Mangaka-san to Assistant-san to

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mangaka-san to Assistant-san to
Sampul manga volume pertama
マンガ家さんとアシスタントさんと
(Mangaka-san to Ashisutanto-san to)
GenreKomedi, penggalan kehidupan[1]
Manga
PengarangHiroyuki
PenerbitSquare Enix
MajalahYoung Gangan, Shōnen Gangan, Gangan Online
DemografiSeinen
Terbit20082012
Volume10
Drama audio
Rilis26 Januari 2011
Episode1
Manga
Mangaka-san to Assistant-san to 2
PengarangHiroyuki
PenerbitSquare Enix
MajalahYoung Gangan
DemografiSeinen
TerbitAgustus 2013September 2014
Volume1
Seri anime
SutradaraTakeshi Furuta
ProduserJun Fukuda
Hiroyuki Tajima
Yukie Iwashita
Shintarō Yoshitake
Takayoshi Takeuchi
Daisuke Tatsumi
Sayaka Suzuki
Takuya Narita
SkenarioAki Itami
MusikTomoki Kikuya
StudioZexcs
Pelisensi
Animatsu Entertainment
Saluran
asli
Tokyo MX, AT-X
Tayang 7 April 2014 23 Juni 2014
Episode12
Video animasi orisinal
SutradaraTakeshi Furuta
ProduserJun Fukuda
Hiroyuki Tajima
Yukie Iwashita
Shintarō Yoshitake
Takayoshi Takeuchi
Daisuke Tatsumi
Sayaka Suzuki
Takuya Narita
SkenarioAki Itami
MusikTomoki Kikuya
StudioZexcs
Pelisensi
Sentai Filmworks
Animatsu Entertainment
Tayang 25 Juni 2014 26 November 2014
Durasi6-10 menit (per episode)
Episode6
 Portal anime dan manga

