Mal Ciputra Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mall Ciputra Jakarta)
Mal Ciputra Jakarta
Mal Ciputra Jakarta logo
Mal Ciputra Jakarta
LokasiTanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
AlamatJalan Letjen S. Parman, RT.11/RW.1
Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan
Kota Jakarta Barat 11470
Tanggal dibuka26 Februari 1993
PengembangCiputra Development
PengurusCiputra Development
PemilikCiputra Group
Jumlah lantai8 Lantai, 1 Basement
Akses transportasi umumKAI Commuter: T di stasiun Grogol
A di stasiun Duri
BRT Transjakarta: di halte Jelambar
di halte Grogol Reformasi
Situs webhttp://www.ciputramall.com/

Mal Ciputra Jakarta (dahulu bernama Citraland Mall, atau biasa disingkat CL) adalah sebuah pusat perbelanjaan di Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Indonesia. Mal ini berdiri pada tanggal 26 Februari 1993. Mal ini memiliki Hotel Ciputra di atas bangunannya dan dimiliki oleh Grup Ciputra sebagai anak usaha dari PT. Ciputra Property, Tbk.

Mal dan Hotel Ciputra terletak pada persimpangan jalur transportasi di Jakarta Barat, dan di sisi jalan tol dalam kota yang menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta dengan pusat bisnis Jakarta. Letak mal dekat dengan tiga perguruan tinggi terkenal: Universitas Trisakti, Universitas Tarumanagara dan Universitas Krida Wacana.

Mal Ciputra Jakarta adalah pusat perbelanjaan ritel mixed use dan hiburan yang memiliki enam lantai dengan luas kotor 76.017 m2 dan luas bersih yang dapat disewakan 43.115 m2, tidak termasuk area parkir.

Mal Ciputra memiliki koridor tunggal dengan desain dumbell yang memudahkan pengunjung untuk berjalan berkeliling di setiap lantainya. Mal Ciputra Jakarta memiliki jumlah pengunjung rata-rata pertahunnya 12 juta orang. Di lantai 8 terdapat area foodcourt Ciputra yaitu Food Library (dahulu foodcourt Pasar Senggol).

Mal Ciputra Jakarta sering mendapatkan penghargaan secara Nasional (MURI) maupun Internasional (ICSC) dan telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 yang diperbaharui pada tahun 2010.

Insiden[sunting | sunting sumber]

  • Pada tanggal 7 Desember 2002, Sumber ledakan terjadi berasal dari mainan anak yang rusak dan menyebabkan sejumlah kaca di tenant pecah.[1]
  • Pada tanggal 30 November 2010, Seorang pria terjatuh dari lantai 4 karena diduga bunuh diri.[2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mainan Meledak, 9 Pengunjung Mal Ciputra Luka". Liputan6.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Maret 2022. Diakses tanggal 8 Desmber 2022. 
  2. ^ "Jatuh dari Lantai 4 Mall Ciputra, Seorang Pria Tewas". detikcom. 2010-11-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-22. Diakses tanggal 30 November 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]