Maggie MacNeal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Maggie MacNeal
MacNeal pada tahun 1976
LahirSjoukje Lucie van 't Spijker
5 Mei 1950 (umur 73)
Tilburg, Belanda
Nama lainSjoukje Smit
Pekerjaan
Tahun aktif1971—
Karier musik
GenrePop
InstrumenVokal
Artis terkait

Sjoukje Lucie van 't Spijker (lahir 5 Mei 1950), lebih dikenali sebagai Maggie MacNeal dan kemudian Sjoukje Smit, adalah seorang penyanyi dan pembawa acara berkebangsaan Belanda.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Maggie MacNeal tampil di Gouden Notekraker 1978 (kiri Jan Akkerman)
Maggie MacNeal selama latihan untuk Kontes Lagu Eurovision 1980

Setelah pelatihan vokal di masa mudanya, dia mengikuti audisi untuk perusahaan rekaman Phonogram pada tahun 1971. Pada tahun yang sama, di bawah arahan produser Hans van Hemert (Kamahl, Luv', dll.) dan pemimpin orkestra Dick Bakker, dia merekam singel pertamanya "I Heard It Through the Grapevine" (dengan nama Maggie Macneil, sebuah terjemahan Skotlandia untuk Van 't Spijker). Singel dengan lagu "Isolation" oleh John Lennon dari The Beatles (Decca 6100032) di sisi B bukanlah lagu terkenalnya, tapi menandai awal dari karir musik yang panjang dan sukses.

Mouth & MacNeal[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1971, Van 't Spijker dipasangkan dengan penyanyi Willem Duyn dan duo Mouth & MacNeal diluncurkan (Van Hemert memilih ejaan nama belakang Maggie yang sedikit berbeda). Singel pertama mereka "Hey You Love" menjadi terkenal. Pada periode 1972-1974, mereka mencetak beberapa hits besar baik itu nasional maupun internasional. Gadis kecil yang lugu dan pria besar dengan mulut besar ("Big Mouth") menjadi terkenal dan keduanya mencetak dua lagu jawara di tangga lagu Belanda dengan masing-masing "How Do You Do" dan "Hello-a". Dalam periode ini, mereka mencapai sepuluh besar di Belanda sebanyak tujuh kali. Selain itu, "How Do You Do" menempati sepuluh besar di Amerika Serikat pada musim gugur tahun 1972 dan menerima sejumlah sertifikat perak, emas, dan platinum. Pada tahun 1974, Mouth & MacNeal ikut serta dalam Kontes Lagu Eurovision. Lagu mereka, "Ik zie een ster" ("Aku melihat sebuah bintang"), bagus untuk posisi ke-3. Pada tahun 1974, Mouth dan MacNeal memutuskan untuk bubar. Mouth melanjutkan dengan Little Eve (Ingrid Kup) dan mencetak dua hits lagi; MacNeal melanjutkan dengan proyek lainnya.

Solo[sunting | sunting sumber]

Maggie MacNeal pada tahun 1991

Pada tahun 1975, MacNeal memulai sebuah band bersama suaminya Frans Smit: juga bernama Maggie MacNeal. Setelah singel "Nothing Else to Do", singel "When You're Gone" dirilis dan lagu tersebut mencapai posisi ke-3 di Top 40 dan posisi ke-4 di National Hit Parade. Di Brasil, lagu ini menjadi jawara dan singel ini meraih sertifikat emas. Album debut self-titled yang menampilkan lagu ini dianugerahi emas. Pada tahun 1976, sebuah singel berbahasa Belanda berjudul "Terug naar de kust" dari album "all artist" Zing je moerstaal (di mana artis Belanda membacakan puisi Belanda dengan melodi mereka sendiri) juga mencapai sepuluh besar.

Dengan Fools Together, album studio kedua, dia memenangkan Edison dan lagu berjudul sama menjadi terkenal. Usahanya untuk berpartisipasi dalam Kontes Lagu Eurovision pada tahun yang sama dengan lagu "Jij alleen" gagal: dia menempati posisi ke-3.

Pada tahun 1979, MacNeal pergi ke Amerika Serikat untuk mencoba memasuki kegilaan disko dengan rekaman disko khas Amerika. Dengan produser Michael Lloyd, dia merekam album studio berjudul "Nighttime", tapi tidak membuahkan hasil. Singel disko berjudul sama mencapai posisi ke-48 di National Hit Parade.

