Gagak-laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mandar-laut)
Gagak-laut
Uria
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliAlcidae
GenusUria
Brisson, 1760
Species
Uria aalge
Uria lomvia

Uria atau gagak-laut adalah genus burung laut dalam keluarga alka yang dikenal di Inggris sebagai guillemots, di sebagian besar Amerika Utara sebagai murres, dan di Newfoundland dan Labrador sebagai turr . Ini adalah burung berukuran sedang dengan bulu sebagian besar berwarna coklat atau hitam di musim kawin. Mereka berkembang biak di pesisir samudra Atlantik utara dan Pasifik .

Spesies yang masih ada[sunting | sunting sumber]

Genus ini mengandungi dua spesies: [1]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Uria aalge Gagak-laut biasa Pasifik Utara, Jepang, Rusia Timur, Alaska, California, Oregon, Washington, British Columbia, Kanada, Greenland, Islandia, Irlandia utara dan Inggris, Norwegia selatan, mungkin New England
</img> Uria lomvia Gagak-laut paruh-tebal Belahan bumi utara


Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung-burung ini berkembang biak dalam koloni besar di tebing pantai, bertelur tunggal berbentuk kerucut langsung di tepian tebing. Mereka pindah ke selatan di musim dingin untuk tinggal di perairan bebas es.

Mereka menyelam untuk mencari makanan dari permukaan, berenang di bawah air dan menjadi salah satu penyelam terdalam dari semua burung, menggunakan sayap gemuk mereka untuk secara rutin menyelam hingga lebih dari 100 meter, dan memakan ikan dan krustasea, juga beberapa moluska, serangga, dan bahan tanaman.[2]

Burung dewasa berwarna hitam atau coklat pada bagian kepala, leher, punggung dan sayap dengan bagian bawah berwarna putih. Paruhnya panjang dan runcing. Mereka memiliki ekor hitam bulat kecil. Wajah bagian bawah menjadi putih di musim dingin.

Penerbangannya kuat dan langsung, dan spesies ini memiliki kepakan sayap yang cepat karena sayapnya yang pendek.

Uria menghasilkan berbagai suara terkekeh yang keras di koloni perkembangbiakannya, namun tidak bersuara di laut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2019). "Noddies, gulls, terns, auks". World Bird List Version 9.2. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 24 June 2019. 
  2. ^ National Geographic Society. "Thick-Billed Murres, Thick-Billed Murre Pictures, Thick-Billed Murre Facts - National Geographic".