Mangaka-san to Assistant-san to (Jepang: マンガ家さんとアシスタントさんと, Hepburn: Mangaka-san to Ashisutanto-san to), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul The Comic Artist and His Assistants, adalah seri manga empat panel asal Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hiroyuki. Diterbitkan di majalah Square Enix manga seinen oleh Young Gangan dari 2008 hingga 2012 dan bab-babnya dikumpulkan menjadi 10 volume tankōbon. Sekuel manga ini yang berjudul Mangaka-san to Assistant-san to 2 diterbitkan mulai bulan Agustus 2013 hingga September 2014. Sebuah seri anime yang dianimasikan oleh Zexcs ditayangkan mulai tanggal 7 April 2014 hingga tanggal 23 Juni 2014.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Penulis manga Yūki Aito adalah pria yang sangat mesum yang cinta dan keinginan utamanya adalah mencintai semua orang yang dekat dengannya dan menggambar celana dalam. Asistennya, Sahoto Ashisu, terus-menerus terlibat ke dalam situasi canggung dan dipaksa untuk mengatasi keinginan aneh Yūki Aito.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Yūki Aito (愛徒 勇気, Aito Yūki)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka (anime), Jun Fukuyama (CD drama)
Mangaka seri "Hajiratte Cafe Latte" (HajiCafe) saat ini. Ia dipandang sesat oleh banyak orang dan tidak ragu menunjukkan minatnya atau meminta asistennya menjadi modelnya untuk referensi. Yūki memiliki jimat untuk pakaian dalam wanita, khususnya celana dalam, meskipun filosofi utama dan tema manganya berkisar pada celana dalam, yang membuat banyak orang kecewa. Yūki memiliki kebiasaan mengerjakan manga pada menit terakhir sebelum tenggat waktu yang ditentukan karena minatnya, membuat penyuntingnya tertekan. Tujuan hidup Yūki adalah ingin diakui oleh seorang gadis sebelum ia meninggal. Yūki dikatakan sebagai mangaka yang sangat terampil dan mendapatkan peringkat jauh lebih baik jika ia benar-benar menginginkannya, tetapi minatnya dalam menggambar celana dalam sebagai prioritasnya hanya memberinya peringkat yang layak. Ia berusia 22 tahun dan kebetulan menjadi masokis utama.
Sahoto Ashisu (足須 沙穂都, Ashisu Sahoto)
Pengisi suara: Saori Hayami (anime), Mamiko Noto (CD drama)
Salah satu asisten Yūki yang berusia 19 tahun. Ia serius dengan etos kerjanya, tetapi ia sangat merendah. Ia sering menjadi sasaran kenakalan Yūki, membuatnya kecewa dan menyerang Yūki tanpa ragu. Meskipun ia sebagai asisten seniman manga, ia juga memiliki tujuan membuat seri manga miliknya sendiri, tetapi usahanya terus-menerus ditolak oleh penyunting. Meskipun ia lebih sering terganggu oleh kejenakaan Yūki, ia sangat menghormati Yūki sebagai seniman manga.
Mihari Otosuna (音砂 みはり, Otosuna Mihari)
Pengisi suara: Arisa Noto (anime), Haruka Tomatsu (CD drama)
Penyunting Yūki yang berusia 22 tahun. Ia kasar saat berada di dekat Yūki, sering memarahi dan memukuli Yūki karena kedatangan mendadak Yūki. Ia sadar akan ukuran dadanya yang kecil dan oleh karena itu, ia ingin memiliki dada yang kompleks. Ia dan Yūki pernah menjadi teman sekelas dan pernah menyukai Yūki pada saat itu. Meskipun ia terus-menerus mencaci maki Yūki karena perilakunya yang tidak bertanggung jawab atau menyimpang, ia telah terbukti cukup toleran pada tenggat waktu Yūki dan ia selalu mendorong Yūki untuk berbuat lebih baik, mengetahui bahwa Yūki lebih mampu melakukannya. Ia menyangkalnya, tetapi mengisyaratkan bahwa ia belum sepenuhnya melupakan masa lalunya saat ia diam-diam menyukai Yūki sejak SMA.
Rinna Fuwa (風羽 りんな, Fuwa Rinna)
Pengisi suara: Yuka Iguchi (anime), Aki Toyosaki (CD drama)
Salah satu asisten Yūki yang berusia 18 tahun. Meskipun ia menjadi asisten, ia tidak tahu apa-apa tentang menggambar manga, karena ia dipekerjakan oleh Mihari karena Yūki ingin seseorang yang imut. Ia sangat mengagumi Yūki serta karyanya dan menjadi salah satu penggemar Yūki. Ia santai, ceria dan suka membahas ide-ide mesum aneh bersama Yūki.
Sena Kuroi (黒井 せな, Kuroi Sena)
Pengisi suara: Rie Kugimiya (anime, CD drama)
Salah satu asisten Yūki yang berusia 19 tahun. Ia dikenal oleh industri manga sebagai asisten pekerja keras dan dapat diandalkan. Karena tubuhnya yang kecil dan kekanak-kanakan, ia biasanya disangka sebagai anak kecil dan ia terkadang bertingkah seperti itu, terutama saat ia mabuk. Pada awalnya, ia sangat lemah, bahkan ia tidak dapat membuka pot tinta, menyebabkannya meninggalkan banyak mangaka karena malu, yang dikabarkan karena banyak mangaka telah menyinggung perasaannya. Ia kemudian memiliki perasaan terhadap Yūki dan ia kebetulan menjadi sadis utama.
Branya (ブラニャー, Buranyā)
Kucing peliharaan dan karakter maskot Yūki. Ia dapat menggambar dengan sangat baik dan telah menjadi subjek kecemburuan Sahoto, yang merasa bahwa Sahoto dapat menggambar lebih baik darinya meskipun ia adalah seekor kucing.