Pada tahun 1980, MacNeal mengambil bagian dalam Kontes Lagu Eurovision, yang untuknya dia ditunjuk dan tiada pra-seleksi pada tahun itu. Dengan lagu khas Eurovision, "Amsterdam", dia menempati posisi ke-5. Terlepas dari keberhasilan ini (versi Prancis, Jerman, dan Inggris direkam), ia tidak melangkah lebih jauh dari tempat ke-39 di National Hit Parade. Sejak saat itu, MacNeal tidak memiliki lagu hits, meskipun dia banyak merilis singel ("Why Your Lady Says Goodbye", "Together", "Be My Friend", "Be My Lover Tonight", "I've Got You You've Got Me").

Karena kelahiran putrinya, MacNeal rehat beberapa saat. Pada tahun 1985, dia membuat beberapa penampilan dengan singelnya "You Are My Hope", yang dipimpin oleh produser Hans van Hemert, tapi lagu tersebut gagal.

Pada tahun 1989, MacNeal kembali dengan proyek berbahasa Belanda, kali ini dengan album Leuk voor later. Album ini memiliki sedikit kesuksesan komersial. Pada tahun-tahun berikutnya, dia mulai bekerja sebagai seorang pembawa acara untuk televisi dibawah namanya sendiri dan terlihat dalam program TROS Winnen of wegwezen (1992) dan program bernyanyi bersama Karaoke TV (1992-1995).[1] Pada tahun 1997, setelah bertahun-tahun mager membuat musik, dia merilis sebuah singel baru ("Only Love") dan pada tahun 1999 dia merekam lagu "Old Friend" bersama Katrina Leskanich (sebelumnya dari Katrina and the Waves dimana grup musik ini juga merupakan pemenang Kontes Lagu Eurovision 1997).

Dutch Divas[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 2000, MacNeal adalah bagian dari grup musik Dutch Divas. Grup musik ini awalnya terdiri dari Maggie MacNeal, Marga Bult dan mendiang Sandra Reemer dan merilis album dan singel termasuk "Work That Body". Reemer meninggalkan grup musik pada tahun 2005 dan digantikan oleh Justine Pelmelay. Sebuah singel juga dirilis dalam komposisi ini. Ketika Justine juga meninggalkan grup musik ini, Maggie dan Marga memutuskan untuk melanjutkan sebagai duo. Duo ini merekam sebuah singel dengan bantuan Ben Cramer, yang juga berisi bagian dari lagu "How Do You Do".

Songfestival in Concert[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2008, diumumkan bahwa duo Mouth & MacNeal akan tampil dalam formasi baru. MacNeal naik ke panggung bersama Arie Ribbens. Penampilan pertama diberikan pada tanggal 20 Desember 2008 di Den Bosch dalam acara The Winners: Songfestival in Concert.

Pappie loop toch niet zo snel[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2017, MacNeal keliling Flanders dalam program Pappie loop toch niet zo snel, di mana dia membawakan lagu-lagu kehidupan bersama dengan Jelle Cleymans, Gert Verhulst dan Jonas Van Geel. Pada musim gugur tahun 2018, bersama dengan JackoBond (Riet Muylaert), Sandrine dan Sofie, dia memberi penghormatan kepada Ann Christy lewat Want de roos overleeft.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

MacNeal menikah dengan musisi Frans Smit selama tiga puluh tiga tahun. Putri mereka Sanne lahir pada tahun 1984. Frans wafat pada bulan Juni 2005. Pada bulan Februari 2009, MacNeal menikah lagi, kali ini dengan Klaus Metternich.[2] Pada tahun 2012 buku Mouth & MacNeal, duo tegen wil en dank, ditulis oleh Roel Smit. MacNeal melakukan tur dengan Ben Cramer dalam program teater Jukebox on Tour. MacNeal tinggal di Hengelo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Meezingen met een band in 'Karaoke'". De Telegraaf, Amsterdam. 21 Agustus 1992. Diakses tanggal 13 September 2022. 
  2. ^ Sjoukje Smit in het geheim getrouwd[pranala nonaktif], Shownieuws, 14 Februari 2009

Pranala luar[sunting | sunting sumber]