Malang Tempo Doeloe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Malang Tempo Doeloe atau disebut juga Festival Malang Kembali merupakan acara tahunan yang digelar di Kota Malang, Jawa Timur. Acara ini menampilkan unsur-unsur dari budaya masa lampau. Acara ini digelar pertama kali pada 2006. Semua yang tersaji di acara ini bernuansa tempo doeloe, mulai dari setting lokasi, dekorasi tiap-tiap stand, dekorasi panggungnya sampai pada kostum pengunjung. Selain terdapat banyak lomba dan pertunjukan kesenian tradisional, di sini juga terdapat banyak makanan, minuman serta souvenir yang semuanya bernuansa tempo doeloe. Hal unik ini selalu menarik para fotografer dari berbagai daerah untuk mengabadikan setiap momen di event ini.

2006[sunting | sunting sumber]

Event perdana dari MTD ini menampilkan stand yang berisi koleksi foto-foto Kota Malang pada masa lampau. Dan menarik minat masyarakat Malang Raya, bahkan dari luar Jawa Timur pun berdatangan.

2008[sunting | sunting sumber]

MTD 2008 diadakan pada 21-25 Mei 2008.

2011[sunting | sunting sumber]

MTD 2011 mengambil tema "Discovering Heritage". Event ini dilaksanakan pada 19–22 Mei 2011 di sepanjang Jalan Ijen, Kota Malang. Pada event ini ditampilkan berbagai hiburan tradisional yang berasal dari Kota Malang. [1]

2013[sunting | sunting sumber]

Karena berdekatan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), event Malang Tempo Doeloe 2013 yang selama ini digelar secara tahunan ditiadakan. Penyelenggaraan MTD juga dijadwal ulang menjadi dua tahun sekali. Sehingga tahun ini ditiadakan dan digelar kembali tahun 2014.

2014[sunting | sunting sumber]

Dengan mengambil tema "Satoes Akoe 100 Lakoe" Festival Malang Kembali 2014 diadakan pada hari Jumat, 2 Mei 2014.Meskipun sebelumnya sempat simpang siur, akhirnya festival ini kembali diadakan, tetapi beberapa konsepnya dirubah, yang biasanya 2 hari menjadi 1 hari. Tidak seperti sebelumnya, yang diadakan dengan menutup jalan Ijen, pada festival ini tdak ada penutupan jalan, beberapa panggung dipasang di sekitar Kayutangan dan alun-alun. Panggung yang rencananya akan ditampilkan antara lain Panggoeng Orkestra , Panggoeng Wajang, Panggoeng Loedroek, Panggoeng Dolanan, Panggoeng Islami, Panggoeng Kentroeng, Panggoeng Jaranan, Panggoeng Lajar Tantjep, Panggoeng Keroncong dan Panggoeng Band Lawas.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://halomalang.com/news/malang-tempo-doeloe-2013-ditiadakan