Manchester by the Sea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Manchester by the Sea
Manchester by the sea movie 2016.jpg
Poster film Manchester by the Sea
Sutradara Kenneth Lonergan
Produser Kimberly Steward
Lauren Beck
Matt Damon
Chris Moore
Kevin J. Walsh
Skenario Kenneth Lonergan
Pemeran Casey Affleck
Michelle Williams
Kyle Chandler
Lucas Hedges
Gretchen Mol
Musik Lesley Barber
Sinematografi Jody Lee Lipes
Penyunting Jennifer Lame
Perusahaan
produksi
K Period Media
B Story
CMP
Pearl Street Films
Distributor Roadside Attractions
Amazon Studios
Tanggal rilis
  • 23 Januari 2016 (2016-1-23) (Festival Film Sundance)
  • 18 November 2016 (2016-11-18) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 16 Desember 2016 (2016-12-16) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
137 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $8.5 juta[2]
Pendapatan kotor $77,540,122[3]

Manchester by the Sea adalah film drama Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Kenneth Lonergan dan diproduseri oleh Kimberly Steward, Lauren Beck, Matt Damon, Chris Moore dan Kevin J. Walsh. Naskah film ini ditulis oleh Kenneth Lonergan. Film ini dibintangi oleh Casey Affleck, Michelle Williams, Kyle Chandler dan Lucas Hedges.

Film Manchester by the Sea ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 23 Januari 2016[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 18 November 2016 secara terbatas dan 16 Desember 2016 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Lee Chandler (Casey Affleck) adalah seorang tukang dan petugas kebersihan yang pendiam. Ia menjalani hari-harinya sendirian dan tinggal di ruang bawah tanah di Quincy, Massachusetts. Sebagai tukang, ia mengangkut sampah, memperbaiki pipa dan mengerjakan tugas biasa lainnya untuk penghuni rumah yang menggunakan jasanya. Ia menunjukkan rasa ketidakpercayaan diri, tidak dapat memberikan saran terhadap pilihan kecil untuk para pelanggan dan menolak menyatakan ketertarikan dua wanita yang kasar kepadanya. Setelah diperingatkan oleh atasannya karena mengumpat penghuni rumah yang kesal, Lee pergi ke bar malam harinya, mabuk karena terlalu banyak minum dan mulai berkelahi dengan dua pebisnis karena Lee berpikir mereka memandangnya dengan tatapan sinis.

Keesokan harinya, ketika membersihkan tumpukan salju akibat badai, Lee mendapat kabar dari George (C.J. Wilson), temannya, bahwa kakak Lee, Joe (Kyle Chandler), menderita gagal jantung. Joe meninggal sebelum Lee sampai di rumah sakit. Lee kembali ke kampung halamannya di Manchester-by-the-Sea untuk menyampaikan kabar duka ini kepada putra Joe yang masih remaja, Patrick (Lucas Hedges). Lee tinggal sementara di rumah Joe ketika ia mengatur pemakaman Joe dan ia terkejut bahwa Joe menjadikannya sebagai wali Patrick. Keterpaksaan untuk menyetujui perwalian dan ketidakinginan untuk kembali ke Manchester-by-the-Sea, namun menolak untuk mengembalikan Patrick kepada ibu kandungnya yang alkoholik, Elise (Gretchen Mol), membuat Lee berencana untuk kembali ke Boston bersama Patrick, namun Patrick tidak setuju karena ia sudah betah tinggal di Manchester-by-the-Sea.

Di masa lalu, terungkap bahwa Lee menjalani kehidupan bahagianya dengan mantan istrinya, Randi (Michelle Williams), dan tiga anaknya, sampai kebakaran terjadi karena ketidaksengajaan Lee, yang menewaskan ketiga anaknya. Tidak ada tuntutan pidana yang diajukan untuk memenjarakan Lee, namun Randi telah membencinya karena kesalahannya dan mereka bercerai. Di kantor polisi, Lee menembak dirinya dengan pistol yang diambil dari sarung pistol milik salah satu petugas kepolisian setelah ia diinterogasi, namun ia dihalangi oleh para polisi dan Joe, yang sedang menunggu Lee selama proses interogasi. Akhirnya, Lee pindah ke Boston, menjadi dingin dan sendiri.

Mayat Joe disimpan di freezer gudang sampai musim semi tiba ketika salju mencair sehingga Joe dapat dikuburkan. Lee masih tinggal di Manchester-by-the-Sea sampai pemakaman Joe yang tertunda dilakukan. Seiring waktu, Patrick dan Lee membangun kembali hubungan mereka. Lee datang ketika Patrick mengalami serangan panik saat mengobrak-abrik isi kulkas karena ia terus-menerus terganggu oleh ayahnya yang terbaring di dalam freezer selama beberapa bulan. Konflik semakin besar ketika Lee menolak berbasa-basi dengan ibu dari pacar Patrick, Jill (Heather Burns), sehingga Patrick dan pacarnya, Sandy (Anna Baryshnikov), dapat bercinta setiap ia berkunjung ke rumah Sandy. Patrick berpikir Lee mencoba menjaga jarak dengannya, terutama karena Lee ingin menyelesaikan masalahnya di Manchester-by-the-Sea agar ia bisa kembali ke Boston.

