Mahabodhi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pohon "Mahabodhi" juga dikenal sebagai Bo (dari bahasa Sinhala) dan pohon peepal di Nepal dan Bhutan, adalah sebuah pohon yang besar dan tua dari spesies Ficus religiosa (Inggris: Sacred Fig) yang terletak di kota Bodh Gaya, sekitar 100 km (62 mi) dari Patna, di negara bagian Bihar, India. Di bawah pohon ini Siddhartha Gautama, guru rohani yang kemudian dikenal sebagai "Gautama Buddha", dikatakan bersemedi sampai mencapai pencerahan (enlightenment), atau Bodhi. Dalam ikonografi agamawi, pohon Bodhi dikenali dari daunnya yang berbentuk hati, dan biasanya ditunjukkan dengan nyata. Pohon-pohon Bodhi biasanya ditanam di dekat setiap vihara Buddha.

Galeri[sunting | sunting sumber]

pohon bodhi
Budha Gautama saat bertapa di bawah pohon bodhi.

Arti[sunting | sunting sumber]

Besarnya arti sebuah pohon bagi sebuah kehidupan yang telah senantiasa diagungkan sejak jaman leluhur bangsa Indonesia. Arti sebuah pohon sebagai sumber ilmu pengetahuan telah lama pula diketahui. Dalam ajaran agama Buddha, dibawah pohon bodhi seperti tertera direlief candi Borobudur, Sang Buddha Gautama mendapatkan ilham atau wahyu perihal suatu agama yang kemudian tersebar luas di berbagai benua sebagai ajaran Buddha. Pohon semacam itu juga memberikan pengayoman atau perlindungan. Pohon itu penuh dengan cabang, besar kecil, yang dihiasi dengan berbagai bunga dan buah. Di atas cabangnya dan diantara daun-daunnya sedang bergembira berbagai jenis burung yang seolah-olah sedang bersiul, dan dibawahnya terdapat binatang-binatang berpasangan.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muhajirin (2010). [journal.uny.ac.id "ARI POHON HAYAT SAMPAI GUNUNGAN WAYANG KULIT PURWA (Sebuah Fenomena Transformasi Budaya)"] Periksa nilai |url= (bantuan). Jurnal UNY. 8: 31–55.