Malik Ambar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Malik Ambar
Malik amber ahmadnager hi.jpg
Malik ambar dari ahmadnager [1][2]
Lahir1549
Meninggal13 Mei 1626
PengabdianNizam Shah dari Ahmadnagar

Malik Ambar (1549-1513 Mei 1626) adalah seorang terkemuka pada Kesultanan Ahmadnagar. Ia berasal dari Ethiopia tepatnya di daerah Harar[3]. Pada awalnya dia adalah seorang budak yang dijual oleh orang tuanya karena kemiskinan. Dia kemudian dibawa ke Yaman di mana ia dijual seharga 20 dukat dan dibawa ke pasar budak di Baghdad, Selanjutnya dia dijual untuk ketiga kalinya ke Qadhi al-Qudat dari Mekkah dan lagi di Baghdad untuk Mir Qasim al-Baghdadi, yang akhirnya membawanya India . Ia berasal dari etnis Habesha di Ethiopia"[4].

Karier[sunting | sunting sumber]

Malik Ambar adalah pemimpin lokal dari Nizamshahi dinasti Ahmadnagar 1607-1626. Selama periode ini ia meningkatkan kekuatan Murtaza Nizam Shah dan mengangkat tentara yang besar yang berjumlah sampai 1500 orang. Tentara ini tinggal di wilayah Dekkan dan dipekerjakan oleh banyak raja-raja lokal.

Dia mengubah ibu kota Kesultanan Ahmadnagar dari Paranda ke Junnar dan mendirikan sebuah kota baru, Khadki yang kemudian diubah menjadi Aurangabad[5] oleh Kaisar Aurangzeb ketika ia menyerbu Deccan (1658-1707). Malik Ambar dihargai karena kemampuan tinggi untuk bidang arsitektur. Aurangabad adalah prestasi arsitektur Ambar. Malik Ambar pendiri kota ini selalu disebut dengan nama yang keras oleh Kaisar Jahangir . Dalam penyebutannya tidak pernah menyebutkan namanya tanpa awalan julukan seperti Habshi, Ambar Siyari, hitam Ambar, dan Ambar Badakhtur.

Dia akhirnya naik menjadi Perdana Menteri yang sangat populer dari Kesultanan Ahmadnagar, mempunyai ketajaman administratif dalam berbagai bidang. Malik juga dianggap sebagai pelopor dalam perang gerilya di wilayah Deccan. Dia meninggal pada tahun 1626. Dia adalah sosok yang menghormati Siddis dari Gujarat . Ia telah mengurangi kekuatan kesultanan Mughal dan Adil Shah Bijapur dan mengangkat status jatuh dari Nizam Shah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sheikh Chand, Malik Ambar,"Ehde Afreen; Hyderabad; 1929
  2. ^ Times of India, Plus Supplement, July 1999,
  3. ^ Deqi-Arawit. "History Lesson: Malik Ambar". Diakses tanggal 10 June 2012. 
  4. ^ E. V. Donzel, "Slave-Trade in Ethiopia," p.185
  5. ^ [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]