Mahkota St. Edward

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mahkota St. Edward.
Mahkota St. Edward saat penobatan Raja James II tahun 1685.

Mahkota St. Edward merupakan inti dari Perhiasan Mahkota Britania Raya.[1] Diambil dari nama Santo Edward sang Pengaku, yang secara tradisional telah digunakan untuk memahkotai raja dan ratu penguasa Britania Raya dalam penobatan mereka sejak abad ke-13.

Mahkota yang asli menjadi relik suci yang disimpan di Westminster Abbey, tempat pemakaman Santo Edward, hingga mahkota yang asli ini entah sudah dijual atau dilebur ketika Parlemen menghapuskan monarki pada tahun 1649, selama meletusnya Perang Saudara Inggris.

Versi mahkota St. Edward yang sekarang dibuat ketika Raja Charles II naik takhta pada tahun 1661. Mahkota ini terbuat dari emas padat, tinggi 30 cm, berat 2,23 kg, dan dihiasi dengan 444 batu permata dan batu semi mulia. Mahkota versi ini secara keseluruhan, memiliki berat dan bentuk yang sama dengan aslinya, tetapi lengkungannya bergaya Barok.

Setelah 1689, mahkota tersebut tidak digunakan lagi untuk memahkotai raja atau ratu Inggris selama lebih dari 200 tahun. Pada tahun 1911, tradisi pemahkotaan dihidupkan kembali oleh Raja George V, dan semua raja dan ratu berikutnya dimahkotai dengan menggunakan Mahkota St. Edward. Gambar mahkota ini digunakan pada simbol Britania Raya, tanda pangkat, logo, dan berbagai lencana lainnya di wilayah Persemakmuran sebagai lambang otoritas kerajaan Ratu Elizabeth II.

Saat tidak digunakan, Mahkota St. Edward dipajang untuk umum di Jewel House, Menara London.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Royal Household. "The Crown Jewels". The Official Website of the British Monarchy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 October 2015.