Keluarga Manson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Manson Family)
Keluarga Manson
Manson Family
Foto penangkapan Charles Manson (1968), pendiri dan pemimpin Keluarga Manson
Foto penangkapan Charles Manson (1968), pendiri dan pemimpin Keluarga Manson
Julukan: 
The Family
NegaraAmerika Serikat
Negara bagianCalifornia
PendiriCharles Manson

Keluarga Manson (Inggris: Manson Family) adalah komune gurun dan kultus yang aktif di California pada akhir 1960-an dan dipimpin oleh Charles Manson.[1][2] Komune ini beranggotakan kurang lebih 100 pengikut Manson. Mereka menjalani gaya hidup bebas dan sering mengonsumsi obat-obatan halusinogen.[3] Kebanyakan anggotanya adalah perempuan muda kelas menengah, banyak di antaranya yang dicuci otak oleh Manson dan tertarik dengan budaya hippie dan hidup bersama (komunal).[4]

Manson dibebaskan dari penjara dalam kasus pidana kecil pada tahun 1967. Keluarga Manson pindah ke San Francisco, lalu menempati peternakan kosong di Lembah San Fernando. Menurut salah satu anggota, Susan Atkins, Keluarga percaya bahwa Manson adalah perwujudan Yesus dan segala nubuatnya tentang perang ras akhir zaman cukup meyakinkan.[5][6] Mereka mendadak terkenal akibat pembunuhan aktris Sharon Tate dan empat orang lainnya pada tanggal 9 Agustus 1969. Pembunuhan ini dilakukan oleh Tex Watson, Susan Atkins, dan Patricia Krenwinkel. Linda Kasabian juga hadir, tetapi tidak ikut membunuh. Mereka juga pernah melakukan sejumlah pembunuhan, penyerangan, kejahatan kecil, dan pencurian.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What ever happened to the other Manson family cult members?". 
  2. ^ "The Infamous Manson Family". Biography. 
  3. ^ "Charles Manson". Biography. 
  4. ^ "Where are the Manson Family members now?". Bbc.co.uk. November 20, 2017. 
  5. ^ "Susan Atkins 12/1/69 Caruso/Caballero Interview - Charles Manson Family and Sharon Tate-Labianca Murders Updates & News". Cielodrive.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-01. Diakses tanggal December 22, 2018. 
  6. ^ "Grand Jury Testimony: Susan Atkins". Cielodrive.com. Diakses tanggal December 22, 2018.