Tim pembuat manga Monthly Shōnen Gongon[sunting | sunting sumber]

Kazuma Tsuranuki (貫 一真, Tsuranuki Kazuma)
Pengisi suara: Eiji Miyashita (CD drama)
Mangaka seri "Hot Blooded (Fire) Fighter" saat ini. Popularitas manganya memiliki peringkat ke-14 dari 20 karya di Gongon Comics.
Meisei Tomito (兎美都 冥聖, Tomito Meisei)
Pengisi suara: Hikaru Midorikawa (CD drama)
Mangaka seri "J.O.D (Judgement of Darkness)", seri manga terkenal kedua Gongon Comics. Ia memiliki kebiasaan memandang rendah orang lain.
Ichika Konno (今野 一華, Konno Ichika)
Mangaka wanita seri "Adventure World", seri manga paling terkenal Gongon Comics. Ia hampir berusia 30 tahun, tetapi ia belum pernah jatuh cinta sebelumnya karena ia telah menghabiskan sebagian besar waktunya bekerja sebagai mangaka.
Tamako Motoki (元木 たまこ, Motoki Tamako)
Mangaka wanita seri "Tension 1000%", seri manga baru Gongon Comics. Ia berbicara seperti kucing dan merupakan gadis yang sangat energik.

Departemen penyuntingan Monthly Shōnen Gongon[sunting | sunting sumber]

Matome Minano (皆野 まとめ, Minano Matome)
Pengisi suara: Manami Tanaka (anime)
Pemimpin redaksi Monthly Shōnen Gongon. Terlepas dari posisinya, banyak orang terkadang bingung tentang identitasnya karena usianya yang masih muda dan tubuhnya yang kecil.
Kouken Tomito (富都 剛健, Tomito Kōken)
Pengisi suara: Hiroki Yasumoto (anime)
Asisten pemimpin redaksi Monthly Shōnen Gongon. Ia adalah kakak laki-laki Meisei dan penyuntingnya.
Aoi Tanemochi (種持 葵, Tanemochi Aoi)
Penyunting baru Monthly Shōnen Gongon.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Sahono Ashisu (足須 沙穂乃, Ashisu Sahono)
Pengisi suara: Miku Itō (anime)
Adik perempuan Sahoto yang berusia 13 tahun.
Manabi Namida (波田 まなび, Namida Manabi)
Murid Yūki yang berusia 14 tahun. Ia adalah siswa SMP yang ingin menjadi mangaka.
Sasae Enokishita (榎下 紗々絵, Enokishita Sasae)
Asisten kepala dan manajer Ichika Konno.
Mamori Sumino (住野 まもり, Sumino Mamori)
Manajer apartemen Yūki.
Mirei Sumino (住野 美麗, Sumino Mirei)
Kakak perempuan Mamori.
Ayah Rinna (りんなの父, Rinna no Chichi)
Orang tua Rinna yang mengunjungi Yūki dan mencoba membuat Rinna berhenti sebagai asisten Yūki.
Jun Kiyosaki (清崎純, Kiyosaki Jun)
Asisten pertama Sahoto setelah Sahoto berhasil menjadi mangaka. Ia diperkenalkan di manga Mangaka-san to Ashisutanto-san to 2.
Panchū (パンチュー)
Karakter maskot yang dibuat oleh Yūki.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Mangaka-san to Assistant-san to diterbitkan di majalah manga seinen milik Square Enix, Young Gangan, mulai tahun 2008 hingga tahun 2012. Manga ini dibuat menjadi 10 volume yang dirilis mulai tanggal 27 Oktober 2008 hingga tanggal 25 Desember 2012.[2][3] Sekuel manga ini yang berjudul Mangaka-san to Ashisutanto-san to 2 diterbitkan mulai bulan Agustus 2013 hingga bulan September 2014.[4]

CD drama[sunting | sunting sumber]

