Mancomunidad de Municipios Marquesado del Zenete

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lokasi Mancomunidad del Marquesado del Zenete di provinsi Granada.
Peta relief Granada.
Lambang

Mancomunidad de Municipios Marquesado del Zenete atau Mancomunidad del Marquesado del Zenete ("Persemakmuran munisipalitas Marquisate Cenete") adalah pengelompokan sukarela (mancomunidad) munisipalitas, yang terletak di provinsi Granada, komunitas otonom Andalusia, Spanyol. Mereka mengambil nama mereka dari Marquisate Cenete, bekas seigneury (Spanyol: señorio) di daerah ini, yang pada gilirannya mengambil namanya (secara historis dieja baik Zenete atau Cenete) dari bahasa Arab sened, yang berarti lereng yang merupakan satu sisi dari sebuah pegunungan. Hal itu mengacu pada lereng utara Sierra Nevada, tempat munisipalitas berada.[1]

Tujuan dari mancomunidad adalah untuk mempromosikan, merangsang, dan merasionalisasikan pembangunan sosial dan ekonomi kotamadya di mana ia dibentuk. Hal ini juga merupakan subcomarca dalam Comarca Guadix.

Mancommunidad terdiri dari munisipalitas berikut:

Marquisate Cenete memanjang ke utara dari garis punggungan Sierra Nevada. Di timur laut mencapai garis punggungan Sierra de Baza; sebagian besar mancomunidad adalah lembah Zalabí yang luas; tepat di sebelah utaranya adalah munisipalitas Valle de Zalabí.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Portal Turismo Comarca de Guadix (c. 2007). "Municipios del Marqusado de Zenete". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-08. Diakses tanggal 2010-02-10. Zenete que indistintamente se verá escrito con 'z' o con 'c', es palabra derivadadel áreabe sened, que significa 'falda, subida, cuesta del monte', por lo que en este caso haría refenecia al declive de Sierra Nevada hacia el norte. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]