Makanan maskapai penerbangan kosher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Makanan dalam penerbangan El Al

Makanan maskapai penerbangan kosher adalah makanan maskapai penerbangan yang sesuai dengan standar kashrut. Banyak maskapai penerbangan menawarkan pilihan makanan kosher kepada penumpang jika dipesan terlebih dahulu. Makanan ini tidak hanya berisi makanan kosher, tetapi juga fitur lain untuk membantu orang Yahudi yang taat, seperti salinan Tefilat HaDerech (Doa Pelancong) dan doa yang dibacakan sebelum dan sesudah makan dan roti yang di atasnya dibacakan berkat mezonot, sehingga memungkinkan orang Yahudi yang taat untuk mengkonsumsi roti tanpa mencuci tangan.

"Kosher" adalah salah satu dari beberapa pilihan makanan khusus yang ditawarkan kepada para pelancong udara.[1] Makanan dengan gaya serupa yang dikemas dalam bungkus ganda dengan sertifikasi kashrut yang dapat diverifikasi ditawarkan dalam berbagai pengaturan lain, seperti kapal pesiar, rumah sakit, atau acara-acara tertentu.[2] Pembungkus ganda memungkinkan makanan dipanaskan dalam oven non-kosher.[3]

Di maskapai penerbangan, makanan kosher adalah makanan khusus yang paling sering diminta.[4] Makanan kosher telah menjadi populer bahkan di kalangan penumpang non-Yahudi yang menganggap makanan kosher lebih bersih dan sehat. Karena harganya kira-kira dua kali lipat dari makanan standar, maskapai penerbangan mungkin mengenakan biaya lebih untuk makanan tersebut.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Makanan maskapai penerbangan kosher Turkish Airlines dengan roti mezonot khas

Makanan maskapai penerbangan kosher mulai muncul sebagai opsi pada 1960-an bagi para pelancong Yahudi Ortodoks.[6]

Masalah[sunting | sunting sumber]

Biaya[sunting | sunting sumber]

Biaya makanan kosher bagi maskapai penerbangan hampir dua kali lipat dari makanan standar, meskipun ditawarkan tanpa biaya tambahan untuk pelancong.[5] Smithsonian Magazine telah melaporkan bahwa makanan maskapai kosher adalah jenis makanan maskapai termahal yang disajikan.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apisdorf, Shimon (2005). Kosher for the clueless but curious. Leviathan Press. hlm. 41. ISBN 1881927318. 
  2. ^ Blech, Zushe Yosef (2009). Kosher Food Production. Wiley. hlm. 182, 213. ISBN 978-08138-2093-4. 
  3. ^ Eidlitz, Eliezer (2004) [1992]. Is it kosher: encyclopedia of kosher foods : facts & fallacies (edisi ke-5th). Jerusalem/New York: Feldeheim Publishers. hlm. 169. ISBN 1-58330-616-1. 
  4. ^ Engel, Margaret (November 30, 1986). "Airline meals are fewer and colder, but are they getting better?". Gainesville Sun. Washington Post News Service. hlm. 40. 
  5. ^ a b Dallos, Robert E. (January 12, 1974). "Everything Kosher Up and Above; Jewish Fare A Favorite On Airlines". The Pittsburgh Press. hlm. 23. 
  6. ^ Diamond, Etan (2000). And I will dwell in their midst: Orthodox Jews in suburbia. University of North Carolina Press. hlm. 139. ISBN 978-08078-4889-0. 
  7. ^ Air & Space Smithsonian. Air & Space/Smithsonian. 3. Smithsonian Institution. 1988. hlm. 49. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]