Permaisuri Zhang Yan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Maharani Zhang Yan)
Zhang Yan
Permaisuri Tiongkok
Berkuasa192 SM – 188 SM
PendahuluPermaisuri Lü
PenerusPermaisuri Lü (Houshao)
Kelahiran202 SM
Kematian163 SM (usia 38–39)
Nama lengkap
Zhang Yan
AyahZhang Ao, Pangeran Zhao
IbuPutri Yuan dari Lu
PasanganKaisar Hui dari Han

Zhang Yan (Hanzi tradisional: 張嫣; Hanzi sederhana: 张嫣; Pinyin: Zhāng Yān; †163 SM), dikenal resminya sebagai Permaisuri Xiaohui (孝惠皇后) merupakan seorang Permaisuri pada masa Dinasti Han. Ia adalah Putri Yuan dari Lu (putri tunggal Kaisar Gao (Liu Bang) dan istrinya Permaisuri Lü) dan suaminya Zhang Ao (張敖, putra Zhang Er), Pangeran Zhao dan kemudian Markis Xuanping.

Pada tahun 192 SM, atas desakan yang kemudian-Janda Permaisuri Lü, Nyonya Yan menikah dengan pamandanya Kaisar Hui, putra Kaisar Gao dan Janda Permaisuri Lü, dan ia dijadikan permaisuri. Pernikahan itu tidak menghasilkan keturunan. Atas instruksi Janda Permaisuri Lü, Permaisuri Zhang mengambil beberapa anak laki seperti anaknya sendiri dan membunuh ibu mereka. (Apabila anak-anak ini adalah anak-anak Kaisar Hui menjadi kontroversi, meskipun tampaknya anak-anak Kaisar Hui oleh selirnya.)

Ketika Kaisar Hui meninggal pada tahun 188 SM pada usia 22 tahun, salah satu anak yang diangkat Permaisuri Zhang, Liu Gong, menjadi kaisar (sebagai Kaisar Qianshao), namun Janda Permaisuri Agung Lü mengendalikan pemerintahan kekaisaran. Permaisuri Zhang, yang saat itu dijadikan janda permaisuri, ternyata tidak memiliki pengaruh. Meskipun demikian, ketika Liu Gong mengetahui pada tahun 184 SM bahwa ia sebenarnya bukan anak kandungnya, ia memberikan komentar ceroboh bahwa ia akan membalas dendam kepadanya—di mana Janda Permaisuri Agung Lü menggulingkan dan mengeksekusinya, dan menggantikannya dengan saudaranya, Liu Hong (sebagai Kaisar Houshao), yang juga diadopsi oleh Permaisuri Zhang. Selama masa pemerintahan Kaisar Qianshao lah saudara Permaisuri Zhang, Zhang Yan (張偃, pinyin Zhāng Yǎn—perhatikan perbedaan nada) diangkat sebagai Pangeran Lu.

Setelah Janda Permaisuri Agung Lü meninggal pada tahun 180 SM, dan wangsa Lü digulingkan dan dibantai oleh para pejabat yang menentang anggota keluarga Lü di dalam Kerusuhan wangsa Lü, Kaisar Houshao digulingkan dan dibunuh. Janda Permaisuri Zhang tidak dibunuh tapi ia dipecat dari jabatannya sebagai janda permaisuri dan untuk selanjutnya disebut sebagai Permaisuri Hui. Saudaranya, Pangeran Lu, juga dipecat dan diturunkan pangkatnya ke Markis Nangong. Setelah ini ia pergi untuk tinggal di sebuah istana di utara dan tidak ada catatan tentang kehidupannya kemudian sampai ia meninggal.[1] Permaisuri Zhang meninggal pada tahun 163 SM dan dimakamkan bersama suaminya hanya empat tahun.

Gelar[sunting | sunting sumber]

Makam Permaisuri Zhang Yan di Anling (安陵), Xianyang, Shaanxi
  • 202–192 SM: Putri Zhang Yan dari Zhao
  • 192–188 SM: Permaisuri Tiongkok
  • 188–163 SM: Permaisuri Xiaohui

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Lily Xiao Hong; Stefanowska, A. D. (2007). Biographical Dictionary of Chinese women: Antiquity through Sui, 1600 B.C.E-618 C.E. M.E. Sharpe, Inc. hlm. 242. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Permaisuri Lü Zhi
Permaisuri Dinasti Han Barat
192 SM – 188 SM
Diteruskan oleh:
Permaisuri Lü