Maklumat Kanopus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Maklumat Kanopus adalah prasasti tiga bahasa dalam tiga skrip, yang berasal dari periode Ptolemaik dari Mesir Kuno. Maklumat ini ditulis dalam tiga sistem penulisan: hieroglif Mesir, demotik Mesir, dan Alfabet Yunani, pada beberapa batu peringatan Mesir kuno, atau disebut stela. Tulisan pada stela ini adalah hasil dari pertemuan majelis imam yang diadakan di Kanopus, Mesir, pada tahun 238 SM. Maklumat ini untuk menghormati Firaun Ptolemaios III Euergetes dan istrinya Ratu Berenike II serta putrinya yang juga bernama Berenike.

Tulisan pada prasasti ini adalah mengenai subjek-subjek seperti kampanye militer, bantuan kelaparan, agama Mesir dan organisasi pemerintahan di masa Ptolemaios. Disebutkan sumbangan raja ke kuil-kuil, dukungan raja untuk kultus penyembahan dewa lembu Apis dan Mnewer, karena telah menikmati kesuksesan besar di dunia Mesir-Makedonia, dan patung-patung ilahi yang telah dibawa kembali oleh Kambisus II, memuji keberhasilan raja dalam menumpas pemberontakan penduduk asli Mesir, yang disebut sebagai operasi "menjaga perdamaian", mengingatkan kepada para pembacanya bahwa selama terjadi banjir bah, pemerintah telah membayar pajak dan mengimpor biji-bijian dari luar negeri, meresmikan kalender matahari paling akurat yang dikenal dunia kuno saat itu, dengan perhitungan 365¼ hari per tahun, menyatakan bahwa almarhumah putri Berenike adalah seorang dewi dan kemudian dibuat kultus pemujaan untuk sang putri, yang melibatkan para wanita, pria, upacara, dan 'kue roti' khusus. Terakhir, memerintahkan agar maklumat ini diukir pada batu atau perunggu baik dalam hieroglif maupun bahasa Yunani, dan diperlihatkan untuk umum di kuil-kuil.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Budge. The Rosetta Stone, E.A.Wallace Budge, (Dover Publications), c 1929, Dover edition(unabridged), 1989. (softcover, ISBN 0-486-26163-8)
  • Pfeiffer, Stefan. Das Dekret von Kanopos (238 v. CHR). Munich: K. G. Sauer, 2004.