961) adalah seorang pemain biola asal Spanyol. Dia digambarkan oleh kritikus musik sebagai "penerus terbaik Pablo de Sarasate",[1] dan dia kadang-kadang disebut sebagai "pewaris spiritual Sarasate".[2] Enrique Granados, Eugène Ysaÿe (yang sixth Solo Sonata yang didedikasikan untuk Quiroga) dan komposer lainnya mendedikasikan komposisi untuknya. Pemain biola Ysaÿe, Fritz Kreisler, George Enescu, Mischa Elman dan Jascha Heifetz, serta komposer seperti Igor Stravinsky dan Jean Sibelius , sangat menghargai seni Quiroga.[1] Pemain cello Portugis Guilhermina Suggia menggambarkan permainannya dari Tartini's Devil's Trill Sonata sebagai "luar biasa dan tanpa cacat".

Quiroga juga seorang komposer dari dua konserto biola, set variasi, studi dan potongan biola yang lebih kecil, dan cadenza ke konserto utama dari repertoar inti. Dia adalah orang pertama yang secara ekstensif menggunakan cerita rakyat nasionalis Galicia sebagai dasar komposisi musik klasik,[1] dan dia juga seorang karikaturis dan pelukis potret minyak dan arang.

Pada tahun 1937, Quiroga terlibat dalam kecelakaan lalu lintas di New York City, yang menyebabkan lengannya lumpuh dan mengakhiri karir bermainnya.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]