Majelis Nurul Musthofa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Majelis Nurul Musthofa
Didirikan 1996
Jenis Majelis Ta'lim
Afiliasi keagamaan Pendidikan Islam
Pengasuh Habib Hasan bin Ja'far Assegaf
Lokasi Jakarta, Bendera Indonesia
Situs web Website Resmi
Majelis Nurul Musthofa

Majlis Nurul Musthofa adalah salah satu media untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulullah SAW, yang didirikan pada tahun 2000 oleh Al Habib Hasan bin Ja'far Assegaf[1]. Nurul Musthofa diambil dari nama Rasulullah SAW yang artinya “Cahaya Pilihan”. Bermula dari pengajian Al-Qur’an dan Zikir-zikir yang keliling dari rumah-kerumah[1].

Perkembangan Majelis [1][sunting | sunting sumber]

Tahun 2001[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001 Majelis Nurul Musthofa dikungjungi oleh Al Habib Umar bin Hafidz dan Al Habib Anis Bin Alwi al-Habsyi, yang kemudian mengijazahkan nama majelis nurul musthofa sekaligus meresmikannya. Pada tahun yang sama pertama kali dikenalkan sejarah Rasulullah SAW dengan pembacaan Al-Qur’an, zikir-zikir dan nasihat agama. Kemudian majelis berkembang pesat, yang bermula dari 10 orang sehingga menjadi ratusan orang.

Tahun 2002[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, para ulama-ulama dari Saudi Arabia, Yaman, Madinah, Malaysia, dan banyak lagi kembali berdatangan mengunjungi majelis. Para ulama yang memberikan ilmu-ilmu Allah di antaranya Al Habib Salim Assyatiri yang memberi ijazah membaca 129 kali Yaa Latif sehabis Sholat kepada para Jama’ah.

Tahun 2003[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, Majelis Nurul Musthofa mulai berpindah-pindah tempat yang asalnya dari rumah menuju ke Masjid-Masjid, sehingga mencapai sekitar 50 Masjid dalam mendakwahkan ilmu-lmu agama dengan pembacaan kitab Nasahadiniyyah, yang dikarang oleh Al Habib Abdulloh Bin Alwi Al Haddad.

Tahun 2004[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, Majelis Nurul Musthofa berkembang lagi dari ratusan menjadi ribuan orang, selanjutnya bertambah orang dengan Mo’idzoh Hasanah oleh guru-guru di antaranya, KH. Abdul Hayyie Naim, Ust. Adnan Idris, Ust. Imam Wahyudi, dan banyak lagi yang lain untuk mendakwahkan ilmunya dan menuangkan ilmunya di Majelis Nurul Musthofa.

Tahun 2005[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, Majelis Nurul Musthofa mengokohkan yayasan “Nurul Musthofa”, yang diketuai oleh saudara dari Al Habib Hasan bin Ja'far Assegaf, yaitu Al Habib Abdulloh Bin Ja’far Assegaf dan Al Habib Musthofa Bin Ja’far Assegaf, serta mendapatkan izin resmi dari Departemen Agama RI.

Tahun 2006[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, Majelis Nurul Musthofa berkembang pesat dari 50 Masjid menjadi 250 Masjid di Jakarta, Syiar ini diterima oleh semua kalangan, dan pada tahun ini pula berdiri rumah kediaman Al Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf di Jakarta sebagai sekretariat Nurul Musthofa.

Tahun 2007[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, Majelis Nurul Musthofa mendirikan Majelis sementara yang sedang dibangun seluas 700 meter di belakang rumah kediaman Al Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki
Daftar pustaka

Pranala luar[sunting | sunting sumber]