CD drama dari manga Mangaka-san to Assistant-san to dirilis pada tanggal 26 Januari 2011.[5]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime yang dianimasikan oleh Zexcs ditayangkan mulai tanggal 7 April hingga tanggal 23 Juni 2014. Crunchyroll menyelenggarakan versi bahasa Inggris yang dirilis secara bersamaan.[6] Tak lama setelah itu, Sentai Filmworks mendapatkan lisensi seri ini untuk rilis digital dan fisik di Amerika Utara.[7] Seri ini dirilis di Jepang dalam 6 cakram Blu-ray dan DVD mulai bulan Juni hingga November 2014. Seri ini akan dirilis di Meksiko setelah Yowu Entertainment mengeluarkan seri ini dan dirilis oleh Televisa yang ditayangkan di tiga saluran, yaitu bitMe (saluran game), Golden Premier (saluran film premium) dan Telehit (saluran musik) serta Canal 11 di Kosta Rika, ETC di Chili dan Canal Uno di Kolombia. Mini OVA disertakan dengan setiap volume paket Blu-ray/DVD.[8] Sentai Filmworks merilis seri ini dalam Blu-ray dan DVD dengan terjemahan pada tanggal 15 September 2015.[9] Lagu pembuka seri ini berjudul "Pure Impurities" (純粋なフジュンブツ, Junsuina fujunbutsu), sedangkan lagu penutup seri ini berjudul "Spica" sama-sama dinyanyikan oleh grup StylipS.

No.JudulTanggal tayang asli
01"Master the Boobs!"
Transkripsi: "Oppai o kiwamero!" (おっぱいを究めろ!)
"The Dream job"
Transkripsi: "Yumemiru oshigoto" (夢見るお仕事)
"Panty wars"
Transkripsi: "Pantsu wōzu" (パンツウォーズ)
"Mihari Otosuna's Day Off"
Transkripsi: "Otosuna mihari no kyūjitsu" (音砂みはりの休日)
7 April 2014 (2014-04-07)
02"The New Assistant"
Transkripsi: "Shin ashisutanto tōjō" (新アシスタント登場)
"That's Most Important"
Transkripsi: "Sore ga daiji" (それが大事)
"Together for the First Time"
Transkripsi: "Hajimete no futari" (はじめての二人)
14 April 2014 (2014-04-14)
03"Smutty Magazine Panic"
Transkripsi: "Etchi-bon panikku" (エッチ本パニック)
"Can I Nurse Her to Health?"
Transkripsi: "Kanbyō dekiru ka na" (看病できるかな)
"The Black Comet"
Transkripsi: "Kuroi suisei arawaru" (黒い彗星現る)
21 April 2014 (2014-04-21)
04"S & M"
Transkripsi: "S to M" (SとM)
"The Mascot Character"
Transkripsi: "Mascot Kyara" (マスコットキャラ)
"Introducing Bra-Mew"
Transkripsi: "Buranyā Tōjō" (ブラニャー登場)
"Seventeen Mihari"
Transkripsi: "Sebuntīn Mihari" (セブンティーンみはり)
28 April 2014 (2014-04-28)
05"Shock in the Park"
Transkripsi: "Kōen Shokku" (公園ショック)
"Someday"
Transkripsi: "Itsuka wa" (いつかは)
"Using Those Around You for Inspiration"
Transkripsi: "Midjikana Hito o Sankō ni" (身近な人を参考に)
5 Mei 2014 (2014-05-05)
06"Let's Go to a Hot Spring"
Transkripsi: "Onsen ni Ikou" (温泉に行こう)
12 Mei 2014 (2014-05-12)
07"The Attack of the Little Sister"
Transkripsi: "Imouto Shuurai" (妹襲来)
"Their Night Together"
Transkripsi: "Futari no Yoru" (二人の夜)
"A Piggyback for the Super-Assistant"
Transkripsi: "Super Assistant o Onbu" (スーパーアシスタントをおんぶ)
19 Mei 2014 (2014-05-19)
08"Looked Over by the Editor-in-Chief"
Transkripsi: "Henshū-chō chekku" (編集長チェック)
"To Feel Like a Girl"
Transkripsi: "On'nanoko no kimochi ni" (女の子の気持ちに)
"Overdoing It"
Transkripsi: "Yari-sugi" (やりすぎ)
26 Mei 2014 (2014-05-26)
09"Past Mistakes"
Transkripsi: "Kako no Ayamachi" (過去の過ち)
2 Juni 2014 (2014-06-02)
10"Sena's Close Call"
Transkripsi: "Sena-chan Kikiippatsu" (せなちゃん危機一髪)
"I'll Cheer You on!"
Transkripsi: "Ōen shimasu!" (応援します!)
"Rain Talk"
Transkripsi: "Ame Tōku" (雨トーク)
9 Juni 2014 (2014-06-09)
11"The Feared Transformation"
Transkripsi: "Osoreteita Henka" (恐れていた変化)
"You Can Do It, Sena"
Transkripsi: "Ganbare Sena-chan" (がんばれせなちゃん)
"Know Thyself"
Transkripsi: "Jibun o Shirou" (自分を知ろう)
16 Juni 2014 (2014-06-16)
12"Progress"
Transkripsi: "Zenshin" (前進)
"The End of Summer"
Transkripsi: "Natsunoowari" (夏の終わり)
"Psychological Profiling Using Underwear"
Transkripsi: "Pantsu de Wakaru Seikaku Shindan" (パンツで分かる性格診断)
23 Juni 2014 (2014-06-23)
OVA–1"Ashisu's Holiday"
Transkripsi: "Ashisu-san no Kyūjitsu" (足須さんの休日)
"You Never Know Until You Try"
Transkripsi: "Yatte Minakucha Wakaranai" (やってみなくちゃわからない)
25 Juni 2014 (2014-06-25)
OVA–2"The Dreaming Comic Artist"
Transkripsi: "Mangakka-san no yume" (漫画家さんの夢)
23 Juli 2014 (2014-07-23)
OVA–3"Study Date"
Transkripsi: "Date de Obenkyou" (デートでお勉強)
27 Agustus 2014 (2014-08-27)
OVA–4"Protect the cute"
Transkripsi: "Kawaii o Mamorou" (かわいいを守ろう)
24 September 2014 (2014-09-24)
OVA–5"Little Sister VS Editor-in-Chief"
Transkripsi: "Imōto VS Henshū-chō" (妹VS編集長)
29 Oktober 2014 (2014-10-29)
OVA–6"The Perfect Day for a Nap"
Transkripsi: "O Hirune Biyori" (お昼寝日和)
"When Assistants Snap"
Transkripsi: "Kireta Ashisutanto" (キレたアシスタント)
26 November 2014 (2014-11-26)

