Malam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Malam hari)
Untuk kegunaan lain kata Malam, lihat Malam (disambiguasi).
saat malam di kota Melbourne

Malam adalah waktu setelah matahari terbenam hingga matahari terbit.[1] Malam juga dapat didefinisikan sebagai suatu masa (waktu) ketika sebuah tempat sedang berada pada posisi yang tidak berhadapan dengan matahari, dan oleh karenanya menjadi gelap. Pada saat belahan planet bumi sedang mengalami waktu malam hari ini, belahan lainnya akan mengalami waktu siang hari. Malam hari kadang-kadang didefinisikan sebagai waktu antara tenggelamnya Matahari di ufuk (horizon) sebelah barat sampai munculnya matahari di ufuk sebelah timur pada keesokan harinya.

Waktu malam biasanya juga bisa disebut waktu mulai pukul 19:00 sampai 00:00.

Karena rotasi bumi yang berputar dari arah barat ke timur, maka siang dan malam hari akan saling berselang-seling, dan membentuk satu hari yang terdiri dari 24 jam.

Lamanya waktu malam akan berbeda-beda untuk musim yang berbeda, terutama untuk daerah yang mendekati kutub. Di negara Amerika Serikat misalnya, pada saat musim panas (bulan Juni sampai Agustus) malam akan lebih pendek daripada saat musim dingin (bulan November sampai Januari). Di bagian utara negara Swedia dan beberapa negara lain di utara, malam sama sekali tidak terjadi pada bulan Juni dan Juli.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat tahun 2008. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/malam