Patrick diam-diam memberitahu ibunya, Elise, tentang kematian Joe melalui email dan ia mengundang Patrick untuk makan siang dengannya. Lee tidak setuju dengan Patrick untuk berkomunikasi dengan Elise, bahkan jika Elise mencoba menelepon Patrick, namun Patrick memberitahu Lee bahwa Elise telah berubah dan menemukan ketenangan setelah bertunangan dengan Jeffrey (Matthew Broderick). Patrick bersikeras untuk makan siang dengan Elise dan Lee terpaksa menuruti keinginannya. Bagaimanapun juga, suasana acara makan siang menjadi tidak menyenangkan dengan Elise, Jeffrey dan Patrick tidak tahu harus berkata apa, sehingga Elise meninggalkan acara makan siangnya, disusul oleh Jeffrey. Lalu Patrick mendapat email dari Jeffrey, yang memberitahu Patrick bahwa semua komunikasinya dengan Elise dilakukan atas izin Jeffrey. Komentar positif Lee tentang ketenangan Elise membuat Patrick yakin bahwa Lee mencoba menyingkirkannya sehingga Lee mengambil langkah untuk memperpanjang masa tinggalnya di Manchester-by-the-Sea.

Beberapa saat kemudian, Lee bertemu dengan Randi, yang telah menikah lagi dengan orang lain, bayinya Dylan dan teman Randi, Rachel (Danae Nason). Randi mengundang Lee untuk makan siang dengannya dan mengungkapkan penyesalannya setelah perceraian. Ia merasa bersalah karena ia telah pulih dan Lee masih belum pulih setelah kehilangan ketiga anak mereka. Lee masih terlalu takut untuk menjalin hubungan dengan Randi dan menolak undangan makan siang, membuat Randi menangis. Lee yang mabuk melampiaskan emosinya dengan memukuli orang asing di bar dan terjadi perkelahian, lalu ia diselamatkan oleh George. Lee terbangun di rumah George dan menangis.

Lee mengatur rencana agar George dan istrinya menjadi wali Patrick yang sah secara hukum. Patrick bertanya tentang alasan Lee melakukannya dan Lee mengakui bahwa ia "tidak bisa mengatasinya". Patrick mengatahui maksud Lee dan menangis, lalu Lee menghiburnya. Ketika mereka berjalan-jalan setelah pemakaman Joe, Lee memberitahu Patrick bahwa ia sedang mencari tempat tinggal baru dengan ruang tambahan sehingga Patrick bisa mengunjungi Lee kapanpun yang ia mau. Adegan terakhir menunjukkan Lee dan Patrick memancing di perahu Joe yang telah diperbarui dan diwariskan ke Patrick.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Casey Affleck sebagai Lee Chandler
  • Michelle Williams sebagai Randi, mantan istri Lee
  • Lucas Hedges sebagai Patrick Chandler, putra Joe dan Elise
  • Kyle Chandler sebagai Joe Chandler, kakak Lee dan ayah Patrick
  • Gretchen Mol sebagai Elise Chandler, mantan istri Joe dan ibu Patrick
  • C.J. Wilson sebagai George, teman Lee dan Joe
  • Tate Donovan sebagai pelatih hoki Patrick
  • Kara Hayward sebagai Silvie McGann, salah satu pacar Patrick
  • Anna Baryshnikov sebagai Sandy, salah satu pacar Patrick
  • Heather Burns sebagai Jill, ibu Sandy
  • Erica McDermott sebagai Sue, pemilik pelabuhan kapal
  • Matthew Broderick sebagai Jeffrey, tunangan Elise
  • Oscar Wahlberg sebagai Joel, teman Patrick
  • Stephen McKinley Henderson sebagai Mr. Emery, atasan Lee
  • Josh Hamilton sebagai Wes, kuasa hukum Joe
  • Danae Nason sebagai Rachel, teman Randi

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Manchester by the Sea mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 285 ulasan, dengan rating rata-rata 8.9/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 96 dari 100, berdasarkan 52 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Manchester by the Sea mendapatkan $47,695,371 di Amerika Utara dan $29,844,751 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $77,540,122, melebihi anggaran produksi film $8.5 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $256,498, menempati posisi ke-21 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4,223,828, menempati posisi ke-6 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Manchester by the Sea (15)". British Board of Film Classification. November 2, 2016. Diakses tanggal November 2, 2016. 
  2. ^ Lewis, Andy (November 24, 2016). "How Matt Damon's Almost-Directorial Debut 'Manchester by the Sea' Became Another Helmer's Comeback". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 29, 2016. 
  3. ^ a b c "Manchester by the Sea". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 4, 2016. 
  4. ^ "Manchester by The Sea". Sundance Film Festival. Diakses tanggal September 3, 2016. 
  5. ^ Lang, Brent (March 16, 2016). "Amazon, Roadside Partner on 'Manchester by the Sea' Oscar Season Release (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal March 16, 2016. 
  6. ^ "Manchester by the Sea (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 23, 2016. 
  7. ^ "Manchester by the Sea reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 23, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]