Makam Anedjib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta makam Anedjib.

Makam Anedjib (Makam X) merupakan sebuah pemakaman di Abydos, Mesir, Umm El Qa'ab. Anedjib adalah penguasa Dinasti Pertama Mesir, yang bertakhta pada sekitar 2900 SM.

Sampai saat ini makam tersebut hanya digali sekali - oleh Flinders Petrie pada sekitar tahun 1899 dan 1900. Ini tidak seperti makam lainnya di Nekropolis, yang digali sebelum Petrie oleh orang Prancis Émile Amélineau dan selanjutnya oleh Institut Arkeologi Jerman.

Makamnya tergolong kecil. Ada ruang pemakaman (7 x 4,5 meter), terdiri dari dua ruangan dan diakses oleh tangga dari timur. Dinding ruangan lebih tebal dari satu meter. Yang lebih kecil dari dua ruang berisi beberapa segel silinder dan mungkin adalah ruang penyimpanan. Ruang pemakaman terbuat dari papan kayu yang berada di pasir gurun tanpa pondasi lainnya. Beberapa papan ini terawat dengan baik. Atap ruangan itu dipegang oleh tiang kayu, salah satunya ditemukan masih utuh oleh ekskavator.[1]

Enam puluh lima ruang dikelompokkan di sekitar makam, yang sebagian besar harus ditafsirkan sebagai makam tambahan, meskipun salah satunya mungkin adalah ruang penyimpanan. Beberapa ruang berisi sejumlah besar ukiran gading.[2]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Eva-Maria Engel. "The Royal Tombs at Umm el-Qa'ab," In: Archeo-Nil 18 (2008), p. 39.
  • William Matthew Flinders Petrie. The royal tombs of the first dynasty: 1900. Part I (= Memoir of the Egypt Exploration Fund. Volume 18, ISSN 0307-5109). Egypt Exploration Fund, London 1900, Digitised, pp. 12–13.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ W. M. Flinders Petrie, Francis L. Griffith: royal tombs dari dinasti pertama: tahun 1900.
  2. ^ W. M. Flinders Petrie, Francis L. Griffith: royal tombs dari awal dinasti: 1901. Bagian 2 (= Memoar dari Mesir Eksplorasi Dana. Band 21, ZDB-ID 988141-4). Mesir Eksplorasi Dana u.a., London 1901, S. 39, Tafel XLII (Digitalisierung).