Makam Laiya, Enrekang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Makam Laiya adalah situs makam yang terletak di Dusun Lintik,Desa Sumillan Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang.Makam ini berada di ketinggian 1102 meter dari muka laut,untuk menuju ke kompleks makam ini harus naik kendaraan dari arah timur jalan poros Enrekang-Toraja.Terdapat sejumlah 215 buah makam di dalamnya dengan tipe jirat dan nisan yang berbeda-beda.

Menurut informasi masyarakat setempat (Pak Guntur) dan hasil penelitian Rosmawati (1996:11-15) diperoleh informasi bahwa makam-makam yang terdapat di Laiya dan Baroko adalah makam raja-raja,keluarga raja dan rakyat dari Kerajaan Baroko dan Alla.

Tipe bentuk makam[sunting | sunting sumber]

Tipe makam yang terdapat pada Komplek Makam Laiya yaitu :

  1. Tipe makam cungkup rumah tradisional yang terdiri dari dua tipe jirat,yaitu jirat bentuk perahu dan bentuk atap tumpang
  2. Tipe jirat makam teras berundak yang terdiri dari satu sampai lima undakan. Makam ini terbuat dari susunan balok-balok atau papan batas padas dan pada bagian puncak ditanam satu atau dua buah nisan berbentuk patung manusia, phallus, silindrik polos, dan tipe menhir.
  3. Makam tipe peti batu
  4. Makam tipe gundukan tanah atau batu[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Effendy, Muslimin (2013). Monumen Islam di Sulawesi Selatan. Makassar: Balai Pelestarian Cagar Budaya Bangsa. hlm. 161–163. 
  2. ^ anggipurnamasari (2013-10-07). "Daftar Situs Sulawesi Selatan". Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17.