Malkia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Malkia (bahasa ibrani: מַלְכִּיָּה, Malkiah; juga Malkijah, Malchijah, Malchiah, Melchiah, atau Melchias) adalah nama beberapa tokoh alkitabiah yang disebutkan dalam Alkitab Ibrani dan berarti "Yahu adalah Raja" atau "raja adalah Yahu".[1]

Dalam 1 Tawarikh[sunting | sunting sumber]

Malkia pertama yang disebutkan dalam Alkitab adalah seorang imam Israel kuno keturunan Harun, yang tercatat hidup dalam pemerintahan Raja Daud pada abad ke-10 SM. Malkia memimpin rombongan imam kelima dari 24 rombongan imam (1 Tawarikh 24:9).

Pembentukan rombongan[sunting | sunting sumber]

Dalam Alkitab 1 Tawarikh 24 pembagian rombongan imam pada masa pemerintahan Raja Daud. Para imam keturunan Harun, yang memiliki empat anak laki-laki: Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar. Namun, Nadab dan Abihu mati sebelum Harun mati dan hanya Eleazar dan Itamar yang mempunyai keturunan. Salah satu imam dari keturunan Eleazar, Zadok, dan imam dari keturunan Itamar, Ahimelekh, ditunjuk untuk membantu pembentukan rombongan imam. Enam belas rombongan dari keturunan Eleazar dipilih menjadi kepala imam sedangkan hanya delapan dari keturunan Itamar yang dipilih. Ini dilakukan karena imam keturunan Eleazar lebih banyak jumlahnya. Dilakukan undian untuk menentukan urutan pelayanan kapan rombongan imam itu akan memasuki Bait Suci. Setiap rombongan bertanggung jawab untuk melayani selama satu minggu yang berbeda, di mana rombongan Malkia ditempatkan untuk melayani di Kemah Suci selama minggu kelima dalam perhitungan tahun kalender Ibrani. Flavius Yosefus (37-100 M) juga mencatat mengenai pembentukan 24 rombongan imam ini meskipun tidak menuliskan nama-nama mereka, dan menyatakan bahwa pembagian itu masih ada pada zamannya, yaitu pada abad pertama Masehi.[2]

Jabatan Keagamaan Israel
Didahului oleh
Seorim
Rombongan imam Digantikan oleh
Miyamin

Dalam Kitab Nehemia[sunting | sunting sumber]

Orang-orang dengan nama Malkia juga disebutkan dalam Kitab Nehemia:

  • Malkia bin Harim, disebutkan dalam Nehemia 3:11 sebagai salah seorang yang bekerja bersama-sama dengan Nehemia dan Elyasib memperbaiki tembok Yerusalem.
  • Malkia bin Rekhab, pekerja lain yang disebutkan dalam Nehemia 3:14 bekerja bersama-sama dengan Nehemia dan Elyasib memperbaiki tembok Yerusalem.
  • Malkia lain disebutkan sebagai tukang emas, bekerja bersama-sama dengan Nehemia dan Elyasib (Nehemia 3:31)
  • Malkia, salah seorang yang berdiri di sebelah kiri Ezra selama pembacaan hukum Taurat dalam dalam Nehemia 8:5.
  • Malkia dalam Nehemia 12:42, adalah salah satu yang disebutkan lagi sebagai asisten Nehemia selama dedikasi pelayanan pemulihan kembali tembok Yerusalem.

Dalam Kitab Ezra[sunting | sunting sumber]

Dalam Ezra 10:25, dua anak laki-laki Paros termasuk di antara orang-orang Israel yang telah menikahi perempuan asing.

Dalam Kitab Yeremia[sunting | sunting sumber]

Seorang Malkia atau Melkia (Melchiah) disebutkan dalam Kitab Yeremia 21:1.

Malkia adalah seorang imam dalam kerajaan Zedekia, dan ayah Pashur, utusan yang ditugaskan untuk menyampaikan pesan dari Raja kepada Yeremia untuk meminta campur tangan Tuhan dalam perang melawan raja Nebukadnezar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.htmlbible.com/sacrednamebiblecom/kjvstrongs/CONHEB444.htm#S4441, Strong Alkitab Disctionary, website, diakses 4 November 2006.
  2. ^ Yosefus, Flavius. Antiquitates Iudaicae. 10.14.7.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]