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Aho-Girl Serial anime dan manga yang dibuat oleh seniman yang sama
  • Kanojo mo Kanojo Serial anime dan manga yang dibuat oleh seniman yang sama

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Foronda, Anthony (23 Maret 2014). "Anime Spotlight Spring 2014". Anime News Network. Diakses tanggal 25 Juni 2016. 
  2. ^ "マンガ家さんとアシスタントさんと 1 (ヤングガンガンコミックス)". Amazon Japan. Diakses tanggal 8 April 2014. 
  3. ^ "マンガ家さんとアシスタントさんと(10)(完) (ヤングガンガンコミックス)". Amazon Japan. Diakses tanggal 8 April 2014. 
  4. ^ コミック情報 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Agustus 2013. Diakses tanggal 8 Agustus 2014. 
  5. ^ "マンガ家さんとアシスタントさんと Drama CD". Diakses tanggal 7 Juli 2014. 
  6. ^ "Crunchyroll Adds The Comic Artist and His Assistants Anime Shorts". Anime News Network. 7 April 2014. Diakses tanggal 8 April 2014. 
  7. ^ "Sentai Filmworks Licenses The Comic Artist and His Assistants". Anime News Network. 17 April 2014. Diakses tanggal 17 April 2014. 
  8. ^ "Products". Diakses tanggal 8 April 2014. 
  9. ^ "Hamatora Anime Gets English Dub". Anime News Network. 19 Mei 2015. Diakses tanggal 20 Mei 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]