Manava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Manava (skt. 750 SM – 690 SM) merupakan seorang penulis teks Geometri India Sulba Sutra.

Manava Sulba Sutra bukanlah yang tertua (yang oleh Baudayana sutra lebih tua), juga bukan salah satu yang terpenting, setidaknya terdapat tiga Sulba Sutra yang dianggap lebih penting. Para sejarahwan menempatkan hidupnya pada sekitar tahun 750 SM.

Manava pasti bukan seorang matematikawan dalam arti bahwa kita akan memahaminya hari ini. Ia juga bukan juru tulis yang hanya menyalin manuskrip seperti Ahmes. Ia pasti akan menjadi orang yang sangat banyak belajar tapi mungkin tidak tertarik dengan matematika untuk kepentingannya sendiri, hanya tertarik menggunakannya untuk tujuan keagamaan. Tidak diragukan lagi ia menulis Sulbasutra untuk menyediakan peraturan bagi ritus keagamaan dan akan muncul kepastian bahwa Manava sendiri adalah seorang imam Vedisme.

Matematika yang diberikan di Sulbasutra ada untuk memungkinkan konstruksi altar yang akurat dibutuhkan. Jelas dari tulisan bahwa Manava, dan juga sebagai imam, pastilah seorang pengrajin yang ahli.

Sulba sutra, Manava seperti semua Sulbasutra, berisi perkiraan konstruksi lingkaran dari empat persegi panjang, dan kotak dari lingkaran, yang dapat dianggap memberi nilai perkiraan π. Karena itu terdapat perbedaan nilai π di seluruh Sulbasutra, pada dasarnya setiap konstruksi yang melibatkan lingkaran mengarah pada pendekatan yang berbeda. Tulisan R.C. Gupta memperhatikan interpretasi ayat 11.14 dan 11.15 karya Manava yang memberi π = 25/8 = 3.125.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]